Makanan Burung Hantu Celepuk & Tyto Alba Cara Memberikannya

Makanan Burung Hantu  - Pada bahasan kali ini kita akan membahas tentang cara memberi makanan pada burung hantu, biasanya untuk makanan yang bisa kita berikan dengan harga terjangkau. bahkan kita bisa mencarinya sendiri di alam liar seperti, burung emprit, burung puyuh, tikus, bisa tikus hitam ataupun putih yang dijual di petshop, ikan dan lain-lain.

Baca juga : Burung hantu celepuk putih / Scoops owl

Namun tidak semua jenis burung hantu mampu mengkonsumsi makanan jenis tersebut. Misalnya kalau kita berikan makanan yang berupa ikan segar, jangan kita hidangkan dalam kondisi yang masih utuh. Dengan kondisi ikan yang masih utuh tersebut ada beberapa burung hantu yang sangat kesulitan untuk memakannya. Kita bisa lakukan mencacah ataupun memotongnya secara kecil-kecil. Dan ingat jangan berikan makanan ikan yang sudah lama atau kurang segar, ini bisa kategorikan sebagai bangkai. Burung hantu tidak memakan bangkai, jadinya kalau kondisi ikan yang sudah lama, biasanya ia tidak mau memakannya.

Cara Makanan Burung Hantu Celepuk & Tyto Alba

Cara Memberikan Makanan Burung Hantu Celepuk dan Tyto Alba


Usahakan jangan menyajikan makanan ke burung hantu dengan jenis makanan seperti jangkrik. Jangkrik kita bisa berikan apabila dalam kondisi darurat saja, seperti kesulitan mencari jenis makanan laian atau dalam kondisi low budged. Untuk cara memberikan makananya sebenarnya ada 3 cara yang bisa kita pakai, diantaranya ;

- Memberikan makanannya secara langsung
- Dengan cara memanggil namanya
- Memberikan makanan dengan memanfaatkan skill alaminya. atau keterampilan burung hantu berburu mangsa secara alami di alam liar

dari cara yang ke-3 tersebut bisa sangat berfungsi baik apabila kita memelihara burung hantu yang sejak dari usia kecil burung tersebut untuk melatih naluri ke liarannya. Cara memberikan makanannya seperti dengan cara tikus/burung emprit/ burung puyuh yang masih hidup kita taruh di bagian bawah kandang atau tanah. Setelah kita lepaskan makanan jenis hidup tersebut secara naluri akan terlatih burung hantu akan menyergapnya.

Untuk takaran meberikan makanan burung hantu yang pas yaitu kita berikan sebanyak 2 kali sehari, Waktu yang pas untuk memberikan makanan tersebut yaitu di pagi hari dan malam hari atau pada sore hari dan malam hari. kalau menurut saya ketika waktu malam hari bisa kita gunakan cara pemberian makan dengan sistem skill hanting burung hantu. Karena mata burung hantu bisa melihat dalam kegelapan pastinya sangat bagus ketika sembari melatihnya berburu pada malam hari.

Makanan Burung Hantu Celepuk & Tyto Alba


Waktu Pemberian Makanan Burung Hantu


Untuk jam nya pemberian makan apabila kita memberikannya makanan waktu pagi hari, jam yang pas kira-kira sekitar setelah kita menjemur burung hantu tersebut jam 8. Penjemuran burung hantu jangan terlalu lama, lakukan selama 30 menitan saja. Maksimal hingga pukul 09:00 pagi saja untuk penjemurannya.

Pada waktu pemberian makan burung hantu ketika kita memilih sore hari, waktu yang pas yaitu pukul 17:00 atau pukul 18:00. dan apabila kita memberikan makanan pada waktu malam hari bisa bebas jam berapapun. Namun sedikit saran ketika memberikan makanan pada malam hari sebaiknya kita kasih jarak yang agak jauh dari terkhir kita memberikan makan di waktu sore hari.

Baca juga : Mananan terbaik untuk burung lovebird

Untuk takaran makanan apabila kita memberikan menu makanannya dari burung emprit atau puyuh, bisa kita berikan dengan jumlah 8 sampai 10 ekor untuk dalam sekali makan. Namun kita juga harus pastikan dan memegang perut burung hantu kondisinya penuh atau tidak. Usahan pemberian pakan jangan berlebihan, apabila kalau kita lakukan terus menerus maka burung hantu akan mengalami obesitas. Dengan kondisi burung hantu yang obesitas akan membuatnya malas beraktifitas dan malas melakukan pergerakan.

Tips Memberikan Saat Memberikan Makanan


Sebagai tips ketika melakukan pemberian makan terhadap burung hantu yaitu, kita jangan melakukan aktifitas apapun sebelum kita memastikan makanan tersebut sudah benar-benar tertelan dan masuk ke perutnya. Karena apabila kita lakukan pemberian makan tersebut kita sambil aktifitas yang lain, ketika makanannya belum tertelan sempurna kaget dengan aktifitas lain yang sedang kita lakukan, maka efek yang ditimbulkan burung hantu akan tersedak dan berlanjut escape/lepas menghindari kita karena merasa terganggu.

Baca juga : Makanan untuk burung perkutut

Untuk teman-teman pemula pemelihara burung hantu, jangan pernah takut yaaa, apabila burung hantu kita tiba-tiba mengeluarkan sesuatu dari mulutnya. Hal ini memang sering terjadi dan dilakukan oleh burung hantu dengan maksud membuang PELET. Pelet ini adalah sisa-sisa makanan yang dikonsumsinya bisa berupa tulang, atau lainnya, apabila menu makanan yang anda berikan berupa burung emprit, tikus dan burung puyuh.

Dan sebagai saran terakhir untuk anda yang belajar memberi makanan burung hantu jangan lupa sediakan juga air minumnya. ini juga termasuk hal yang penting untuk menjaga tubuhnya dalam pemenuhan cairan.

baca juga : cara menjinakkan burung hantu







Post terbaru

Pengganti Rockwool Hidroponik Harga Murah