Pakan Burung Lovebird Yang Bagus

Pakan Burung - Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang tergolong primadona di kalangan pecinta burung Indonesia. Keindahan dari segi paduan warna dengan corak yang variatif pada bulunya membuat siapa saja bisa terpesona, Apalagi ditambah dengan mendengarkan kicauan yang sangat merdu yang di hasilkan dari ocehan lovebird membuat suasana seperti syahdu.

Baca juga : Pakan burung kenari supaya gacor

Dilihat dari cara perawatannya burung Lovebird tidak memerlukan perawatan yang riwil serta penyediaan pakan yang tidak muluk-muluk, Meskipun begitu para pecinta Lovebird selalu mengkombinasikan danmencari jenis pakan yang bagus dan bernutrisi tinggi supaya lovebird kesayangannya tetap sehat dan selalu stabil menghasilkan kicauan yang sangat merdu.

Pakan Burung Lovebird Yang Bagus Recomended


Beberapa jenis pakan untuk lovebird memang sudah dijual bebas dipasaran dengan berbagai jenis dan merek yang berbentuk fur ataupun pelet. Akan tetapi apabila anda ingin memperoleh dan menghendaki burung kesayangan anda memeiliki kondisi yang fit dan selalu gacor, maka tidak salah untuk meracik pakan sendiri dengan mengetahui komposisi dan nilai kandungan nutrisi dari pakan yang akan kita ingini. Kelemahan apabila kita membeli pakan burung jadi dikemasan yaitu kita sering tidak mengetaui kandungan nutrisi bahkan kadang kala tidak ditemukan kode expired di kemasannya. Pakan yang akan kita racik nantinya dari bahan-bahan alami tanpa penambahan bahan kimia, diantaranya adalah :

A. Oats


Kandungna gizi yang ada di dalam oats seperti protein dan kalori yang tinggi , merupakan kandungan yang sangat bagus untuk tubuh manusia dan diyakini juga memberikan efek yang sangat bagus ketika diberikan ke burung lovebird. Fakta memang sudah membuktikan burung lovebird yang diberi pakan biji oats memiliki pergerakan yang aktif dan kondisi burung sangat sehat.

B. Jagung Manis Untuk Pakan

jagung manis untuk pakan burung lovebird yang bagus

Jagung manis sering diberikan oleh pecinta lovebird karena berbagai alasan diantaranya sangat mudah didapat misalnya membeli dari tukang sayur keliling yang biasanya setiap pagi hari datang, Kandungan nutrisi dari jagung manis sangat bagus untuk tubuh manusia dan juga cocok untuk diberkan ke burung lovebird kita. Kandungan nutrisi yang ada pada jagung manis ialah, Betakarotin, Vitamin B dan Vitamin C, Asam folat, yang membuat lovebird selalu dalam kondisi fit.

Baca juga : Pakan burung perkutut lokal

Dalam proses pemberian pakan dengan jenis jagung manis tentunya kesulitan burung kita untuk memakannya saat kondisi masih mentah, alangkah lebih baik kita rebus dahulu sebelum dihidangkan sehingga lebih mudah untuk menggigitnya. Selain lebih mudah memakannya perebusan juga bertujuan untuk penyerapan nutrisinya lebih cepat dan maksimal.

C. Pakan Jenis Milet

Saya yakin secara umum anda sudah berpengalaman dan sering menemukan jenis biji-bijian satu ini baik yang varian warna putih maupun merah. Memang secara penelitian belum menemukan kandungan dari milet sangat baik atau tidak untuk burung lovebird, akan tetapi berdasarkan pengalaman yang dilakukan oleh pecinta lovebird miled merupakan salah satu jenis pakan yang sangat disukai oleh lovebird, efek dari jenis pakan ini meningkatkan daya tahan tubuhnya dan membuat lebih cepat gacor.

Baca juga : Pakan burung kacer biar ngeplong

Tips pemberian pakan miled untuk lovebird sebaiknya diberikan dalam dua kali sehari yaitu diwaktu pagi dan sore hari dengan takaran yang pas untuk pakan burung lovebird.

D. Jenis pakan biji kenari

Biji kenari juga sangat populer seperti halnya biji miled yang sangat disukai oleh lovebird. Pada nalurinya memang burung makan utama kalau di alam liar yaitu berupa biji-bijian,sehingga tak heran kalau kita bedakan antara pemberian pakan berupa fur dan biji-bijian pastinya lovebird akan lebih menghabiskan pakan yang berupa bijian. Berdasarkan pengalaman biji kenari apabila kita berikan kepada lovebird yang masih anakan ternyata memberikan efek meningkatkan pertumbuhan yang bagus dan sehat. Dan apabila bijih kenari diberikan untuk burung berusia dewasa membuat suara  kicauan juga bisa maksimal.

E. Pakan jenis biji sawi

Nutrisi kandungan dari biji sawi diantaranya yaitu , Omega 3 dan Protein yang membuat pertumbuhan lovebird menjadi sangat baik dan keunggulan lainnya biji sawi tidak akan membuat lovebird kita menjadi obesitas,

F. Pakan jenis juwawut

Dari bentuknya jewawut mirip dengan pakan jenis milet, hanya saja bentuk dari jewawut yaitu kemerahan dengan bentuk yang bulat. Kandungan yang terdapat dalam juwawut diantaranya 75% karbohidrat, Protein 9,8% dan paduan zat kapur. Saran saya jewawut diberikan saat indukan dalam masa mau bertelur dan mengerami, karena kandungan zat kapur ,protein dan karbohidrat membuat kesehatan telur dan stamina indukan terjaga saat proses mau bertelur dan juga mengerami.

G. Pakan dari toge

Pakan bunrung untuk lovebird yang bagus

Kacang hijau yang sudah mulai berkecambah ini memiliki kandungan yang sangat baik, yaitu nutrisi yang lebih bagus dibandingkan dengan biji yang masih dalam kondisi mentah. Manfaat toge atau kecambah bagi burung lovebird yaitu membuat stamina lebih sehat sangat aktif dan soal gacor tentu saja tambah rajin. Sebagai saran gunakan kecambah sebagai pakan tambahan saja bukan sebagai pakan utama.

H. Pakan cemilan dari sayur kangkung

Pakan untuk burung lovebird yang bagus

Dikatakan sebagai cemilan karena memang tidak baik apabila kita berikan kangkung secara berlebihan dan setiap harinya. Sayur kangkung sangat baik diberikan kalau lovebird akan diikutkan kontes karena bisa memicu gacornya tambah indah dan lama.

I. Tambahan Jangkrik


Pakan untuk lovebird yang bagus agar gacor

Jangkrik bagi burung sangatlah banyak proteinnya, sebagai penunjang pertumbuhan lovebird dan pengurang tingkat stress. Kita bisa berikan jangkrik jangan berlebihan , bisa dilakukan bisa 2 ekor dalam satu minggu.

J. Makanan dari telur rebus


Pakan burung lovebird yang bagus

Telur rebus juga kita golongkan sebagai pakan tambahan, secara umum kita tahu kandungan protein dari telur rebus sangat tinggi sehingga sangat membantu dalam proses pertumbuhan. Pemberian telur ini bisa kita lakukan dalam waktu 3 sampai 4 kali dalam seminggu dan apabila lovebird dengan usia dewasa bisa kita berikan 1 atau 2 kali seminggu saja, agar terhindar dari obesitas.

K. Pakan tamabahan dari beras merah

Pakan Beras merah untuk lovebird yang bagus

Pakan yang berasal dari beras atau gabah merah mengandung banyak karbohidrat di dalamnya sehingga menunjang daya tahan tubuh lovenird dan membantu proses pertumbuhan.
Pemberian pakan beras merah bisa dilakukan dengan cara mengkombinasikan deengan biji milet supaya lebih terasa berfariasi dan lovebird anda tidak mudah bosan.

L. Bahan pakan dari buah apel

Sebagai tambahan pakan dari buah apel sangat baik diberikan karena kandungan gizinya yang sangat baik, namun buah apel merah ini kelemahannya harga sangat mahal , kalau kita belikan dengan jenis pakan yang lain kemungkinan bisa dapat lebih banyak.
Apel merah untuk burung lovebird yang bagus


Dari berbagai jenis pakan di atas bisa kita rangkum bahwa pakan yang baik untuk burung lovebird kita yaitu yang memiliki kandungan karbohidrat, Protein dan Vitamin. Karbohidrat ini memang sangat dibutuhkan untuk semua mahkluk hidup juga termasuk burung lovebird, karena karbohidrat ini diolah oleh tubuh sebagi sumber energi dan stamina meningkatkan metabolisme sehingga lovebird akan sangat aktif bergerak dan berkicau setiap saat. Protein yang ada dalam kandungan pakan membuat berfungsi untuk pertumbuhan dari usia anakan bahkan dewasa saat bulu-bulu rontok kemudian proses bertelurnya. Protein ini membantu lovebird dari usia telur, anakan dan menuju dewasa bisa tumbuh dengan sehat dan normal.
Vitamin dari kandungan makanan sangat berfungsi baik untuk menunjuang kesehatan dan gacor lovebird, vitamin yang baik dan diperlukan lovebird diantaranya A,B,C,D,E dan K yang bisa kita peroleh dari pakan burung lovebird jenis buah-buahan dan jenis sayuran.



Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya