Manfaat Memelihara Kelinci Bagi Manusia

Memiliki hewan peliharaan memang umum dilakukan di negara kita Indonesia, Suatu keasikan tersendiri dapat memelihara hewan kesayangan seperti kelinci yang sangat lucu dan menggemaskan. Cara memelihara kelincipun  tidak sangat ribet dan sulit dibanding dengan memelihara jenis hewan lain seperti burung anjing dan kucing. Manfaat dari memelihara hewan kelinci juga sangat diraskan untuk membantu mengurangi stress kita apabila lelah bekerja serta menghibur anak-anak dan keluarga kita.

Bagi anda yang memiliki lahan luas sangat menyenangkan dan menguntungkan untuk memelihara kelinci secra umbaran karena bisa melihat kelinci berlari kesana-kesini yang sangat menghibur bagi siapapun yang melihatnya. Bagi anda yang bertujuan memelihara hewan kelinci untuk hiasan atau hiburan disarankan memelihanya dengan sistem umbaran sehingga kesannya bisa lebih menarik dilihat, berbeda apabila kita memelihara kelinci dengan tujuan diambil dagingnya yang tepat menggunakan metode pengandangan bersekat.
Dan apabila anda memelihara kelinci hias namun tidak memiliki halaman yang luas, bisa saja anda membuat model kandang untuk kelinci dengan desain yang bagus dan berkualitas, sehingga daya tariknya tetap terlihat menarik.

Contoh Manfaat Kelinci Bagi Manusia


gambar kelinci lucu di halaman

Baca juga : Jenis kelinci pedaging yang cepat tumbuh besar 

Secara pengalaman pribadi sebagai pemelihara kelinci telah meraskan manfaat setelah memelihara kelinci di rumah, dan masih setia untuk memeliharanya sampai saat ini. Yang saya jabarkan disini manfaat memelihara kelinci bagi manusia bukan merupakan riset secara ilmiah, namun saya garis besari manfaat berdasarkan pengalaman saya pribadi...hehehe mohon maaf, namun siapa tahu kesenangan yang saya dapatkan dari memelihara kelinci sama dengan pengalaman yang akan anda dapatkan setelahnya. Manfaat itu di antaranya adalah :

a. kelinci dapat menghibur kita


Ketika kita memeliharanya dan memberikan pakan kepada kelinci di situ ada perasaan terhibur dengan melihat kelucuannya secara dekat, apalagi bisa menyentuhnya dan membelai lembut bulu halusnya. Ini merupakan hiburan sore saya setelah melakukan aktifitas kerja sepanjang hari.

b. Membuat kita tabah disiplin


Sebenarnya disiplin yang kita dapatkan dalam masalah waktu pemberian pakan, kita bayangkan saja memelihara selama seminggu lebih kita akan terbiasa memberikan pakan secara tepat waktu, karena pakan kelinci harus diberikan dengan tepat waktu untk menjaga kesehatannya. Dari kegiatan pemberian pakan ini kita secara otomatis akan membiasakan diri bertindak tepat waktu agar kelinci kita tidak kelaparan dan terkana penyakit.

Baca juga : Kelinci hias jenis rex pure dan karpet

c. Membantu membersihkan rumput halaman 


manfaat kelinci ternak umbaran

Kalau kita memelihara kelinci dihalaman rumah dengan cara diumbar secara otomatis kelinci-kelinci kita akan memakannya, kalaupun tidak kita yang akan memotongnya dan menyajikan rumput tadi ke kelinci, hal ini pasti saya lakukan karena memperoleh pakan kelinci yang dekat dan murah hanya disekitaran rumah, nahh setelah saya lakukan pemeliharaan lebih dari seminggu sudah terasa halaman saya sudah bersih dari rumput liar.

d. Sebagai teman bermain anak


Secara otomatis anak-anak saya dan anak tetangga saya sering berinteraksi dengan kelinci sehingga anak-anakpun terhibur tidak perlu bermain keluar rumah terus dan bisa sebagai selingan anak betah di rumah. Anak pun bisa tumbuh rasa empatinya mengasihi makhluk lain dan merawatnya.

e. Manambah pengetahuan


Gambar Kelinci lucu dan imut membuat sarang


Secara pribadi saya sering mengamati kelinci saya dan berfikir kelinci saya biar tetap hidup sehat serta mampu berkembang biak. Dari kejadian tadi saya sering melakukan percobaan dengan menyilangkan dengan berbagai jenis kelinci sehingga dapat memperoleh keturunan yang baik.

f. Menambah penghasilan 


Secara finansial kelinci sangat ekonomis untuk dikembangkan untuk dijual, kalau saya menjualnya dalam bentuk kelinci hias yang nilai jualnya lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kelinci pedaging. Bayangkan saja dalam sekali periode beranak kelinci mampu melahirkan lebih 6 ekor anak, dan satu ekor kelinci hias apabila saya jual bisa mencapai harga Rp. 300.000,- per ekornya. Padahal saya memelihara kelinci lebih dari satu pasang,heheheh pastinya sangat menyenangkan.

Baca juga : Tips pemberian pakan kelinci yang benar

g. manfaat daging


Bagi sebagian orang menyukai daging kelinci karena rasanya yang sangat unik dan lezat, kandungan gizinyapun sangat baik bagi tubuh manusia.

f. Sumber pupuk hewani


Kotoran kelinci merupakan kotoran yang mampu dijadikan pupuk kualitas tinggi, dibandingkan dengan kotoran ayam,kambing dan sapi. Kotoran kelinci berupa urin biasanya banyak dicari orang sebagai pupuk tanaman bunga yang harganya mahal.

Dari berbagai manfaat tadi di atas merupakan contoh dari saya setelah memelihara dan mengembangkan kelinci secara rumahan, dan pastinya banyak manfaat yang lebih besar bagi anda yang mau mencobanya untuk ternak memelihara kelinci secara rumahan ataupun bersekala besar.

Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya