Mesin Frais Horizontal dan Vertikal

Mesin Frais Horizontal dan Vertikal - Merupakan suatu alat permesinan yang dipergunakan untuk menyelesaikan benda kerja dengan cara melakukan putaran alat pemotong/pisau pemotong (cutter) dengan putaran pada sumbu mesin dan menyayat benda kerja sesuai dengan gambar / bentuk teknik yang dikehendaki. Mesin ini bekerja dengan gerakan utama yaitu motor mesin yang berputar secara elektrik dan diteruskan putaran tersebut secara mekanis terhadap mata pisau frais (cutter) yang sudah dipasang pada spindel. Putaran mata pisau frais yaitu gerakannya searah dengan jarum jam / clock wise ataupun bisa di setting berlawanan dengan jarum jam/ couter clock wise yang disesuaikan dengan arah mata pisau frais.
Baca juga : Mesin Cnc Frais 

Secara umum mesin frais ini dipergunakan dalam pengerjaan meratakan permukaan benda kerja, pembutan alur , pembuatan roda gigi dengan ukuran yang presisi, membuat benda ber bidang atau segi yang banyak dengan ukuran presisi, serta bisa digunakan untuk pelubangan.
Sistem kerjanya mesin frais ini adalah benda kita ragum/klem pada meja mesin dengan melakukan pergerakan memutar kepala pembagi, cross handle ataupun vertical handle ke arah mendekati mata pisau mesin frais dan terjadilah proses penyayatan.
Baca Juga : Mesin Bubut CNC

Untuk menghendaki pengukuran kedalaman pemakanan / penyayatan benda kerja sesuai dengan putaran handle maka sebelum dilakukan proses penyayatan terlebih dahulu mencara titik zero setting, dan berlanjut mensetting kedudukan putaran handle pada posisi angka NoL.

Perbedaan Mesin Frais Horizontal Dan Vertical

Mesin Frais Horizontal dan Vertikal


Frais Horizontal :


Spesifikasi mesin frais dengan tipe horisontal ini adalah spindel yang disetting dan dipasang secara mendatar atau horizontal dengan tipe pengerjaan benda kerja dengan bidang mendatar dan pembuatan alur. Mesin frais tipe ini merupakan jenis knee dengan bentuk hampir sama dengan jenis mesin frais universal/tipe bed.

Mesin Frais Horizontal dan Vertikal universal


Pergerakan mesin ini secara longitudinal maju mundur dengan cara seting otomatis maupun digerakkan secara manual dengan kedudukan spindel dengan arah horizontal. Alas atau base mesin frais ini terbuat dari jenis besi tuang atau cor kelabu. Pada base merupakan bagian mesin frais yang terkletak pada bagian paling bawah dan diikat pada lantai denga cara membautnya. Pada kolom base terdapat pompa yang berguna untuk mensirkulasi pendingin coolent pemotong yang turun kebawah dan sebelumnya sudah tersaring oleh saringan bed meja mesin dan diturungkan dengan saluran sejenis selang yang terhubung dari bed mesin ke base. Dan Pompa yang terdapat di dalam base akan menaikkan dengan selang yang diarahkan ke cutter sehingga cutter dapat menyayat benda kerja dengan tempo lama dan tidak kelebihan panas gesekan yang membuat rusak cutter.

Bagian kolom juga terdapat roda gigi pengatur kecepatan motor dengan sabuk transmisi atau van belt. Bisa dikatan kolom merupakan salah satu bagian utama dari mesin frais yang dimana ditempatkan lengan mesin dan spindel pemasang arbor. Putaran mesin ini bisa di stel dengan cara melihat tabel yang ada di bagian dinding mesin. Kecepatan potong bisa disesuaikan dengan berbagai kriteria,contoh diantaranya yaitu ketebalan penyayatan, jenis bahan benda kerja, serta jenis bahan cutter.
Baca juga : Mesin Bor Duduk 


Frais Vertical 


Mesin vertical ini spindel di rancang/dipasang dengan cara tegak lurus. Seluruh komponen yang terdapat pada mesin frais vertical ini memang sama yang ada pada mesin frais horizontal yang membedakan hanyalah posisi pemasangan spindelnya. Menagapa dibuat atau dipasang secara vertical ? tentu saja membuat mesin mampu mengerjakan pengerjaan benda kerja yang tidak mampu dilakukan menggunakan mesin frais jenis horizontal . Biasanya pembuatan frais alur ekor burung , pembuatan alur T  ataupun alur tanpa ujung / blind slot. Kepala penggerak cutter nya dapat dengan menghendaki besaran sudut yang diinginkan bahkan diputar menghadap atas.

Mesin Frais Horizontal dan Vertikal Perbedaan


 Pahat yang bisanya digunakan saat memakai mesin frais vertikal yaitu pahat jenis jari,Penyetelan kemiringan kepala tetap ini memungkinkan kita mampu mengefrais benda kerja dengan kemiringan sudut dalam sekali settingan.

Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen