Burung Hantu Celepuk Putih (Scoops owl ) dan Cara Merawat

Burung Hantu Celepuk Putih (Scoops owl ) - pada bahasan kali ini kita akan mengupas tentang salah satu jenis burung hantu yaitu jenis celepuk atau SCOOPS OWL. Pada kategori jenis burung hantu celepuk ini merupakan ukuran yang tergolong paling mini dan kecil di Indonesia, bahkan dunia. Penyebaran populasi burung hantu celepuk putih di aindonesia sering ditemukan di pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan  atau pulau lainnya di Indonesia.

Burung Hantu Celepuk Putih Anakan

Baca juga : Cara merawat burung hantu

Untuk umumnya pada beda wilayah ditemukan beberapa varian warna bulu dari jenis celepuk ini. Kemungkinan perbedaan warna bulu yang terbentuk bisa dikarenakan kamuflasi locality sesuai medan dan perburuan ia tinggal. Untuk kategori burung hantu dengan ukuran terkecil ini lebar sayapnya sekitar 12 sampai 15 cm. dan ukuran tinggi badanya sekitar 15 sampai 20 cm. Burung hantu ini karena dia berukuran kecil makanan utamanya yang sering diberikan berupa serangga, cicak, katak, belelang dan jangkrik.

Baca juga : Cara memberikan Makanan untuk burung hantu yang benar

Burung hantu celepuk beraktifitas pada malam hari atau tergolong hewan nokturnal. Pada sore hari, burung ini biasanya mulai beraktifitas dan mulai terbit fajar akan kembali ke sarangnya dan beristirahat. Untuk warna bulunya yang sering ditemukan beerwarna khas coklat burik-burik dan putih. Burung ini memiliki kuku dan paruh yang tajam berguna untuk mencengkram mangsanya.

Tips Memelihara Burung Celepuk Putih Dan Coklat


Bagi anda yang memeliharanya gunakan tali pengikat dengan dikasih kalep atau pemegang kaki burung dengan bahan yang terbuat dari kulit, sehingga kaki burung hantu ini tidak terluka karena terikatnya.Tali yang kita gunakan usahakan tali yang tidak mudah putus. biasanya tali dengan bahan biasa ketika digigit atau dicengkram akan langsung putus. Hal yang harus diperhatikan untuk memeliharanya:

1. Kandang

Apabila anda memelihara burung hatu celepuk dikandang, walaupun ukurannya mini berikan kandang dengan ukuran yang besar karena burung hantu sering bergerak dan terbang sesuai moodnya. Dengan pergerakan yang bebas terbang kesana-kesini bisa efektif mengurangi tingkat stessnya. Stres pada burung hantu celepuk akan membuat mereka kehilangan nafsu makan, dan ini berbahaya bagi kelangsungan hidupnya.

Baca juga : Manfaat kroto untuk burung murai 

penempatan kandang yang benar apabila memelihara burung hantu ini yaitu pada tempat yang teduh, mengingat burung  hantu memang hewan yang hidup dimalam hari sehingga kurangi terpapar langsung dengan cahaya matahari. Jangan samakan memelihara burung kicauan yang senang apabila kita lakukan penjemuran.

2. Cara Pemeberian Makanan

Makanan Celepuk Putih

Untuk burung hantu scoops ini kita perhatikan cara pemberian makannya. Apabila burung masih berusia sekitar 3 bulan, bisa kita berikan 7 ekor jangkrik saja dalam 2 kali sehari. Bisa kita berikan pada waktu pagi dan sore hari. Apabila takut tangan anda terkena patokan paruh burung hantu yang sangat tajam saat pemberian pakan secara langsung, sebaiknya gunakan cara lain dengan cara menusuk jangkrik dengan kayu atau lidi saat memberikannya.

Baca juga : Cara menjinakkan burung hantu

3. Menjalin Keakraban Agar Jinak

kita bisa jalin ke akraban feeling dengan burung hantu dengan cara memberikan makanan sambil melatihnya dengan variasi pergerakan pakan. Tenang saja saat kita memberikan fariasi pemberian pakan atau memainkannya, kepala burunghantu bisa memutar sebesar 180 derajat. Burung hantu ini tergolong hewan yang setia dengan majikannya, sehingga kita akan merasakan sangat senang ketika berinteraksi dan memeliharnnya.

Celepuk Putih dewasa


dan sebagai pengetahuan saja burung hantu terkenal dengan kesetiaannya dengan pasangan. jadi kalau memelihara burung hantu jangan sampai berikan pasangan yang berlebih atau ganjil. Untuk memeliharanya kita harus rajin membersihkan kandangnya karena ke unikan apabila memelihara burung hantu jenis celepuk ini yaitu sering memuntahkan sesuatu dari mulutnya, bisa berupa sampah makanan atau tulang-tulang dari hasil olahan pencernaannya.

Untuk lengkapnya bisa simak  video berikut





Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen