Pakan Burung Puyuh Petelur

Pakan Burung Puyuh Petelur - Ternak puyuh merupakan salah satu alternatif bagi kita untuk menambah pundi-pundi penghasilan selain mudah perawatannya burung puyuh merupakan unggas yang nilai produktifnya tinggi. Dalam pengembangan ternak burung puyuh kita bisa menghasilkan selain telur yaitu dagingnya yang memang sangat banyak diminati banyak orang. Kebutuhan pasar akan telur puyuh sangatlah kurang sehingga anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan baik.

Baca juga : Pakan burung lovebird biar cepat gacor

Pakan Burung Puyuh Petelur

Ternak burung puyuh juga memiliki kelebihan yaitu tidak membutuhkan ongkos yang besar dalam pembuatan kandang karena tidak membutuhkan tempat yang besar. Sehingga kesimpulan modal yang kita butuhkan tidaklah besar apalagi kalau kita bisa membuat pakan burung puyuh petelur secara mandiri pastinya akan sangat banyak menghemat biaya oprasional ternak burung puyuh.

Baca juga : Tips membuat kandang burung puyuh petelur

Meracik Pakan Burung Puyuh Petelur Mandiri


Apabila kita analisa biaya terbesar kita dalam ternak burung puyuh yaitu dalam pembiayaan pakan sekitar 70% dari total modal. Pakan jadi yang dijual dipasaran memang bagus kualitasnya namun apabila kita mengandalkan dengan pakan yang sudah jadi di pasaran kita akan terlalu besar pengeluarannya, seharusnya kita antisipasi dengan cara pembuatan pakan berkualitas secara mandiri. Bahan pembuatan pakan ini kita bisa dapatkan dengan mudah dipasaran, sehingga kalau kita berminat dan bersikeras dalam membuat apakan sendiri akan menekan ongkos oprasional dalam ternak burung puyuh.

Baca Juga : Pakan burung perkutut agar rajin manggung

Keuntungan dari kita membuat pakan sendiri selain menghemat biaya yaitu kita mampu mengkomposisikan bahan dengan kualitas nutrisi dan gizi yang komplit dan bagus melebihi dari pakan jadi yang ada dipasaran, sehingga produksi telur puyuh bisa meningkat tajam dan kelangsungan hidup burung puyuh bisa lebih sehat dan berkualitas.



Bahan Pakan Burung Puyuh Petelur


Melihat pakan pabrikan harganya yang tidak pernah stabil bisa naik turun dan seringnya harga malah naik ini sangat memprihatinkan apabila kita sampai ketergantungan menggunakan pakan jadi pabrikan, bayangkan saja apabila suatu saat kita menemui kejadian bahan pokok naik di pasaran secara otomatis biaya pakan burung puyuh juga ikut naik, sedangkan telur puyuh kita kalau menaikkan harga jualnya juga sangat sulit dan bisa berpotensi tidak laku.

Baca juga : Pakan burung kacer agar cepat ngeplong

Namun apabila kita mencari jalan tengah dengan cara mengkombinasikan pabrikan dengan kombinasi pakan campuran dengan bahan pakan yang lain sehingga juga lebih efektif, pakan pabrikan ini yaitu sama dengan pakan yang diberikan ke ayam broiler dengan periode starter Cara mengkombinasikannya yaitu :



1. Kita campurkan pakan ayam broiler tadi dengan dedak menggunakan perbandingan 1 : 2 dan bisa juga 1 : 3



2. Berikan campuran jagung dengan perbandingan terhadap pakan ayam broiler tadi juga 1 : 2 atau 1 : 3



3. Kita beri tambahan mineral ( Kalsium dan Phospor ) dari semua campuran tadi



4. Tambahkan phospat , kalsium karbonat , kapur dan tepung ikan menggunakan takaran sebesar 2-3 %

fungsi dari penambahan mineral ini yaitu membuat puyuh yang siap produsi telur dengan membuat dan membentuk kerabang telur. Apabila ingin mendapatkan telur yang lebih maksimal anda bisa menambahkan premiks sekitar 0,5%

Pakan campuran Burung Puyuh Petelur

Secara pengalaman oleh para peternak burung puyuh , pakan yang efektif digunakan saat puncak produktif telur yaitu pakan yang mengandung nutrisi dengan kadar protein sebesar 17% dengan energi metabolisme tubuh 2700 kkal/kg, kadar kalsium 2,5 - 3,5 % dan kadungan phospor sebanyak 0,6 sampai 1%.

Bahan yang mampu dijadikan ransum pakan burung puyuh petelur diantaranya

- Premmix 0,5%
- Dedak 10-15%
- Jagung 30-50%
- BUngkil sawit 5-7%
- Bungkil kedelai 15-25%
- Tepung ikan 7-10%
- Kapur 2-4%
- Repeseed meal 5%
- MInyak Sawit 3-5%
- DCP 0,5-1%
- Lysine dan DL Methionine 0,5%

Secara keseluruhan dari bahan-bahan pakan di atas sudah merupakan kualitas yang sangat baik untuk membut burung puyuh memproduksi telur secara maksimal, dan apabila ingin memperoleh nilai lebih dengan membuat warna kuning telur puyuh menjadi orange kitabisa menambahkan dengan bahan tepung daun singkong dengan komposisi 3-5% . Untuk menjaga saluran pencernaan burung puyuh yang baik dan terhindar dari serangan bakteri jahat kita juga bisa menambahkan dengan ragi tempe dengan pemberian takaran 1-3% saja.

Pakan Campuran Burung Puyuh Petelur


Hal penunjang yang lain untuk memberikan kelancaran ternak burung puyuh kita berlangsung lancar tanpa kendala banyaknya kematian burung yang kita punyai, anda bisa memberikannya vitamin tambahan yang sudah dijual dipasaran .

Pakan Racikan Puyuh Petelur

 Namun kita sebagai peternyak puyuh juga harus antisipasi ketika burung puyuh mendekati masa dimana produksi teur menurun karena faktor usia, dengan cara meregenerasi bibit baru yang berualitas baik sehingga sebelum masa penurunan itu tiba kita sudah ada pengganti burung puyuh yang siap produksi. Dan burung puyuh yang sudah beranjak tua bisa kita jual lagi berupa dagingnya , nah dengan penjualan daging puyuh ini kita bisa menutupi biaya pembelian bibit baru yang fresh, yang sudah kita persiapkan kandang baru untuk produksi generasi puyuh yang berbeda. Sistem ini dapat kita ulang terus sehingga dapat berjalan lancar. Kita hanya perlu mensiasati penekanan ongkos dari pakan burung puyuh petelur yang biasanya kalau kita ketergantungan kan sangat memberatkan.










Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen