Manfaat Kroto Untuk Burung Murai Batu

Pakan dari jenis kroto untuk burung murai batu mempunyai manfaat yang baik untuk pertumbuhan. Pada dasarnya kroto ialah ekstra fooding yang dikategorikan terbaik kare nilai kandungan protein yang tinggi namun rendah lemak, sehingga sangat cocok diberikan untuk burung murai batu anda.
Dari beberapa pengamat bahwa kandungan di setiap 100 gram kroto terkandung protein sekitar 8,2 gram , sedangkan lemak 8,2 gram, lemak kalorinya sebesar 2,6 gram. Kalau dibandingkan dengan telur ayam tentunya lebih rendah 11,7 gram.

Manfaat Kroto Untuk Murai Batu


Baca juga : Pakan yang baik untuk burung Falk Australia

Selain kandungan protein yang dimiliki oleh kroto, masih juga ada kandungan yang baik dalam kroto yaitu beberapa zat mineral penting  seperti zat besi, kalsium, potassium, sodium, Vitamin B1 dan B2 serta Niacin.

Manfaat Baik Kroto Untuk Murai Batu


Kroto Untuk Burung Murai Batu

a. Ketika pemberian pakan kroto secara rutin pada burung murai batu waktu usia muda atau trotol akan membantu burung murai untuk lebih bagus perkembangan tubuhnya serta lebih cerdas untuk merekam berbagai jenis kicauan suara burung masteran.

b. Kroto yang diberikan secara teratur akan membuat tubuh murai selalu fit dan kalau akan digantangkan akan memperoleh performa yang bagus sehingga rajin berkicau

c. Pada murai batu yang masih bakalan sangat dianjurkan untuk diberikan kroto secara teratur untuk menunjang kondisi fisik agar tetap sehat dan fit ketika kita lakukan pelatihan.

d. Kroto mampu untuk masa pemulihan kerontokan bulu, mengurangi tingkat stress burung murai dan mampu membuat kondisi burung pulih menjadi fit dengan cepat.

Baca Juga : Pakan burung lovebird yang bagus

Namun dari sekian manfaat kroto untuk murai tentunya juga masih memiliki berbagai efek negatif pula diantaranya kita uraikan sebagai berikut

Efek Negatif Pakan Kroto Untuk Murai


Apabila kita menjadikan kroto sebagai makanan pokok harian maka, efek negatifnya baru terasa ketika murai kita ikutkan dalam lomba. Karena kroto merupakan pakan yang memacu birahi kalau terlalu sering dan terbiasa dengan situasi birahi, saat lomba akan tidak menonjol perilakunya dan kurang bersemangat. Karena murai mampu berkicau dengan maksimal ketika mau menghadapi proses birahi yang awal-awal. Sebaiknya berikan kroto ketika mau dilombakan saja , dan untuk pakan harian kita bisa menggunakan pakan berjenis jangkrik, voer, dan lain-lain.

Manfaat Positif Kroto Untuk Burung Murai Batu


Baca juga : Pakan yang baik agar kenari cepat gacor

Manfaat kroto untuk murai sangat dianjurkan ketika akan menghadapi lomba, karena menimbulkan semangat yang baru dan fresh , karena hal yang bisa memacu kicau murai dalam lomba diantara lain yaitu :

1. Pengaruh Hasrat Birahi


Pada fase mau birahi, murai jantan akan menghasilkan kicauan yang sangat maksimal dan sangat keras untuk bertujuan menarik perhatian lawan jenisnya agar mendekat. Kicauan burung murai yang keras menandakan burung murai dengan kondisi yang sangat sehat dan siap membuahi betinanya.

2. Faktor Naluri Mempertahankan Teritori


Apabila di pancing dengan pejantan lain yang berada di dekatnya atau diwilayahnya, maka murai akan berkicau sangat keras yang bisa diartikan bahwa murai tersebut palig kuat dan terbaik. Sehingga kita bisa melatihnya dengan memberikan pejantan lain yang dirasa memiliki kemampuan lebih dan didekatkan di kandang murai batu kita, untuk memanasi dan membiasakan bersaing. Ketika sudah terbiasa kita latih dengn cara tersebut kemungkinan besar mentalnya akan jadi saat dilombakan, dan saat ini lah kroto tepat diberikan.

Sebagai saran dan berbagi pengalaman usahakan pemberian pakan yang berasal dari kroto semut rangrang kita jadikan sebagai pakan tambahan , dan jangan sampai dijadikan pakan harian sehingga efek pendongkrak performa saat dilombakan tidak bisa kita peroleh. Dari segi manfaat kroto untuk burung murai batu memang sangat baik apabila dipergunakan pada saat-saat yang tepat.

Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya