Ternak Kelinci Lokal Yang Potensial

 Secara peluang usaha ternak kelinci lokal merupakan jenis usaha ternak yang tidak bisa dianggap remeh dari segi omset dan penghasilan bersihnya. Secara umum memang kelinci di Indonesia dikembangkan sebagai sumber pedaging alternatif selain unggas. Untuk memulai usaha ternak kelinci jenis lokal tidaklah banyak hambatan, bahkan banyak nilai kemudahan dibanding dengan ternak kelinci jenis lainnya, misalnya dilihat dari segi harga beli bibitnya yang relatif lebih murah dibanding dengan kelinci hias atau kelinci impor. Kelinci ternak lokalan ini juga sangat tahan penyakit dan lebih cepat beradaptasi di alam Indonesia. Untuk memperoleh bibit kelinci jenis lokal tidaklah sulit karena sudah tersebar di wilayah sekitar anda.


Teknik untuk ternak kelinci jenis lokal tidaklah susah yang menguras banyak waktu,tenaga,modal dan pikiran. Kita dapat memeliharanya secara sampingan dari pekerjaan utama kita,namun masih bisa dijalankan dan dikembangkan dengan baik. Nah pastinya sangat membantu anda untuk memperoleh pundi-pundi penghasilan tambahan kan..Untuk memulai beternak kelinci lokal sebainya kita persiapkan dahulu beberapa hal, seperti dibawah

Baca juga : Warna cantik dari kelinci Rex


Persiapan Memulai Ternak Kelinci Lokal


 Ternak kelinci lokal


A. Mempersiapkan Lokasi Kandang


Lokasi kandang ini sangat menunjang keberhasilan anda,apalagi anda beternak sebagai pekerjaan sampingan yang pastinya lokasi yang anda pilih memiliki beberapa kriteria seperti Aman dari serangan hewan pemangsa seperti kucing liar, anjing, tikus werok, dan lain-lain atau bahkan sarang serangga seperti semut rangrang

B. Mempersiapkan Kandang


Kandang yang baik untuk ternak yaitu kandang yang bisa membuat keinci hidup dan berkembang biak, hal itu biasanya yang mempengaruhi adalah ukuran kandang,bahan pembuatan kandang dan desain kandang. Dilihat dari segi ukuran buatlah ukuran setiap skat kandang yang berukuran minimal 1,5x1x1. Untuk segi model kandang desainlah kandang agar tidak bocor saat musim hujan dan terlalu panas terkena cahaya matahari. Bahan pembuatan kandang pilih matrial yang tidak melukai kelinci itu sendiri. Sebainya kalau kandang sudah jadi , kita sediakan sekat khusus untuk pemisah pejantan indukan supaya tidak mengganggu pertumbuhan anakan kelinci

C. Memperhatikan Saat Memilih Bibit Kelinci


Pemilihan bibit ini sangat penting untuk menjaga kelangsungan peternakan anda, pilihlah bibi dengan ukuran bentuk tubuh besar dan bongsor, memiliki pergerakan yang lincah, pada bagian matanya terlihat jernih, berkepala besar dan bulu-bulunya yang bersih. Bibit yang baik akan memberikan keturunan yang baik pula. Semakin berkualitas kelinci lokal kita semakin bagus pula berlangsungnya perputaran kelinci lokal yang kita ternak dan pastinya hasil nya akan lebih baik

Baca juga: Desain dan ukuran kandang kelinci yang bagus


D. Tahap Mengawinkan


Masa kawin kelinci lokal kita yaitu waktu berusia 5 sampai 6 bulan (betina) , dan untuk kelinci jantan berumur 6 sampai 8 bulan. Cara untuk menentukan betina dalam masa kawin yaitu kalau terlihat sering gelisah, dan dagunya sering digaruk-garukkan pada kandang, hal lain yaitu saat kelinci jantan mendekat, kelinci betina tersebut hanya diam.

Saat kita sudah menemui ciri-ciri kelinci betina lokal tadi siap kawin sebaiknya kita masukkan ke kandang kelinci pejantan yang sudak kita sekat tadi. Tunggu hingga kelinci betina dibuahi,apabila kita tidak menunggu waktu pembuahan tadi bisa dilihat tanda-tandanya proses perkawinan sudah selesai yaitu kelinci betina tidak mau didekati lagi oleh pejantan, maka kita sebaiknya sesegera mungkin mengambil kelinci betina tadi dari kandang pejantan.

Baca juga : Ternak kelinci jenis Bligon untuk pedaging

E. Menunggu Masa Kehamilan Kelinci


Masa kelinci hamil yaitu 29- 30 hari, hal ini tentunya sangat menguntungkan karena waktu berkembang biak kelinci sangat cepat, dan dalam sekali melahirkan bisa 6 anakan yang dihasilkan. Saat masa kandungan kelinci menginjak 27 hari, kia siapkan tempat untuk melahirkan dan wadah untuk anakan baru, wadah tadi bisa papan kita buat seperti kubus namun tidak terlalu tinggi tapi tidak ber atap, wadah ini kita desaian seperti sarang , kita bisa menambahkan kapas-kapas atau kain untuk menjaga kehangatan suhu tubuh anakan. Kelinci sangat rentan dengan suhu dingin yang terpapar tubuh secara terus menerus.

F. Cara Merawat Kelinci Lokal


Perawatan kelinci lokal tidaklah sulit, biasanya bisa dimulai dari pemberian pakan yang baik dan bernutrisi, apabila pakan yang dipakai adalah rumput pastikan penyajianya saat rumput tadi sudah layu, Pemberian air minum yang tidak terlambat dan pastinya air dengan kondisi bersih. Saat indukan menyusui anakan beri pakan tepat waktu dan cukup supaya asupan gizi ke anakannya dapat terus berjalan.
Perawatan lainya yaitu pembersihan kandang secara rutin agar ternak kelinci lokal kita tidak mudah terkena berbagai penyakit.


Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen