Tips Ternak Kelinci Rex Karpet

Para penggemar kelinci pastinya tau dengan salah satu jenis kelinci yang sangat populer di dalam kontes kelinci hias dengan pesona yang khas yaitu kelembutan bulu dan kombinasi warna yang bagus , kelinci ini merupakan jenis rex karpet yang sangat cocok untuk anda ternak maupun pelihara sebagai hobi. Kelinci ini pertama kali ditemukan di negara Prancis pada tahun 1919 yang 5 tahun berlanjut kemudian diikutsertakan dalam kontes di negaranya yaitu Paris International Rabbit Show. Pada kntes tersebut kelinci jenis rex karpet mencuri banyak perhatian dan banyak sekali peminatnya dari seluruh penjuru dunia.

Para penggemar yang berasal dari Indonesia banyak yang mengkombinasikan dengan kelinci jenis lain dan bermunculan berbagai farian. Dalam persilangan ini bisa memunculkan turunan yang bagus untuk tujuan hias dan turunan lain seperti difungsikan sebagai pedaging. Dilihat dari potensi kelinci rex karpet merupakan salah satu potensi bagi anda yang menginginkan usaha kecil sampingan atau bahkan untuk ternak skala besar, mengingat mudah sekali kelinci rex ini diserap oleh pasaran sebagai sumber pedaging maupun sebagai kelinci pelilharaan hias.

Bagi anda yang masih awam untuk mengetahui benar atau tidaknya jenis kelinci rex karpet yang aka anda beli, tidak salahnya mempelajari dahulu tentang ciri-ciri dari kelinci jenis ini.

Ciri-ciri kelinci rex diantaranya:

a. Berat tubuh kelinci ini kalau dalam usia yang pas atau dewasa mencapai 3,5 sampai dengan 5 kg, dan apabila untuk jenis yang mini berukuran 1,4 sampai 2 kg.

b. Memiliki bulu halus menyerupai kain bludru

c. Memiliki bentuk daun telinga dengan posisi tegak dan lebar.

d. Warna bulu utamanya seperti hitam,putih,coklat dan lainnya di selimuti totol atau kombinasi warna pendukung

Untuk memulai anda dalam menjalan kan ternak kelinci rex sebaikanya langkah awal yaitu mempersiapkan kandang terlebih dahulu, karena kandang merupakan faktor yang sangat penting untuk berlangsungnya hidup kelinci yang kita pelihara. Beberapa kriteria kandang yang sehat,aman dan layak yang akan digunakan adalah sebagai berikut :

Baca Juga : Cara Membuat Kandang Kelinci Dari Bambu

Kandang Ternak Kelinci Rex Karpet


Persiapan Untuk Kandang Kelinci Rex Karpet


1. Penempatan kandang kelinci pada lokasi yang jauh dari keramaian dan kebisingan untuk menjaga agar tidak mudah stress

2. Pembuatan alas kandang yang terbuat dari papan maupun bambu yang ditata rapat dengan sedikit celah sebagai mengalirnya air kotoran dan urin kelinci. Penataan alas ini harus rapat supaya tidak terganggu oleh tikus werok yang menyerah dari bawah. Bisa juga anda membuat lantai kandang menjadi 2 lapis, lapisan atas dari papan/bambu, yang lapisan bawah dari ram kawat yang diberi jarak dengan lapisan atas sekitar 1 cm sebagai penghalang gigi tikus mencapai kaki-kaki kelinci. Sebagai catatan apabila anda menggunakan alas dari bahan bambu alangkah baiknya bambu sudah dihaluskan sisi-sisinya agar tidak melukai kelinci rex.

3. Desain kandang dengan kondisi selalu kering alasnya dari kotoran dan urin.

4. Berikan wadah pakan yang didesain tidak terinjak-injak atau bahkan bisa terkena kotoran kelinci sehingga kelinci memakan makanan yang masih dalam kondisi sehat dan bersih.

5. Pastikan kandang jauh dari hewan pemangsa seperti kucing, anjing ,tikus dan bahkan sarang semut.

6. Usahakan kandang dengan atap dan dinding yang apabila terjadi hujan tidak bocor masuk mengenai kelinci. Kelinci merupakan hewan yang tidak tahan dengan suhu dingin secara lama.

Gambar Ternak Kelinci Rex Karpet Lucu


Gambar Kelinci Rex Karpet imut lucu 1


Gambar Kelinci Rex Karpet lucu imut


Pakan Yang Baik Untuk Kelinci


Pemberian pakan terhadap kelinci juga tidak boleh sembarangan ,kita harus mengetahui beberapa kelemahan kelinci terhadap pakan,misalnya pakan dengan kondisi yang basah (rumput atau sayur yang masih segar) ini biasanya kelinci akan mengalami kembung dan sakit mencret. Sebaiknya apabila jenis pakan yang anda berikan seperti rumput, maka tindakan pertama yaitu layukan dulu rumput tersebut, kemudian baru disajikan. Waktu pemberian pakan juga harus diperhatikan , yaitu pukul 07:00 sampai 08:00 apabila pagi, dan pukul 18:00 sampai 19:00 apabila waktu sore. Untuk memperoleh kelinci peliharaan kita yang sehat berikan pelet protein dengan kadar 5-10% atau berikan vitamin tambahan yang bisa dibeli di toko-toko khusus hewan.

Baca juga : Jenis Kelinci Rex Pure Yang Imut

Sebagai catatan lagi bagi anda pemilihara kelinci jenis rex dengan tujuan hias, anda membutuhkan perawatan tambahan untuk menjaga agar tampilannya tetap mempesona dengan menjaga kebersihan dan kelembutan bulu-bulunya dengan cara secara rutin menyisir bulu agar tidak mengempal serta memandikannya secara berkala.

Tips lain agar memelihara kelinci anda berjalan lancar sehat dan berkembang ,anda perlu juga mengantisipasi agar tidak tertular berbagai virus penyakit. Apabila anda mengamati salah satu atau beberapa kelinci anda nampak hilang nafsu makan, lesu, mata kelinci terlihat sayu kurang aktif bergerak dan tubuhnya apabila kita pegang terasa panas, maka segeralah pindah ke kandang khusus yang jauh dari kelinci lainnya, konsultasi pada dokter hewan penyakit apa yang menjangkit serta berikan pengobatan. Untuk kelinci lain yang masih dalam kondisi sehat berikanlah vitamin secara rutin.

Post terbaru

Pengganti Rockwool Hidroponik Harga Murah