Pakan Kelinci Rex : Hias dan Pedaging

Pakan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam ternak atau memelihara jenis kelinci rex pedaging maupun hias sehingga bisa tumbuh sehat dan berkualitas baik. Untuk memberikan jenis pakan harus kita bedakan terlebih dahulu jenis kelinci rex mana yang sedang kita pelihara. Misalnya kalau kita memelihara kelinci rex pedaging ,jangan hanya diberiikan makanan pokok saja tetapi harus diberikan vitamin. Untuk pemberian pakan jangan sampai kurang,karena kelinci pedaging apabila kekurangan makanan akan kurus dan rentan terserang berbagai penyakit sehingga tingkat prokduktifitasnya menurun secara bobot kelinci maupun penurunan reprodusinya.
Pakan yang terbaik untuk kelinc yaitu pakan yang mirip atau menyerupai apa yang didapat kelinci di alam liar, masalahnya kalau kelinci di alam liar mampu memilih makanan yang baik dan makanan yag kurang bai. Bagi kita sebagai petani pastinya kurang memahami selera dari kelinci dan tidak tahu pakan tersebut berdampak positif atau hanya sekedar pengganjal perut kelinci saja.

Jenis-jenis Pakan Kelinci



1.Jenis pakan daun rerumputan


Di alam habitat liarnya kelinci memakan dedaunan, rerumputan liar, buah dan sayuran yang bisa menunjang gizi dan nutrisi dibutuhkan oleh kelinci rex ini. Dan kita sebagai pemelihara kelinci sebisa mungkin memberikan hal-hal tersebut dengan tambahan vitamin atau gizi serta antisipasi bahwa kelinci ini hewan yang sangat sensitif dan mudah sekali terserang penyakit yang diakibatkan dari makanan. Contohnya apabila kita berikan pakan kelinci ini dalam kondisi yang masih hijau segar dan masih baru terpotong ini sangat rawan membuat kelinci menjadi kembung,mencret dan berbagai penyakit lain yang berdampak fatal,apabila kelinci anda dalam kondisi sakit bisa saja hitungan hari kelinci akan mati.
Baca Juga : Cara sukses ternak kelinci Rex

Tata cara memberikan pakan kelinci yang bersumber dari hijauan atau dari merumput. Hindari mencari rumput pada waktu kurang dari jam 8 pagi, karena waktu sebelum jam 8 pagi rumput masih terdapat basah embun, dan embun ini merupakan air yang masih mengandung banyak kuman menempel di rumput yang mengembun,apabila tetap kita berikan kelinci akan cepat terserang penyakit pencernaan. Sebaiknya ketika habis merumput , rumput kita diamkan dan kita angin-anginkan kurang lebih selama 3-6 jam dan kemudian barulah dikasihkan ke kelinci. Proses angin-angin terhadap rumput ini supaya kering dan menghilangkan kadar air serta zat-zat beracun yang membahayakan pencernaan kelinci rex ini. Apalagi jenis rumput atau sayuran seperti kangkung atau daun singkong yang sangat mengandung banyak cairan dan getah, harus lebih waspada dalam memberikan pakannya.

Sebagai catatan juga apabila memberikan pakan sebaiknya kita sudah persiapkan terlebih dahulu wadah pakan yang dipastikan tidak terinjak-injak atau terkena kotoran dan urin kelinci. Penempatan wadah juga merupakan salah satu faktor penting menjaga kesehatan kelinci.
Baca Juga : Cara mudah membuat kandang kelinci dari bambu


2. Jenis Pakan Kelinci Rex Berupa Biji-bijian

Makanan jenis biji-bijian bisa dikatakan jenis pakan yang banyak mengandung nutrisi yang mampu membangkitkan energi serta menjaga kekebalan kelinci. Pada kelinci yang sedang menyusui anakan nya pakan berupa biji-bijian bisa mampu membuat lancar susu untuk menyusui dan kandungan nutrisi susu pada induk meningkat kualitasnya. Contoh pakan biji-bijian yang bagus untuk kelinci yaitu seperti jagung, gandum, kacang tanah, padi, kedelai ataupun kacang hijau. Cara menyajikannya dengan cara menumbuk atau blender biji-biji tadi secara halus ataupun kasar untuk mempermudah kelinci memakan dan mencernanya. Teknik penyajian lain yaitu direbus setengah matang sehingga kelembekan biji tadi bisa mudah dimakan kelinci.

3. Pakan Kelinci Jenis Kosentrat


Bagi peternak kelinci rex pedaging pakan jenis kosentrat sangat disarankan, karena kandungan pakan kosentrat sudah ditakar gizi dan nutrisinya. Pakan kosentrat mampu membuat kelinci cepat menjadi gemuk dan berbobot. Pakan kosentrat diberikan sebagai tambahan setelah pakan hijauan sudah diberikan. Karena pakan hijauan merupakan sumber vitamin alami yang bagus. Pakan kosntrat bisa di berikan 2 kali sehari bisa waktu pagi atau saat sore menjelang malam. Kosentrat bisa kita kombinasikan campurannya dengan bahan lain seperti vitamin,ampas tahu, ampas tapioka, bekatul dan lain-lain.

Baca Juga : Jenis kelinci rex pure /karpet


Gambar Kelinci lucu Rex


Gambar Kelinci Rex pakan hias atau pedaging

Gambar contoh Pakan Kelinci Rex


Pakan Kelinci Rex lucu untuk hias



4. Pakan Kelinci Jenis Pelet


Pakan jenis pelet sangat dianjurkan bagi peternak kelinci rex jenis hias,pakan pelet ini lebih mudah lebih hegienis dan kesannya membuat kandang lebih bersih yang mengurangi kerusakan bulu kelinci menjadi gimbal saat kandangnya basah. Kandungan gizi dari jenis pakan pelet lebih komplit dibandingkan jenis pakan yang lain. Cara pembuatannya kita campur adonan yang akan kita giling disesuaikan adonan tadi dengan kandungan bahan yang bernutrisi baik, kemudian digiling dan dicetak langsung oleh mesin.

Seikian sedikit sharing tentang pakan kelinci rex yang baik untuk kelangsungan hidup kelinci.

Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen