Kelinci Pedaging Terbaik Untuk Ternak

Kelinci Pedaging Terbaik - Di era jaman modern ini banyak orang mencari alternatif sumber makanan alternatif terbarukan. Dengan nilai kandungan protein yang tinggi dan kadar lemak yang rendah dan bisa diproduksi masal merupakan salah satu potensi dari ternak kelinci pedaging. Kandungan protein di dalam daging kelinci sebesar 20,8 % dan lemak yang sangat rendah yaitu 10,20 %. kelebihan dari kandungan dari daging kelinci, banyak orang berfikir bagai mana cara memperoleh daging jenis kelinci ini secara mudah, mengingat dari kalangan peternak kelinci sangat jarang ditemukan, toh kalau ditemukan peternak kelinci biasanya hanya mampu produksi skala kecil.

Baca juga : Pakan Kelinci Rex Pedaging

Kompetitor atau pesaing yang sangat rendah sebagai produsen daging kelinci, merupakan peluang emas bagi anda yang berminat untuk mengembangkannya. Karena permintaan pasar kebutuhan daging kelinci dilihat dari tahun ke tahun yang sangat meningkat dan kekurangan stok, sangatlah potensial diproduksi masal.

Keunggulan kandungan protein daging kelinci dibandingkan dengan daging ayam broiler, sapi dan juga kambing merupakan salah satu penyebab masyarakat mulai mencoba dan memprioritaskan konsumsi daging kelinci sebagai sumber protein hewani yang bagus. Pemeliharan kelinci pedaging tidak sesulit yang dibayangkan dibanding kalau kita beternak ayam broiler yang membutuhkan lahan luas dengan ongkos pembuatan kandang yang sangat mahal, ditambahi pula pembiayaan pakan yang tidak mungkin ditolak. Tentu saja bagi anda yang bermodal tipis sangat sulit untuk di terapkan. Berbeda apabila kalau anda beternak kelinci jenis pedaging dengan modal terbatas, lahan sempit serta sumber pakan tidak terlalu mahal bisa mencari rerumputan liar.

Baca Juga : Kelinci jenis Bligon yang sangat baik untuk ternak 

Ternak kelinci jenis pedaging bisa dilakukan sebagai pekerjaan sampingan karena mudah dilakukan. Kelinci dalam sekali beranak bisa menghasilkan anakan sekitar 6 atau bisa lebih. dalam tempo kehamilan induk kurang dari 2 bulan, bayangkan saja kalau anda mempunya beberapa indukan sekaligus, perkembangan ternak kelinci anda bisa sangat pesat hanya dalam kurun waktu 1 tahun.

Faktor Yang Perlu Diperhatikan Ternak Kelinci Pedaging


Untuk menjaga kelangsungan peternakan anda sebainya anda melakukan beberapa persiapan juga antisipasi dalam memulai usaha ternak kelinci jenis pedaging supaya memperkecil resiko terjadinya kerugian, diantaranya adalah:
 ternak Kelinci jenis pedaging

 Persiapan dan antisipasi memulai ternak kelinci


- Sediakan tempat lokasi kandang yang bagus yang dirasa nyaman, aman dari segala potensi bahaya predator. Biasanya lokasi yang baik untuk hewan ternak adalah lokasi yang jauh dari keramaian sehingga mengurangi tingkat stres kelinci ternakan kita dalam berkembang biak dan membesarkan anakannya. Tempat yang baik adalah dimana predator tidak bisa memangsa atau melukai kelinci. Predator ini diantaranya seperti anjing, kucing, tikus werok atau bahkan semut rang-rang yang sering mengancam anakan kelinci baru dilahirkan.

Baca juga : Cara merawat bulu kelinci anggora yang baik

- Buatlah kandang dengan ukuran yang layak dan bahan matrian yang tidak melukai kelinci, ukuran kandang yang baik biasanya 1,5 x 1,5 x 1 meter. Dengan ukuran tersebut kelinci bisa meranya nyaman tidak terlalu kesempitan. Pisahkan pejantan indukan dari anakan dan betina karena bisa mengganggu. Bahan kandang yang baik yaitu dari bahan alami seperti kayu, bambu dan papan, untuk atapnya bisa menggunakan asbes juga seng. Untuk ternak secara masal bisa mendesain kandang bersusun dan skat horiszontal memanjang.

Kelinci pedaging terbaik


- Pemberian pakan, pakan yang tepat bisa menunjang kesehatan kelinci. Pakan kelinci bisa berbentu pelet atau bahkan rerumputan, bisa juga dengan mengkombinasikannya. Untuk catatan pemberian pakan berbentuk rerumputan usahakan pemberiannya kalau rumput sudah mulai layu. Kelinci sangat tidak tahan dengan rumput yang masih basah dan berakibat terjadinya mencret atau kembung yang umum di derita.
Kelinci kembung atau mencret bisa menyebabkan kelinci mati seketika.

Ciri-ciri yang bisa dilihat kelinci menderita sakit mencret :

a. Kotoran kelinci terlihat cair atau lembek
b. Keleinci terlihat pasif
c. Mata kelinci nampak sayu
d. Nafsumakan berkurang drastis
e. Perutnya membesar dan kembung
f. Pada perut dan telinga suhunya sangat rendah

Kondisi suhu yang sangat dingin di luar kandang juga bisa berpengaruh dengan kesehatan kelinci. Kelinci tidak tahan dengan suhu yang terlalu dingin, biasanya suhu yang sangat dingin membuat kelinci bisa mati kaku.


Pada saat pemanenan untuk jenis kelinci pedaging New Zealand Hibrida yang berumur 5 bulanan laku dijual dengan harga Rp. 500.000,-
Bayangkan saja keuntungan yang diperoleh anda ketika dalam memproduksi kelinci pedaging secara masal.




Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen