Memandikan kucing yang benar sesuai anjuran dokter hewan

Memandikan kucing merupakan suatu hal yang penting untuk kita berikan, hal ini dilakukan bertujuan untuk menjaga kebersihan pada tubuh kucing itu sendiri. Kita semua tahu bahwa keadaan kotor dan bulu yang mudah rontok pada kucing juga akan berbahaya bagi kesehatan pemelihara. Ada beberapa keuntungan apabila kita memandikan kucing sendiri, diantaranya :

- Menjaga kebersihan dan kesehatan kucing

- Membuat tampilan kucing menjadi lebih menarik dan menggemaskan

- Meningkatkan hubungan emosional antara pemelihara terhadap kucing

- Kucing dapat terhindar dari beberapa penyakit, seperti penyakit kulit dan parasit,

- Mengurangi resiko kucing terserang banyak kutu. Kutu pada kucing sering bisa membawa penyakit berbahaya untuk kucing. Kutu pada kucing ada juga pembawa vektor parasit darah yang sangat mengancam jiwa si kucing.

Baca juga : Makanan Kucing anggora yang bagus

                   Review makanan kucing yang terbaik

Tips dan Cara Memandikan Kucing Yang Benar


Memandikan kucing yang benar


Banyak orang yang menanyakan tentang berapa sih frekuensi kita dalam memandikan si kucing kesayangan??...

Frekuensi yang baik untuk kita memandikan si kucing kesayangan yaitu tergantung dari aktifitas si kucing itu sendiri. Misalnya kucing anda merupakan kucing yang beraktifitas outdoor,maka perlakuan memandikannya harus minimal 2 kali dalam satu minggu. Tetapi apabila anda memelihara kucing secara indoor memandikannya bisa minimal 1 bulan sekali.

Shampoo apakah yang baik digunakan untuk memandikan kucing ?

Shampoo ini sendiri bisa dikategorikan menjadi tiga jenis, yang penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya :

- Shampoo Netral ; Dipergunakan untuk kucing yang tidak mengalami kutuan atau jamuran

- Shampoo khusus jamur : Digunakan saat kucing mengalmi jamuran

- Shampoo Kutu : Tentu saja shampoo jenis ini dipergunakan untuk kucing yang mengalami kutuan.

Hal apa saja yang diperlukan untuk memandikan kucing ?

Alat yang perlu dipersiapkan sebenarnya sederhana saja diantaranya :

- gunting
- Sisir
- samphoo
- Parfume
- cutton bath
- minyak baby oil

Pada sisir yang kita gunakan yaitu sisir halus untuk mengangkat bulu yang rontok pada kucing, sisir yang agak renggang digunakan untuk meluruskan bulu kucing.

Proses Memandikan 


Menyiapkan air

Untuk suhu air yang bagus digunakan untuk memandikan kucing yaitu 37 sampai 39 derajat celcius. Proses sebelum dilakukan pemandian kucing yaitu menggunting kuku terlebih dahulu. Setelah itu bisa kita lanjutkan membersihkan telinganya dari kotoran. Jangan khawatir kucing anda kesakitan saat kita bersihkan karena struktur anatomi telinga kucing dengan manusia sangat berbeda sehingga tidak akan menimbulkan luka dan cidera pada kucing, jadi lakukan saja pembersihannya.

Identifikasi dan Menentukan Jenis Shampoo

Proses selanjutnya yaitu menentukan jenis shampoo yang mana yang akan kita gunakan untuk memandikan kucing. Sebelum menentukan shampoo apa yang kita gunakan, kita periksa dahulu kondisi bulu kucing dengan cara kita buka dan lihat ke dalam bulu. Pastikan dan identifikasi kondisi kucing, terkena penyakit jamur atau parasit bahkan kutuan. dari identifikasi tersebut barulah kita pilih shampoo yang kita pakai.

Membersihkan bulu yang kusut

Proses selanjutnya yaitu kita sisir bulu kucing tersebut dan hilangkan bulu kucing yang kusut. Cara penyisirannya bisa kita lakukan berlawanan dari arah serat bulu. Bulu yang kusut biasanya terletah di bagian leher, dada, dan perut kucing. Sambil penyisiran bulu yang kusut kita bersihkan mata , hidung dan mulut kucing dengan menggunakan tisu basah dibasuhkan. Pembersihan mulut, mata, dan hidung kucing ini sangat diperlukan agar pembersihan kucing bisa terlaksana secara berkualitas.

Pelaksanaan Memandikan


Proses pelaksanaan memandikan kucing. Pada proses ini kita harus berhati-hati karena tidak semua kucing mau dan menurut apabila kita mandikan. Lakukan di bak mandi berisi air hangat tadi, atau bisa menggunakan cara penyiraman dengan shower.

hal yang harus dihindari ketika memandikan kucing yaitu penyiraman pada bagian kepala, hal ini cenderung tidak disukai oleh kucing. Menurut pengalaman saja banyak yang tidak tahu dan menyiram bagian kepala kucing terlebih dahulu, maka kucing akan panik bahkan melakukan penyerangan terhadap orang yang memandikannya.

Maka untuk menghindari hal buruk tersebut sebaiknya memandikan kucing dilakukan pada bagian keseluruhan tubuh kucing terkecuali bagian kepalanya. Faktor terpenting yang harus diperhatikan saat memandikan kucing adalah kenyamanan kucing itu sendiri.

Untuk tahapan akhir saat memandikan kucing yaitu pembilasan yang sangat bersih. Kenapa dibilas dan dipastikan sangat bersih? Hal ini kita lakukan supaya kucing terhindar dari iritasi kulit apabila masih ada shampoo yang masih menempel. Kucing juga sering yang mengalami ketidak cocokan dengan shampoo yang dipergunkan. Maka dari itu untuk mengurangi resiko iritasi kulit kucing, kita guyur dan bilas hingga benar-benar bersih.

Finishing 

Yaitu proses dimana kita lakukan pengeringan bulu-bulu kucing menggunakan alat seperti, hair dryer, blower, dan handuk. Setelah kita yakinkan bahwa bulu kucing benar-benar kering makan berlanjut kita lakukan penyisiran bulu. Penyisiran bulu di awal sebelum memandikan berbeda dengan penyisiran saat finishing. Saat finishing kita sisir searah serat dari bulu kucing tersebut agr kelembutan dan kehalusannya dapat tercapai.

Oh iya tidak lupa saat sudah kita lakukan semua proses tadi, bisa kita berikan parfum yang cocok untuk kucing. Kan sangat menyenangkan apabila kucing kita sudah bersih juga memiliki bau yang wangi, sehingga kita tidak khawatir membopong atau memeluknya.

Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen