Cara Dempul Mobil Penyok Yang Mudah

Dempul Mobil Penyok Cara Mudah - Nah untuk sobat yang sering mengalami kejadian tidak mengenakkan ketika mobil kesayangan anda lecet tergores ringan ,sedang atau parah bahkan sampai kondisinya penyok. Pastinya akan sangat mengganggu pandangan serta membuat kecewa karena pembiayaan mobil dengan perbaikan body tidaklah murah, malah kadang biayanya melebihi ketika perbaikan part engine nya. Sebagai solusi untuk meringankan beban tersebut tidak salahnya kita belajar untuk mencoba melakukan pendempulan mobil kesayangan kita secara mandiri.

Baca Juga : Teknik Dempul Mobil Sendiri Rapi 

Secara teori dempul merupakan suatu bahan yang dibuat dengan tujuan untuk menutupu suatu lubang atau memperhalus permukaan suatu benda kayu, maupun logam. Pendempulan pada mobil memang harus dilakukan karena body mobil yang rusak/ penyok / lapuk karena usia pastinya akan menjadikan permukaan body nampak kasar dan jelek.  Proses pendempulan dilakukan saat sebelum proses pengecatan dilakukan.

Cara Dempul Mobil Penyok

Dari jenisnya, dempul bisa digolongkan menjadi 3 macam yaitu :


A. Dempul Jenis Epoxy Putty 

Dempul epoxy putty ini memiliki kelibihan ketahanan yang bagus terhadap karatan yang pasti dialami oleh logam. Serta memiliki daya rekat yang sangat baik dari berbagai matrian yang masih dasar. Bahan dari dempul epoxy putty ini yaitu, Amine yang berguna sebagai hardener,dan Epoxy resin. Kelemahan dari dempul jenis ini yaitu proses pengeringannya yang sangat lama terkadang harus menggunakan sistem pengeringan paksa menggunakan alat bantu oven pengering dempul.

B. Dempul Mobil Penyok Jenis Polyester Putty

dempul dengan jenis ini sering disebut dengan sebutan dempul plastik. Bahan penyusun dempul jenis ini yaitu organic peroxide yang berguna sebagai hardenner dengan kandungan banyak pigment, dengan ini bisa membentuk suatu lapisan yang lumayan tebal yang sangat mudah diamplas.
Ketika kita dipasaran jenis dempul ini bisa kita temui di merk OSANGLOUS, ALFA, AUTOGLOW, TANURY, BODYLIGHT dan lain sebagainya. Namun yang paling banyak peminatnya dikalangan bengkel body repair yaitu dengan memilih merk Auto glow dan Bodylight.
Kalau di lihat dari segi harganya yaitu bervariatif, berkisar antara Rp75.000,- sampai Rp200.000,- . Penggunaanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan seberapa banyaknya. Kalau kondisi mobil penyok kita bisa beli dempul dengan ukuran 1 kg.

C. Dempul Jenis Lacquer Putty

Bahan dasar dari dempul Lacquer Putty yaitu Nitrocellulose dan juga Acrylic resin. Nama lain dempul ini yaitu tempul odol, biasanya digunakan untuk mengerjakan penutupan sambungan dempul yang sudah lama atau pengerjaan yang dahulu, sehingga apabila nanti kalau dilakukan pengecatan sambungan dempul tersebut tidak terlihat. Cara pemakaian dempul ini bisa dioleskan secara tipis-tipis untuk menutupi pori-pori ataupun goresan body mobil yang tidak teralu dalam. Perlu diingat jangan menggunakan dempul ini berlebihan atau pengaplikasiannya terlalu tebal karena bisa berakibat terkelupas dempulya. Alangkah baiknya pabila sebelum kita laksankan pendempulan kita epoxy terlebih dahulu permukaan yang akan di dempul.
Merk yang sering digemari dan dipakai yaitu Spot Wanda" biasanya kalau dipasaran bisa kita temukan dengan harga Rp.35.000,-

Baca Juga : Urutan tahapan pengecatan mobil yang benar

Dari ketiga jenis dempul diatas bisa kita pilih untuk cara dempul mobil penyok yaitu denganjenis dempul POLYESTER PUTTY (dempul plastik). Selain digunakan untuk body mobil yang penyok pollyester putty juga sangan baik ketika kita gunakan untuk pendempulan body yang kropos.
Tahapan yang dilakukan untuk cara dempul mobil penyok bagi kita para pemula yaitu :

Mempersiapkan Alat Pendempulan 

- Penggaris bahan alumunium berukuran yang lumayan panjang
- Scrapp dempul
- Linggis kecil
- Palu
- Amplas kasar dan halus
- Balok kayu
- APD (masker, kaos tangan, kacamata)
- Mesin gerinda mata amplas untuk pengalus (kalau diperlukan)

Proses Cara Dempul Mobil Penyok


Penyok pada samping body

Tahapan pertama cara dempul mobil penyok kita lakukan seperti proses kerja di bengkel ketok magic yaitu pencongkelan.Cara pencongkelan ini kita lakukan pembukaan dinding pintu atau sering disebut dengan Door Trim, Pembukaan door trim ini kita lakukan secara berhati-hati agar tidak memperparah kerusakan body mobil anda. Bukalah baut-baut dengan kunci pas atau obeng (+) berlanjut mencongkel door trim dengan obeng (-) yang kita sudah lapisi dengan kain agar tidak menggores body.

Namun berbeda apabila mobil anda sudah menggunakan sistem power window, sebaiknya lepas terlebih dahulu jaringan kabel untuk power windownya. Setelah semua door trim yang kita perlukan sudah terbuka, maka kita lanjutkan dengan melakukan dorongan kondisi body penyok tadi dengan menggunakan tangan, balok kayu , atau bahkan linggis yang sudah kita siapkan tadi ketika sulit menjangkau bagian yang penyok.
Pastikan dorongan tadi membuat penyoknya bisa kembali rata.

Dempul Mobil Penyok cara mudah


Dorongan yang kita lakukan tadi dengan kayu atau linggis kecil pasti akan menimbulkan luka lecet atau body tidak rata , sehingga kita harus melakukan proses penyempurnaan kerataan body tadi dengan memukulnya menggunakan palu berukuran kecil secara perlahan.

Penyok Pada Bagian Dumper 

Memang paling rawan penyok mobil yaitu sering dialami pada bagian dumper. Cara pemulihannya bisa dikatakan lebih mudah yaitu dengan cara melepaskan dumpernya berlanjut kita lakukan penyiraman pada bagian penyok tadi dengan air panas mendidih. Penyiraman ini dikakun dari bagian dalamnya dumper jangan dari luar.
Tujuan penyiraman dengan air panas mendidih ini yaitu membuat dumper lebih lentur sehingga ketika kelenturannya tercapai kita lakukan pendorongan dengan balok kayu lebih mudah dan tidak terjadi pecah. Setelah dilakukan pendorongan tadi bisa kita sempurnakan perataan body penyok tadi dengan palu secara perlahan.

Baca juga : Cara merawat aki mobil agar awet

Ketika penyok yang dialami mobil tadi sudah kita ratakan sebagai mana tekstur body seperti awal, maka kita lanjutkan dengan cara melakukan pendempulan. Bagian yang penyok tadi bisa kita lakukan pengamplasan terlebih dahulu dengan menggunakan ukuran amplas 600/360 sehingga debu dan kotoran yang menempel pada lokasi yang akan kita dempul bisa bersih, dan dempul bisa menempel dengan kuat.

Meracik adonan dempul yang baik yaitu dengan menambahkan hardenner dengan perbanding 10 : 2, Untuk teorinya semakin banyak kita menggunakan campuran hardenner maka semakin cepat pula dempul akan mengering.

Lakukan pengisian dempul pada bagian bekas penyokan tadi menggunakan scrap dan dilakukan secara setapa demi setapa karena pendempulan tidak mungkin bisa langsung jadi. Setelah dempul mengering pada lapisan sebelumnya maka kita lakukan pelapisan dempul lagi dan berulang hingga tampilannya rata.

Proses Dempul Mobil Penyok Berikutnya


Apabila terjadi penyok yang berukuran lebar, proses pemerataan dempul tadi bisa menggunakan penggaris alumunium tadi yang sudah kita siapkan. Cara penggunaan penggaris ini cukup mudah yaitu kita tempelkan penggaris ini pada body maka terlihat yang masih rongga tidak rata dan kita isikan lagi dengan dempul, kemudian penggaris kita tarik ke arah atas ataupun bawah. Tunggu hingga lapisan awal mengering kemudian bisa ulang lagi hingga memperoleh permukaan yang halus dan rata terhadap body mobil yang tidak dilakukan pendempulan.

Setelah dempul sudah kita pastikan rata tunggu kira-kira selama 1 jam atau lebih yang terpenting sudah benar-benar kering dan bisa dilanjutkan dengan proses pengamplasan. Untuk pengamplasan awal kita gunakan ukuran amplas yang 120 ,lakukan menggunakan paking kayu atau alas kayu supaya proses pengamplasan bisa bergelombang. Amplas ukuran 120 tadi digunakan untuk pembentukan body secara perlahan, dan apabila sudah bisa dilanjutkan dengan menggunakan amplas ukuran 240 berlanjut 360/600 sehingga permukaan dempul benar-benar harus bahkan bekas amplasan sudah tidak terlihat.
Sedikit tips ketika kita kesulitan melakukan pengamplasan yang biasanya terasa keras dan berat, bisa menambahkan sabun colek sebelum saat pengampasan akan dimulai.

Cara Untuk Dempul Mobil Penyok


Tahapan selanjutnya yaitu pemberian epoxy , ketika mengerjakan penyok yang berukuran kecil maka alangkah baiknya menggunakan jenis dempul spot (dempul odol) yang kita oleskan tipis-tipis sampai permukaan bekas dempul tidak terlihat, ketika di bagian sambungan dempul oleskan kan dempul spot yang lemuyan tebal agar lebih kuat menutupi sambungan dempulannya.

Dempul spot sudah dilakukan maka bisa melanjutkan proses selanjutnya yaitu pengamplasan ulang menggunakan ukuran amplas nomor 300/600 . Amplaslah sehingga lapisan dempul spot tadi benar-benar halus. Untuk pengamplasn pada sambungan dempul tadi kita lakukan berhati-hati agar dempul spot tadi tidak terkelupas habis. Amplas yang baik untuk dempul odol bisa menggunakan karet atau bahan sederhana seperti sandal karet swallow bekas.
Setelah cara dempul mobil penyok tadi sudah kita lakukan dengan baik dan benar anda bisa melanjutkan dengan proses tahap pengecatan sesuai dengan warna selera.


Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya