Cara mengobati kucing mencret berdarah dan tidak mau makan

Kali ini saya akan berbagi pengalaman Tentang bagaimana Cara kita mengobati kucing yang mencret. Tentu ketika kucing mencret, saat kita melihatnya tidak enak sekali apalagi mencret diserati berdarah, tidak nyaman dan merasa jijik. Kucing kita akan buang airnya dimana-mana, Kelihatan lesu dan tidak lagi mau bermain dengan kita.

Banyak yang mengatakan bahwa mencret pada kucing disebabkan karena ketidak cocokan terhadap makanan yang kita berikan. Namun menurut pengalaman saya sendiri ketika kucing saya tidak pernah mengalami ganti-ganti makanan. Namun tetap saja kucing mengalami mencret, berarti kucing kita terkena infeksi bakteri pencernaan.

Cara mengobati kucing mencret


Bagai mana tanda dan cara mengobati kucing mencret ???


Tanda ketika kucing terkena infeksi bakteri pencernaan yaitu pupnya ber aroma agak ke asaman,  warnanya agak kehijauan. Biasanyanya kalau masih dalam kondisi yang masih lembek belum full cairan akan disertai dengan lendir, bahkan kadang kala kita bisa menemui pup kucing yang disertai dengan bercak darah.

Biasanya ketika saya menemukan tanda-tanda kucing sedang menderita sakit mencret, saya akan memisahkan antara kucing yang sehat dengan kucing yang mencret dengan cara dikandangi agar tidak menular ke sumua kucing. Tujuan dengan pemisahan ini agar kita mudah dalam memonitor kondisi kucing yang sedang sakit, serta tidak menular terhadap kucing yang lain.



Ketika kita monitor saat pemberian pakan, kucing akan merespon saat dikasih makan dan juga kadang kehilangan nafsu makan. Nah kalau ketika kita monitoring kucing kehilangan nafsu makan, bisa kita bantu dengan cara pemberian pakan dengan merk atau jenis lain, seperti: GASTRO INTESTINAL, makanan jenis brand ini kalau masih tidak mau memakannya sendiri, maka perlu kita suapin. Selain dari kita pantau dari segi pakannya, kita bisa jaga kucing tidak mengalami dehidrasi akut. Dehidrasi yang parah bisa juga membuat kucing akan mati.

Baca juga : Ras kucing pendek jenis Munchkin yang unik dan cantik

Jaga kucing agar tidak dehidrasi

Jangan heran dehidrasi pada saat kucing mencret pasti akan terjadi yang terpenting jangan sampai terlambat mengatasinya. Sediakan minuman yang cukup,minuman yang bagus untuk kucing dehidrasi yaitu PEDIALYTE biasanya terjual bebas di apotik-apotik. Takaran yang digunakan yaitu 1:1 ( 1 gelas air kita campur dengan 1 gelas pedialyte) dan apabila tidak mau meminum sendiri bisa kita bantu dengan menyuapkan minuman tersebut.

Cara mengobati kucing mencret berdarah cara  alami


Menobati kucing Mencret dengan memberikan Prebiotik 


Belilah prebiotik yang berkualitas bagus dan organik , biasa bisa kita peroleh pada brand PURINA. Purina ini adalah sejenis merk makanan kucing kelas premium, namun dia juga menjual prebiotik dengan kualitas yag bagus. Cara pemberian prebiotik terhadap kucing bisa dengan cara kita campurkan dengan minuman ataupun pada makanannya. Tapi cara yang efektif menurut pengalaman saya sih saya campurkan pada makanannya.

Baca juga : Penyakit scabies pada kucing dan cara penyembuhannya

Ganti Jenis Makanan Harian Untuk Kucing

Menurut pengalaman saya dan beberapa sumber yang saya pelajari , ketika kucing mengalami sakit, entah mencret atau apapun biasanya dokter hewan memberikannya makanan jenis Wet Food. Makanan basah atau wet food ini bisa pilih dengan kualitas bagus biasanya ber merk Sands Diet dan ini bentuk kemasannya berupa kaleng yang dalamnya ada wet food nya. Makanan jenis basah ini harus kita berikan untuk setiap hari dalam masa penyembuhan, dan hindarkan kucing dengan makanan berbentuk kible atau biskuit.

Baca juga : Macam-macam penyakit kulit pada kucing dan cara mengatasinya

Berikan buah Labu + Nasi

Dengan cara tambahan ini sudah saya buktikan sendiri sangat efektif dalam proses penyembuhan kucing sakit mencret. Biasanya dalam hitungan hari sejak cara ini saya gunakan akan ada kesembuhan pada kucing. Cara membuatnya yaitu dengan cara Nasi + Buah labu bisa perbandingan 1:1 kita blender hingga tidak terlalu lembut yang terpenting sudah tercampur. Kemudian hasil blender ini kita campurkan pada makanan wet food tadi secara merata.


Namun apabila dari beberapa cara yang sudah saya share tadi ternyata tidak berdampak pada kesembuhan kucing, alangkah baiknya bawa ke dokter hewan untuk memperoleh penanganan yang lebih serius. Oleh dokter hewan biasanya diberikan obat-obatan yang tepat atau mungkin suntikan.

Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen