Penyakit kulit pada kucing dan cara mengobatinya

Penyakit kulit pada kucing - Bagi kita yang biasa pelihara kucing pasti pernah mengalami kucingnya itu Kena masalah kulit . entah itu masalah alergi masalah jamur, masalah kutu atau lainnya. tapi kadang masih banyak juga loh diantara kita yang masih belum tahu dari ciri-ciri diantara masalah tersebut.

Makanya pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara garis besar apa saja  penyebab jamur dan jenis-jenisnya dan bagaimana pula cara kita mengobatinya. Sebenarnya ada beberapa penyakit jamur pada kucing yang banyak ditemui di Indonesia. salah satunya itu seperti scabies, ketombe,Feline acne dan lain-lain.

Penyakit kulit pada kucing dan cara mengobati

Baca juga : Perbandingan makanan kucing Brand Proplan Vs Royal canin

Macam-macam Penyakit Kulit Pada Kucing


1. Pertama masalah scabies

sebenarnya scabies ini bukan termasuk macam jamur pada kucing tapi seringnya sekalian dianggap jamur oleh sebagian cats owner. sehingga dengan mudahnya mereka memutuskan untuk melakukan treatment masalah jamur. padahal scabies disebabkan oleh tungau atau sejenis parasit yang hidup di lapisan kulit kucing. alhasil treatment tersebut justru memperburuk keadaan infeksi.

yang paling mudah cara membedakan scabies dengan jamur adalah kalau scabies itu biasanya akan lebih dulu tumbuh berkerak di bagian tengah telinga, hidung lingkar mata, dan telapak kaki. nah kalau sedangkan jamur bisa di spot mana saja pada bagian tubuh kucing paling sering sih ada di bagian punggung dan ketiak.

setelah kondisinya parah karena tidak ditangani sedini mungkin barulah ciri-ciri tersebut akan menyebar ke seluruh bagian tubuh secara mengerikan. Cara paling efektif untuk menangani scabies yaitu adalah dengan suntikan anti parasit. yang biasanya itu dilakukan secara bertahap selama 1 sampai dengan 2 bulan, dengan disuntik 10 hari sekali atau paling lama 14 Hari.  Itu tujuannya adalah menghabisi siklus kehidupan dari parasit tersebut.

Tapi untuk teman-teman yang saat ini belum bisa bawa kucingnya ke dokter hewan juga bisa kok pakai salep anti scabies yang sudah banyak beredar di petshop-petshop atau online shop, atau teman-teman juga bisa pakai obat tetes kutu yang diteteskan sendiri ditengkuk kucingnya ya. seperti merek Revolution triforce dan lain-lain.

Hanya saja memang yang paling efektif itu adalah dengan metode suntik itu biasanya 3 sampai 4 hari setelah disuntik kerak kerak scabies sudah mulai rontok. Menurut pengalaman saya juga tidak direkomendasikan kucing yang sedang mengalami scabies untuk mandi selama infeksi masih parah.

Penyakit kulit pada kucing


2. Infeksi jamur yang selanjutnya adalah ringworm.

Ringworm ini adalah salah satu penyakit jamur yang paling sering menjangkiti kucing. Kalau saya pribadi ini bilangnya kurap ya karena memang mirip dengan kurap yang ada pada manusia.
Ringworm ini hanya namanya saja ringworm tapi bukan disebabkan oleh cacing, hanya saja bentuk dari infeksinya itu menyerupai lingkaran yang mirip cacing dan di tengahnya itu kulit menjadi warna kemerahan dan ada juga sampai bersisik.

Hal ini juga paling bisa menular pada kucing lainnya bahkan pada manusia apabila keadaan imunitas tubuh manusia yang sedang tidak baik. jadi buat kalian yang kucing yang sedang kena ringworm alangkah baiknya juga rajin minum vitamin c atau dapat menjaga kesehatan masing-masing ya biar nggak ketularan.

Cara mengobati ringworm bisa dari obat luar dan juga obat dari dalam obatnya mudah banget didapat di apotik apotik dan harganya itu cukup terjangkau antara sekitar Rp12.000 sampai dengan Rp25.000 an.

Cara menggunakannya yaitu Pakai salep ketokonazol atau sejenisnya cukup diolesi tipis-tipis di bagian-bagian yang terjangkit, dan jika diantara teman-teman sudah ada yang terlanjur tertular juga bisa kok pakai salep ini.

Dan kalau untuk obat yang diminum kan tentunya teman-teman harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan vet (drh). Karena nanti harus dihitung dosisnya Kasian kan kesehatan liver dan ginjal kucing kita kalau sembarangan kasih obat oral.

Selain itu Kalian juga bisa memandikan kucing kalian secara rutin dan tentunya nggak perlu lagi Pakai sampo obat yang macam-macam.

3. Contoh masalah penyakit kulit adalah ketombe

Sama dengan layaknya manusia kalau kucing juga bisa ketombean. Penyebabnya pun hampir sama yaitu soal kebersihan dan kesehatan kulit. bentuknya juga hampir sama dengan ketombe pada manusia biasanya ketombe pada kucing akan berkerak. Jika digaruk akan mengelotok dan rontok seperti ketombe biasa dan bulu di tempat ketombe tersebut akan ikut rontok atau tercabut.

Cara Mengatasi Infeksi Jamur Pada Kucing


Cara paling efektif mengatasi masalah infeksi jamur ketombe pada kucing itu adalah dengan memberikan kucing suplemen khusus untuk menutrisi kulit dan melakukan mandi secara sehat dan rutin dengan memastikan kebersihan dari sisa residu review sampo dan mengeringkan kulit bulu kucing itu secara sempurna.

Penjelasan secara garis besar tentang penyakit kulit yang paling sering menerpa kucing sebenarnya cara simple mengobati jamur itu adalah rutin memandikan kucing minimal 1 minggu sekali, dengan tahapan yang benar dan sampo yang baik.

Saya tidak pernah merekomendasikan menggunakan shampoo obat apapun karena kuncinya adalah kebersihan dari grooming tersebut, cukup jika kita sudah memberikan obat luar atau obat oral. Jangan lagi saat mandi juga dikasih obat, kasian kan kucingnya kena obat terus

Selanjutnya adalah menjaga kualitas makanan untuk kucing.

Terlebih jika makanan tersebut memiliki kandungan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Karena mau penyakit apa pun akan datang ketika kondisi tubuh sedang lemah, selain itu juga teman-teman harus rutin menjemur di pagi hari.

Cukup dengan menjemur kucing di pagi hari antara 5 sampai dengan 10 menit aja itu ngefek banget buat  menjaga kualitas kesehatan kucing. Selain kucing yang sehat tentu ownernya juga bisa dapat asupan vitamin gratis.

Tips yang terakhir yaitu adalah menjaga kualitas tempat tinggal kucing

terjaga kebersihannya memiliki sirkulasi udara yang baik itu juga menentukan kesehatan kucing kalian.  Jadi mau obat apapun yang kalian kasih ke kucing kalian kalau misalkan kembali lagi keperawatan yaitu kurang baik itu jadi sama aja. Kucingnya juga ga akan sembuh sembuh dan kalaupun sembuh bakal gampang untuk kambuh lagi.

Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya