Pakan Bebek Pedaging Cepat Besar

Cara membubat pakan bebek jenis pedaging agar cepat besar adalah salah satu langkah bagi peternak untuk membuat trobosan baru sehingga hasil daging yang didapat melebihi dari cara yang biasa-biasa saja. Pada masa kini dalam usaha ternak memang yang memerlukan biaya lebih adalah dalam pembiayaan pakan, termasuk dalam ternak bebek jenis pedaging. Sehingga para peternak harus ekstra hati-hati dalam memperhitungkannya agar tidak mengalami kerugian. Kalau peternak bebek pedaging yang mengandalkan pemberian pakan dengan membeli jenis pakan yang sudah jadi di pasaran hal ini bisa berpotensi rugi, karena pakan jadi yang ada dipasaran harganya cukup mahal dan apabila sedang apes harga jual daging bebek sedang mengalami penurunan, ketika panen tidak imbang antara biaya oprasional ternak dengan penjualan. Maka dari itu kita harus benar-benar harus hati-hati dan belajar bagaimana cara pembuatan pakan bebek pedaging.

Pakan Bebek Pedaging Cepat Besar


Pembuatan pakan ini bisa kita siasati dengan menggunakan bahan-bahan alternatif dan tentu saja harganya lebih murah. Dengan racikan sendiri namun tetap memperhatikan kandungan nilai nutrisi dan gizinya. Bahan alternatif pakan ini bisa mudah didapat dilingkungan sekitar kita misalnya, tepung bungkil karet, tepung hijauan, tepung keong, tepung bekicot, onggok dan lain-lain. Bahan tersebut tentunya tidak bisa kita berikan dengan takaran yang berlebihan karena bisa juga bahan tersebut apabila dikonsumsi secara berlebihan membuat efek samping kurang bagus untuk bebek pedaging kita.

Kalau sistem ternak bebek dengan cara diumbar atau digembalakan ini bisa sangat menghemat ongkos pemberian pakan, karena bebek pedaging bisa mencari pakan secara mandiri di alam persawahan dan sungai-sungai, kita hanya memberikan tambahan ketika malam dan pagi saja. Sistem ternak gembala ini sering disebut dengan sistem ekstensif yang biasanya dilakukan oleh peternak di pedesaan yang masih mudah menemui persawahan,rawa, dan sungai-sungai.

Sitem ternak dengan cara semi intensif yang cara peternakannya yaitu kadangkala melakukan pengumbaran dan penggembalaan namun di kandang memang juga disediakan pakan tambahan. Dari kedua sistem ekstensif dan semi intensif diatas kalau dilihat dari waktu ternaknya memang membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan menggunakan sistem intensif, karena pakan yang diberikan kurang terfokus untuk penggemukan.

Berbeda dengan ternak bebek pedaging sistem intensif yang memperhatikan dan memperhitungkan keuntungan dan efisiensi waktu pemeliharaan. Sisitem intensif memang tidak dilakukan penggembalaan  sehingga energi pakan bebek tidak terkuras untuk bergerak berjalan mencari pakan di alam sendiri. Pakan berkualitas yang kita berikan dapat terserap baik untuk pembentukan lemak dan daging dari bebek dan pergerakan yang terbatas di dalam kandang juga mempengaruhi kegemukan dari bebek pedaging kita.


Peternakan bebek pedaging sistem intensif ini sangat benar-benar membutuhkan keseriusan kita dalam pemberian pakan berkualitas dengan kandungan nutrisi dan nilai gizi yang baik agar hasil panen bebek pedaging kita mencapai bobot yang benar-benar maksimal. Keberhasilan penggemukan bebek pedaging ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah gen.

Baca juga : Cara ternak bebek petelur yang unggul

Keturunan dari gen indukan bebek pedaging yang bagus biasanya dari jenis bebek peking pedaging, Bebek peking ini memang cocok untuk ternak pedaging,namun kebutuhan nutrisi yang diperlukan bebek peking yang cukup besar harus kita siasati dengan cara management pengaturan pemberian pakan.

Untuk mempelajari lebih lanjut dalam pembuatan pakan bebek pedaging agar cepat besar sebaiknya mengetahui beberapa informasi tentang nutrien dan faktor pembatas penggunaan zat antinutrien, mikotoksin, kandungan serat kasar, dan ketengikan. Bahan pembuatan pakan yang dibutuhkan sebaiknya mengandung sumber energi, lemak, protein, vitamin, mineral, dan bahan alternatif.

Macam-macah Bahan Pakan Bebek Pedaging



A. Bahan Pakan Sebagai Sumber Energi Bebek

Bahan pakan untuk sumber energi ini bisa kita peroleh dari sumber alami seperti biji-bijian dan limbah olahan bijian tadi seperti : menir,jagung kuning, gandum,sorgum, barley,dedak padi,minyak nabati dan hewani seperti sawit dan minyak kelapa.,minyak ikan, polar ,gaplek,dan polar.

- Jagung kuning
Jagung kuning merupakan salah satu bahan pakan yang bisa dijadikan pakan utama penghasil energi tinggi pada bebek. Jagung mengandung zat anti nutrein , namun kandungan protein pada biji jagung yang rendah.


- Biji Sorgum
Biji sorgum juga sangat cocok digunakan untuk pakan sumber energi, kandungan dari sorgum hampir sama dengan jagung. Sayangnya di Indonesia sorgum sulit diperoleh dan hanya terdapat di daerah tertentu saja sehingga sangat tidak cocok untuk dijadikan pakan pokok.

Baca juga : Cara ternak bebek jenis pedaging yang benar

- Singkong
Kelebihan dari pakan bahan singkong yaitu membuat energ bebek metabolismenya mencapai 3440 kkal/kg. Harga dari singkong pun juga relatif terjangkau dan mudah didapat. Dengan demikian bahan singkong bisa dirokemendasikan.

Pakan Bebek  untuk Pedaging Cepat Besar




Bahan Pakan Sumber Protein Untuk Bebek Pedaging


Pakan sumber protein ini berguna untuk pertumbuhan dan membuat bebek menjadi gemuk berbobot. Pakan sumber protein bisa diperoleh dari hewani maupun tumbuhan/nabati. Bahan pakan sumber protein ini diantaranya :
- Bungkil kedelai
Pakan untuk  Bebek Pedaging  biji kedelai


- CGM (corn gluten meal) yaitu pengolahan pakan yang bersumber jagung dengan kondisi basah

- Tepung ikan yaitu pakan yang mengandung asam amino lisin juga metionin yang cukup tinggi baik untuk bebek

- Bungkil kelapa yaitu bahan pakan yang bersumber dari ekstraksi buah kelapa segar ataupun kering

Bungkil kelapa pakan bebek pedaging


- Konsentrat yaitu bahan pakan bebek pedaging yang terdiri dari komposisi bahan pakan yang sudah  mengandung protein tinggi

- Bungkil dari kacang tanah yang berasal dari biji kacang digiling dan di ekstraksi minyak dengan sistem mekanis

Bahan Pakan Bebek Pedaging Sebagai Sumber Mineral


Bahan pakan sumber mineral bisa terbagi menjadi dua jenis yaitu mineral organik atau anorganik . Jenis bahan pakan ini mengandung mineral alami dari alam(organik), bahan pakan sumber mineral alam ini diantaranya : Kapur, Tepung kerang, Tepung tulang, dan Garam.
Bahan pakan sebagai sumber mineral anorganik daintaranya : Dicalcium phosphate, Sodium fosfat, potasium klorida, dan magnesium okside.

Baca juga : Desain kandang  bebek yang bisa produktif

Bahan Pakan Alternatif


Bahan pakan alternatif ini juga sangat membantu dalam penghematan ongkos pembelian pakan, bahannya bisa kita beli dari produsen home industri misalnya :

A. Pakan dari ampas tahu : Pakan bersumber dari ampas tahu ini juga memiliki kandungan gizi yang bagus karena berasal dari sisa penggilingan bubur kedelai dari proses produksi tahu.

B. Pakan dari ampas tempe : Biasanya berupa kulit ari dari proses pembuatan tempe yang bahan bakunya dari biji kedelai. Kalau kandungan gizi dari pakan alternatif ampas tempe ini cukup bagus

C. Tepung limbah udang : Biasanya didapat dari pengolahan industri udang yang berupa kulit dan kepala udang.

D. Bahan Onggok yang berasal dari limbah pengolahan tepung singkong

E. Bahan dari ampas kecap yang berasal sisa-sisa biji kedelai yang berupa sari kedelai.

F. Bahan bungkil biji karet yang berasal dari limbahn sisa pengolahan biji karet yang di olah diambil minyaknya.

G. Bahan tepung hijauan yang berasal dari daun dan tumbuh-tumbuhan yang dikeringkan kemudian ditumbuk halus. Daun yang dipergunakan dari pakan hijauan ini yaitu daun singkong,eceng gondok,lamtoro, kayambang, kulit pisang, daun katu , daun tales, daun pisang, dan daun beluntas.

Cara meracik pakan bebek pedaging agar cepat besar bisa dilakukan secara mandiri dengan pencampuran bahan tersebut di atas dengan takaran yang pas dari kebutuhan pertumbuhan bebek pedaging yang baik. Olah pembuatan pakan ini bisa kita bentuk menjadi butiran seperti voer agar mudah dikonsumsi oleh bebek pedaging.

Apabila anda beternak bebek pedaging yang mulai usia bebek terlalu kecil jangan berikan pakan yang berupa ransum, karena usia bebek yang masih kecil kurang kuat atau kesulitan dalam mencerna pakan yang bertekstur kasar. Untuk pemberian pakan bebek pedaging agar cepat besar seharusnya harus stabil jangan selalu berubah agar tidak kaget dan menjadi stress sehingga hilang nafsu makannya.



Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya