Kelinci Bligon Untuk Ternak Pedaging

Bligon - Kebanyakan semua orang sangat suka melihat hewan kelinci  tanpa ada rasa takut ataupun jijik. Maka dari itu kelinci merupakan salah satu jenis hewan populer untuk dipelihara dikalangan pecinta hewan. Dari sudut pandang yang lain daging kelincipun rasanya lezat dengan kaya manfaat bagi tubuh manusia.

Kelinci bligon merupakan salah satu jenis kelinci yang cocok dipelihara sebagai kelinci pedaging, karena memiliki postur tubuh yang besar sehingga memiliki banyak daging. Kelinci bligon merupakan hasil persilangan dari kelinci Indo dengan kelinci Australia. Kelebihan lain dari kelinci bligon yaitu memiliki daya reprodusi yang tinggi, karena setiap masa melahirkan menghasilkan banyak anak sekaligus.

Mengenal Jenis Kelinci Bligon 


Gambar Kelinci Bligon Untuk Ternak Pedaging


Dengan kelebihan dari jenis kelinci bligon dalam menghasilkan daging serta peranakan yang banyak, banyak para peternak kelinci pedaging yang memilih jenis kelinci ini yang dianggap sangat menguntungkan. Kalau kita survey harga di pasaran dengan umur dewasa harganya bisa mencapai Rp.250.000,- /ekor. Daging kelinci dari jenis bligon sangat baik untuk di olah menjadi makanan seperti sate karena cita rasanya yang lezat dan khas, struktur daging yang tidak mudah hancur saat dibakar. Sebagai pengetahuan saja di bawah merupakan manfaat dari daging olahan kelinci yang bagus untuk tubuh manusia.
Baca Juga : Jenis kelinci pedaging yang tumbuh besar dengan cepat

Manfaat Daging Kelinci Bligon

gambar Kelinci Lucu Bligon


a. Dagung kelinci merupakan salah satu daging yang mutu gizinya jauh lebih bagus dibandingkan daging yang berasal dari hewan jenis lain. Keunikan dari daging kelinci ini yaitu mampu menurunkan kadar kolestrol yang ada pada tubuh kita.

b. Daging kelinci bligon ini memiliki kadar lemak yang sangat rendah dan kandungan natrium yang sangat tinggi, cocok dikonsumsi bagi yang sedang melakukan program diet. Jada bagi yang sedang berdiet tidak khawatir akan kekurangan nutrisi.

c. Secara klinis dianjurkan bagi orang lanjut usia yang sedang mengidap sakit jantung maupun berbagai penyakit usia tua.

Baca juga : Pakan kelinci untuk jenis pedaging dan hias

Dari keunggulan dan manfaat dari daging kelinci di atas tidak heran kalau pasaran sangat kekurangan stok daging kelinci yang tidak seimbang dengan permintaan yang sangat tinggi terhadap jumlah para produsen ternak kelinci pedaging. Apabila kita lihat dari sudut pandang bisnis maka ini adalah salah satu peluang usaha yang menggiurkan. Kenapa demikian,?? tentu saja ternak kelinci pedaging jenis bligon merupakan jenis usaha yang mudah dilaksanakan dengan modal yang sedikit. Dalam tempo beberapa bulan saja indukan dapat menghasilkan peranakan yang banyak, bayangkan saja kalau ternak kita ada beberapa indukan yang siap kawin. Dibandingkan ternak kelinci pedaging jenis bligon dan jenis rex secara hitungan kalkulatif ternyata lebih menguntungkan jenis bligon, Karena ukuran bligon yang lebih panjang dan besar dan produktifitas anakan dari kelinci jenis rex yang maksimal hanya mampu 6 ekor anakan kalah dari jenis bligon yang mampu beranak lebih dari 6 ekor sekali periode.
Baca juga : Manfaat memelihara kelinci bagi masnusia

Cara Ternak Kelinci Bligon

Gambar Kelinci Bligon Ternak Pedaging

1. Penjodohan kelinci jenis ini alangkah baiknya dilakukan sejak usia kelinci masih kecil, karena kalau kelinci bligon sudah berumur dewasa sering bersifat agresif terhadap terirorial sehingga sulit dijodohkan.

2. Memberikan kandang yang besar sesuai dengan ukuran kelinci bligon yang besar.

3. Kelinci ini memang baik digunakan untuk peternak daging jadi kalau anda hanya memelihara saja pasti akan kualahan karena sekali beranak jenis bligon yang mampu menghasilkan sekitar 10 ekor anak, dalam selang beberapa bulan akan melakukan perkawanian lagi dan terus berulang, sehingga kalau tidak mempersiapkan kandang dan pakan akan kualahan.

4. Sebagai saran apabila tujuan pemeliharaan untuk pedaging jangan lakukan persilangan dengan jenis kelinci lain seperti jenis pure breed, karena hasil turunannya berkualitas menurun secara ukuran bentuk tubuh dan bobot

Nah bagi anda yang pemula sebelum memulai usaha peternakan kelinci harus lebih jeli untuk memilih dan memilah kelinci yang bagus dan indukan yang bagus untuk menjaga kualitas hasil produksi daging kelinci anda lancar. Indukan yang bagus merupakan salah satu faktor penting berlangsungnya ternak kelinci pedaging anda jenis bligon.

Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen