Cara Merawat Kelinci Anggora Yang Baik Dan Benar

Cara Merawat Kelinci Anggora -  merupakan hewan peliharaan yang sangat populer dan digemari di Indonesia karena memiliki bentuk tubuh yang cantik menggemaskan dengan bulu-bulu lembut menyelimuti seluruh tubuhnya, untuk menjaga kondisi bulu lembutnya tetap indah kita harus tau bagaimana cara merawatnya. Hewan kelinci memang merupakan salah satu jenis hewan yang layak untuk dipelihara karena beberapa faktor keindahan serta aman untuk anak-anak kecil.

Cara merawat kelinci  anggora

Baca juga : Usaha ternak kelinci lokal yang potensial

Harga kelinci anggora sangatlah bervariatif namun tergolong lumayan mahal apabila yang sudah memiliki bulu lebat dan terawat. Biasanya di pasar hewan kita bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp.200.000,- untuk indukan. Cara merawat kelinci ini tidak serumit yang kita bayangkan, sama seperti pada kelinci umumya yaitu pemberian pola pakan yang benar, tata cara pemberian pakan, kandang yang baik serta perawatan bulu bagi kelinci jenis anggora.

Tips Dan Cara Merawat Kelinci Anggora 

Tips merawat bulu kelinci anggora

1. Pola pemberian pakan


Pola pemberian pakan harus diperhatikan karena apabila kita dalam memberikan pakan secara tidak teratur biasanya pencernaan kelinci mudah terganggu seperti penyakit umum yang diderita oleh kelinci yaitu kembung. Kembung pada kelinci jangan dianggap remeh, karena kembung yang diderita kelinci anggora bisa berakibat mati kalau dibiarkan secara terus menerus. Berikan pakan secara teratur bisa waktu pagi sebelum siang sekitar jam 10:00  dan waktu sore menjelang malam sekitar jam 17:30

Baca juga : Warna bulu kelinci Rex paling bagus

2. Tata cara pemberian pakan yang benar


Saat memberikan pakan dengan jenis rumput, sebaiknya diberikan ketika kondisi rumput sudah mulai layu. Rumput yang masih segar dan baru dipotong biasanya masih terdapat getah yang membuat kelinci gatal dan terjangkit penyakit kulit di bagian mulut, selain itu rumput yang masih segar biasanya membuat kelinci menjadi mencret. Apabila anda mencari rumput sendiri hindari merumput dipagi hari sebelum pukul 08:00 , karena waktu tersebut rumput masih terdapat embun yang menempel. Embun yang menempel biasanya terdapat berbagai kuman sehingga berbahaya apabila langsung diberikan terhadap kelinci anggora kita.
Pakan dari bahan pelet juga sangat dianjurkan karena biasanya pembuatan pelet sudah diperhatikan kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya, pelet ini sangat mudah dibeli di warung pakan hewan. Pemberian pakan jenis sayuran dan buah-buahan juga bagus untuk perkembangannya kelinci dan kesehatan bulu-bulu, buah ini diantaranya adalah wortel, pepaya, sawi apel dan lainnya.
Namun dilihat dari segi kebersihan kandang biasanya pakan pelet bisa membantu karena pakan pelet tidak membuat kandang nampak kotor dan mudah untuk dibersihkan.


3. Menyediakan Kandang


Kandang yang kita gunakan sebaiknya kandang yang berdesain bagus, mengingat kelinci anggora merupakan jenis kelinci hias alangkah manisnya lagi kalau dikandangkan dengan model yang bagus pula. Kandang yang kita pilih harus memperhatiakn kenyamanan kelinci saat di dalam kandang seperti ukuran yang agak lebar dan kebersihannya terjamin. Kandang yang bersih ini juga berperan menjaga bulu-bulu kelinci anggora tetap bersih tidak menggimbal. Usahakan kandang selalu dalam kondisi kering tidak becek, dengan cara pemberian wadah minum yang berupa instalasi botol yang d tempel dari luar, serta instalasi pembuangan air kencing kelinci yang bagus yang tidak menggenang di dalam kandang.
Lakukan pembersihan kandang secara rutin jangan menunggu rumput atau pakan sampai membusuk di dalam kandang yang bisa memancing datangnya berbagai kuman pembawa penyakit.

Baca juga : Desain kandang kelinci yang bagus 

4. Merawat bulu kelinci anggora


Bulu kelinci anggora merupakan salah satu icon yang sangat mempengaruhi keindahannya maka sebainya kita rawat sebaik mungkin dengan cara sering-sering memandikan bisa dengan tempo 2 minggu sekali dan memberikan shampo agar bulunya tidak kusut. Seringlah anda melakukan penyisiran bulunya dengan sisir yang baik dan bersih. Penyisiran secara rutin ini sangat baik membuat tampilan bulunya tetap lembut dan halus. Setelah semua sudah dilakukan pastikan kandang yang digunakan dengan kondisi kering tidak becek ataupun lembab yang bisa membuat bulu kelinci anggora menjadi menggimbal. Dan apabila bulu kelinci anggora anda sudah terlanjur ada yang menggimbal lakukan pemotongan dengan hati-hati. Bulu yang sudah menggimbal sangat sulit diperbaiki dan apabila kita paksa untuk menyisir bisa membuat kelinci kesakitan. Memang sebaiknya dipotong dengan hati-hati jangan sampai mengenai kulit kelinci, dan apabila sudah terpotong , bulu ini cepat tumbuh kembali dengan kondisi yang lebih bagus.



Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen