Kelinci English Anggora Harga Murah

kelinci english anggora, Jenis kelinci ini merupakan termasuk paling populer dan banyak dicari para penggemarnya, harganya pun tetap rasional tidak seperti kalau beternak burung atau ayam aduan yang bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Kalau dipasaran pada umumnya kita dapat memperoleh harga sepasang kelinci dengan usia produktif yaitu Rp. 500.000,- hingga Rp 3.500.000,- dan apabila kita mencari anggora dengan usia yang masih anakan bisa menemukan degan bandrol harga berkisar Rp 60.000,- sampai dengan Rp 150.000,- dan harga bisa menyesuaikan dengan kondisi kelincinya, semakin sehat dan bagus tampilannya tentunya akan lebih mahal.

Baca juga : Jenis kelinci Himalayan

kelinci english anggora harga murah



Ciri-ciri Kelinci English Anggora


Anggora bisa dikatakan suatu "title" dengan karakteristik imut,lucu dan menggemaskan seperti yang terdapat pada jenis kucing anggora dan jenis kambing anggora, yang keunggulan dan keunikan terletak pada bulu yang tebal dan panjang. Pada kelinci english anggora bulu lebat ini tumbuh di sekujur tubuh bahkan pada kepala dan telinganya membuat mata dan hidungnya seperti tidak kelihatan. Bulu yang tumbuh diseluruh tubunya rata-rata berukuran panjang mencapai 2 cm, Dari ketebalan dan keindahan bulunya ini banyak orang memelihara jenis kelinci ini untuk dijadikan kelinci hias dan diternak penghasil wool dari mengambil bulu-bulunya.

Bulu kelinci anggora english


Bulu yang tebal ini berfungsi sebagai pelindung kelinci dari cuaca dingin di benua Eropa dan Amerika. Asal muasal kelinci anggora ini yaitu dari Ankara Turki yang sangat terkenal dengan berbagai macam jenis anggora seperti kucing dan kambing. Kelinci Anggora sendiri masih di pecah dan digolongkan menjadi beberapa jenis diantaranya:

A. Kelinci Anggora Inggris

ciri kelinci jenis anggora

Memang dari berbagai jenis kelinci anggora, kelinci english anggora ini bisa dikatakan paling populer dan banyak disukai karena keunggulan bulu lebatnya bisa sampai dibagian kepala dan telinganya. Kesan yang diberikan dari kelebatan bulunya ini yaitu nampak lucu menggemaskan seperti boneka,bulunya terlebat dari jenis anggora lainnya. Telinga dari jenis anggora iini yiatu berdiri tegak seperti ekor anjing, bobot yang sering dijumpai biasanya 2 kg sampai dengan 4 kg, memang sangat pas untuk dijadikan kelinci hias terlebih kelinci anggora ini memiliki sifat yang sangat jinak.
Baca juga : Bibit kelinci pedaging yang unggul

B. Kelinci Anggora Jenis Giant

kelinci anggora giant

Kelinci anggora giant ini memiliki bulu yang sangat putih dan lebat diseluruh tubuh, namun tidak mencapai di bagian kepalanya. Bobot tubuhnya yaitu 4 kg sampai dengan 6kg, dengan ciri khas matanya berwarna putih berkilau. Varian jenis kelinci ini ditemukan oleh Louis Walsh dengan melakukan persilangan antara jenis kelinci Anggora inggris, kelinci Lop Perancis serta kelinci Flamish Giant. Kelinci Anggora Giant selain dijadikan ternak kelinci hias umumnya diternak diambil bulu-bulunuya untuk dijadikan wool. Untuk menjaga kebersihan dan kualitas bulunya cara beternaknya yaitu dikandang bukan diumbar.

Baca juga : Cara merawat kelinci anggora

C. Kelinci Anggora Perancis

Secara bentuk dan ukuran tubuh anggora perancis hampir memiliki kesamaan dengan jenis kelinci anggora Giant, namun sedikit pembeda yaitu untuk anggora perancis ukurannya sedikit kecil dengan bobot yang sering dijumpai 3kg sampai dengan 5kg dengan ciri khusus terdapat rumbai kecil dibalik belakang kaki, Bulu tebalnya dominan terdapat pada bagian dada. Berbeda yang terjadi pada anggora inggris yang bulu tebalnya mencapai wajah dan telinga.

D. Kelinci Jenis Anggora Jerman 

Secara populasi Kelinci jenis ini banyak ditemukan di negara Amerika Serikat dan juga Kanada, bobotnya berkisar antara 2 kg sampai dengan 5kg , sama dengan jenis kelinci anggora yang lainnya kelebihan kelinci jenis ini yaitu kelebatan bulu halus yang memenuhi tubuhnya,kalau di Indonesia kelinci jenis anggora di pelihara atau diternak sebagai kelinci hias, namun berbeda kalau di luar negri diternak dijadikan penghasil wool yang bagus, namun memang juga ada memeliharanya juga sebagai hiasan.


Seperti beternak jenis kelinci yang lainnya untuk memperoleh kelinci yang hidup sehat dan berkembang dengan bagus kita harus selalu pandai-pandai merawatnya dengan cara memberi pakan teratus jangan sampi terlambat waktunya serta takaran yang pas. Takaran yang pas juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan kelinci english anggora yang kita sayangi.

Untuk menjaga kelembutan bulu-bulunya kita juga harus sering merawatnya dengan cara menyisir bulu nya, tapi jangan terlalu sering yang bisa membuat kerontokan bulu. Bulu yang terawat menghindarkan kelinci dari berbagai kutu dan bisa menjaga kesehatan kulitnya.

Pembersihan kandang yang rutin sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan bulu kelinci anggora supaya tidak menggembel. Pembersihan kandang bisa dilakukan dengan tempo 2 hari sekalai. Pembersihan ruti ini bisa berfungsi sebagai kontrol monitoring kesehatan kelinci juga.

Post terbaru

Pengganti Rockwool Hidroponik Harga Murah