Ras kucing pendek Pada Kaki (Munchkin) yang Lucu dan cantik

Ras kucing pendek Pada Kaki Pendek (Munchkin) Kucing ras kaki pendek atau Munchin ini awal mulanya berasal dari negara Amerika dan kemudian pada skitar tahun 1980 an kucin ini dikembangkan lagi. Kucing jenis ini merupakan ras terkecil atau terpendek di dunia. Kucing Munchkin merupakan hasil dari mutasi genetik spontan. Sifat dari genetik ini akan terus menurun ke generasi selanjutnya, sehingga keturunannya juga kan berkaki pendek.

Pada jaman dahulu kucing ini sempat menjadi kontroversial, karena dikhawtirkan kucing Munchkin ini murapakan mutasi genetik yang dianggap memiliki isu kesehatan yang berakibat dengan lingkungan sekitar. Namun setalah dilakukan penelitian dan pengamatan yang lama, ternyata kucing ini tergolong sehat dan aman untuk di pelihara.

Ras kucing pendek



Jenis Munchkin ini di Indonesia masih tergolong baru, Berat dari kucing ini rata-rata sekitar 2 sampai 4 kg saja. Meskipun memiliki posur dan kaki yang pendek ternyata tubuhnya berukuran sama layaknya kucing lain lho.. Namun dari kaki yang pendek ini membuat Munchkin dapat melakukan lompatan dengan jarak pendek dibandingkan dengan kucing jenis lain, Lompatan yang pendek ini tidak membuat kelincahannya berkurang. Dia sangat aktif dang sangat senang apabila kita jak bermain.
Baca juga : Penyakit scabies kucing

Mengenal Ras Kucing Pendek Munchkin

kucing Munchkin  kucing ras pendek


Pada ukuran kaki kucing ini dibedakan menjadi 3 ukuran, yaitu :

- Kaki Munchkin berukuran normal
- Super Short , yaitu mungkin lebih pendek dari ukuran Munchkin normal
- dan ukuran Rug Hugger Munchkin, ini merupakan yang paling pendek



juga sebenarnya memiliki 2 jenis yaitu Munchkin berambut pendek (short hair) dan kucing Munchkin berambut panjang(long hair).

Sifat dari kucing Munchin ini yaitu tergolong penakut, sifat penakutnya ini terjadi apabila ia beradaptasi pada tempat yang baru. Biasanya sifat takutnya dialami sekitar 8 hari an. Setelah melawati fase itu baru kucing Munchkin ini berani keluar dari kandangnya sendiri. Berbeda ya dengan kucing jenis lainnya seperti kucing anggora , mainecoon, domestic dan lain-lain itu bisa beradaptasi pada tempat yang  baru hanya dalam hitungan jam saja.

Mengati fase ketakutan pada kucing Munchkin ini dengan cara :

- Tetap kita kandangin
- Buka pintu kandangnya
- Pisahkan dengan kucing dewasa jenis lain
- Kasih makanan jenis wet food bisa dengan brand Royal canin

Karakter dari kucing ini sebenarnya manja teman-teman, tapi dengan catatan ya sudah melakukan proses adaptasi dengan lingkungan dan pemiliknya. Sifat manjanya itu bisa ditunjukkan ketika dia kita kasih makan pasti tubuhnya menghinggapi anda, menempel-nempelkan tubuhnya ke anda mirip seperti ingin belaian dari kita. Yang terpenting hindari kucing ini dari kondisi strees, apalagi saat baru pindahan.

Baca juga : Berbagai penyakit kulit pada kucing dan cara penyembuhannya

Apabila lingkungana anda terdapat kucing liar domestik atau jenis apapun, sebaiknya pelihara kucing ras pendek atau Munchkin ini secara indoor saja. kenapa demikian?? walaupun kucing Munchkin ini sudah berukuran dewasa bakalan kalah body dengan kucing liar, sehingga beresiko mendapatka serangan dari kucing liar tersebut. Kondisi demikian bisa membuat Munchkin menjadi stress. Strees yang berkepanjangan akan berakibat membuatnya sakit.

Biasnya harga adopsi dari Munchkin ini berkisar dari 5.000.000 sampai 20.000.000 rupiah, mungkin harga setinggi itu dikarenakan ras jenis ini masih langka dan juga bersumber dari import. Cara mengawinkan kucing ini jangan sembarangan, atau jangan kawinkan jenis Munchkin sama dengan Munchkin  karena beresiko tinggi kematian kucing. Pasangkan dan kawinkan Munchkin  dengan jenis lainnya akan juah lebih baik.

kucing Munchkin  yang pendek,cantik dan lucu

Cara perawatanya:


- Mengindari kucing ini pada kondisi yang stress
- Dengan kelemahan tubuh dan kakinya yang pendek itu sebaiknya antisipasi jangan sampai melakukan lompatan dari ketinggian karena mudah sekali cidera
- Berikan makanan teratur
- Tempat makan dan minum yang bersih
- Sisir utnuk membersihkan bulu dari berbagai kotoran
- Litter boxes atau wadah kotoran kucing berisi pasir
- Pembersihan litter boxes secara teratur
- lakukan pemberian vaksin
- Memandikannya dengan benar

Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya