Cara Merawat Burung Hantu Jenis Celepuk Dan Melatihnya

 Halo  teman-teman pada kesempatan ini saya akan membahas tentang bagaimana cara merawat burung hantu jenis celepuk atau Scoop owl. Scoop owl ini merupakan salah satu spesies burung hantu yang berukuran mungil, dan apabila kita ukur pada burung hantu celepuk dewasa dari ujung paruh sampai dengan ujung ekornya biasanya berukuran hanya 20 sampai 22 cm. Dan memiliki berat badan dengan kondisi sehat yaitu sekitar 100 gr. Untuk lebar sayapnya berkisar 15 cm.

Spesies burung nokturnal ini pada waktu akhir-akhir ini mulai banyak disukai orang dan menginginkannya untuk dipelihara secara pribadi. Karena burung hantu Scoop owl ini secara bentuk dan daya tariknya dirasa sangat unik dan mempesona yang tidak dimiliki oleh jenis burung yang lain. Burung hantu celepuk ini bisa kita jumpai untuk dipelihara dengan jenis biasanya celepuk jawa dan celepuk sulawesi, dan sebenarnya masih ada juga jenis celepuk yang lainnya.

Cara Merawat Burung Hantu Scoop owl / jenis celepuk


Baca juga : Burung hantu celepuk putih

Tips Cara Merawat dan Melatih Burung Hantu Jenis Celepuk 


Untuk perawatan burung celepuk ini sebenarnya cukup sederhana, misalnya dalam pemberian makanannya bisa diberikan dari hewan serangga-serangga. Misalnya jangkrik, ulat hongkong, cicak, katak, belalang dan jenis serangga lainnya. Kalau di tangan para petani burung hantu juga sangat dibutuhkan untuk mengurangi hama yang ada disawah. Keberadaan burung hantu dikawasan ladang dan sawah terbukti sangat efektif menigkatkan hasil panen para petani, karena tanaman mereka tidak terlalu banyak terserang hama serangga maupun tikus.

1. Pemberian Pakan

Keunikan burung nokturnal ini adalah bisa jinak kalau kita rawat sejak kecil. Untuk metde pemberian pakannya bisa melalui tiga cara seperti dipanggil namanya (apabila sudah kita kasih nama), Pemberian makan dari dekat, dan memberikan makanan dengan cara diletakkan supaya berburu mangsanya sendiri. Menurut pengalaman untuk jenis burung hantu Scoop owl ini makanan favoritnya yaitu jenis serangga jangkrik. Hal ini sangat membantu kita untuk mudah menyediakan pakannya karena bisa didapatkan pada petshop manapun.

Baca juga ; Makanan yang bagus untuk burung hantu scoop owl / celepuk

2. Penggunaan Alat Equipment Pelindung

Saat merawatnya alangkah baiknya anda menggunakan equipment yang safety karena menghindari luka/cidera karena terkena cengkraman ekor dan paruhnya yang tajam. Buatkan angkringan untuk burung ini sehingga selalu dalam kondisi nyaman saat kita melakukan perawatan seperti memandikan ataupun saat melakukan penjemurannya. Penjemuran burung ini baik dilakukan ketika pukul 07:00 sampai dengan pukul 09:00 pagi. Untuk bahan angkringan tadi yang bagus bisa terbuat dari kayu atau dahan pohon yang kuat, dan bisa juga dari paralon.

Cara Merawat Burung Hantu

Baca juga : Cara menjinakkan burung hantu yang mudah

3. Cara Memandikan

Pada saat proses memandikan burung ini jangan melakukan dengan cara penyiraman menggunakan gayung atau ember, karena bisa membuat panik dan stress burung tersebut sehingga escape atau berusaha kabur menjauhi anda. Gunakan alat semprotan yang biasa digunakan memandikan burung jenis kicauan. Sebagai selingan juga memandikan urung ini menggunakan kapas anti kutu yang dibasahi air yang sebelumnya air tersebut sudah kita lakukan pencampuran dengan obat anti kutu sudah dijual pada petshop dengan berbagai merk.


4. Pemberian Vitamin


Jangan lupa juga berikan vitamin untuk burung B kompleks, yang berguna untuk daya tahan tubuh si burung partner kita tadi. Memang selain kita berikan makanan dan minuman keseharian, vitamin juga sangat diperlukan. Untuk menjaga agar burung hantu atau partner anda ini tetap jnak terhadap anda bisa kita lakukan kebiasaan MENNING atau mengelus-elus secara lembut dan penuh kasih sayang. Prosesi ini bisa kita lakukan dalam sehari kurang lebih 2 jam. Dengan kebiasaan tersebut scoop owl akan semakin akrap dan hilang rasa canggungnya terhadap anda.

5. Melatih

Kebiasaan merawat dan melatihnya agar tanggap dan responsif bisa dilakukan dengan cara memanggilnya dan mengasih makan. Ini bisa kita lakukan pemanggilan secara bertahap, bisa kita mulai memanggilnya pada jarah yang dekat dahulu sekitar 1 meter dan 3 meter, dan bertahap secara memanggilnya dengan jarak yang jauh.

6. Jangan Memaksakan Beraktivitas Siang Hari

Perlakuan perawatan yang selanjutnya yaitu kita jangan memaksakan burung hantu beraktivitas diluar waktunya. Karena kita tahu burung ini merupakan hewan nokturnal atau hidup di malam hari, maka dari itu jangan paksakan untuk melatih atau mengajak aktifitas lainnya pada siang hari. Secara naluri waktu siang hari akan digunakan untuk burung ini beristirahat.





Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen