Kandang Kelinci Untuk Ternak Yang Baik

Kandang kelinci merupakan salah satu hal harus mendapat perhatian dalam anda memulai ternak kelinci. Apapun jenis kelinci yang akan pelihara anda harus mendahulukan tentang kelayakan kandang. Untuk model desain kandang kelinci bisa anda sesuaikan sesuai kebutuhan ,contohnya apabila anda ingin ternak kelinci model hias sebaiknya desainlah kandang sebagus yang anda ingini. Kelinci itu merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat jinak dan mudah dalam perawatannya. Untuk bagi para peternak sebagai profesi tambahan penghasilan juga sangat menggiurkan karena dilihat dari segi nilai jual dipasar yang sangat tinggi serta para pemelihara kelinci masih sedikit, ini menjadikan peluang yang sangat terbuka bagi anda yang masih pemula dalam memelihara.

Untuk referensi saja apabila anda meninginkan kelinci dengan target pasaran jenis hias sebaiknya anda juga memilih jenis dan bibit kelinci jenis hias jangan setengah-setengah. Karena kalau kelinci hias memiliki nilai jual dan pasaran yang baik. Untuk mendukung usaha ternak kelinci hias anda juga bisa mengembangkan lagi dengan produksi dan menjual kandang ternak kelinci hias. Berbeda kalau anda ingin memulai usaha ternak kelinci dengan target pasaran sebagai kelinci pedaging, anda tidak memerlukan kandang dengan model desain yang bagus ,anda hanya memperhatikan tentang keamanan, kesehatan, kebersihan serta pembuangan limbah kotoran yang bagus.

Kandang untuk Kelinci Ternak hias


Keuntungan Mendesaian Kandang Kelinci Ternak Sendiri


Kalau dilihat dari segi keuntungan beternak kelinci anda bisa membandingkan dengan ternak kambing atau sapi atau hewan lainnya, diantaranya:

a. Pakan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak

c. Dapat beranak lebih dari 6 ekor sekali beranak

d. Proses pertumbuhan yang relatif cepat

e. Nilai jual dan kebutuhan pasar yang masih tinggi

f. Harga untuk ternak kelinci jenis hias sangat menguntungkan

g. Membutuhkan kandang dengan lokasi lahan yang tidak terlalu besar

h. Mudah perawatannya

j. Kandang yang dapat dibuat dengan modal yang minim.

Baca Juga : Kandang sederhana untuk kelinci namun berkualitas


Untuk memulai beternaknya alangkah bainya kalau kita mempersiapkan lahan atau desain kandang yang akan digunakan. Kandang yang akan digunakan untuk ternak kelinci sebaiknya memiliki kriteria yang baik untuk menjaga keberlangsungan ternak anda yang tentunya mengutamakan beberapa aspek,

Aspek Yang Diperhatikan Pembuatan Kandang Ternak


Kandang Ternak Untuk Kelinci Modern


Tips kandang buat Ternak kelinci Bagus


Cara Buat kandang buat Ternak kelinci


Kandang Kelinci Ternak produksi daging


Model desain Kandang untuk  ternak kelinci hias



1. Ukuran Kandang

Ukuran kandang ini harus benar-benar diperhatikan, ukuran ini bukan berarti ukuran keseluruhan dari total kandang ternak kelinci anda, namun ukuran tiap sekat atau tiap ukuran kamar kandangnya. Kalau anda membuat kandang model bersusun atan memanjang dengan jumlah sekat yang banyak itu tidak masalah, yang pasti ukuran panjang,lebar dan tinggi tiap skat itu cukup untuk 3 atau 4 ekor saja, karena kalau terlalu sempit ,kelinci kurang bisa bergerak dan leluasa sehingga kelinci mudah setres. Untuk ukuran yang terlalu besar juga kurang bagus bagi efektifitas anda dalam beternak karena memakan banyak ruang lahan yang kita punya sehingga seharusnya kita mampu membuat skat kandang yang banyak dari ukuran yang terlalu besar sehingga hanya beberapa saja yang bisa kita buat.
Baca juga : Ternak Kelinci New Zealand

2. Model Kandang


Secara umum apabila kita sebagai produsen kelinci tidak terlalu memperhatikan bentuk kandang yang bagus dan kesannya mewah, kita hanya perlu mendesain kandang dengan model yang memprioritaskan kehangatan kandang, cocok sebagai perkembangbiayakan, aman dari serangan hewan pemangsa serta sirkulasi udara yang baik tidak lembab. Namun bagi anda yang menginginkan nilai lebih dari kandang kelinci ternak anda bisa mendesain kandang secra bagus dengan tampilan mewah, kandang tersebut bisa anda buat dari bahan-bahan pilihan seperti galvanis, kayu papan, ram kawat alumunium dan lain-lain. Dengan model kandang yang bagus anda bisa juga menjualnya dengan nilai ekonomis, mengingat bagi penggemar kelinci hias tidak menginginkan kandang yang alakadarnya.
Baca juga : Desain kandang kelinci dari bambu

                             Desain dan ukuran yang benar untuk kandang

3. Alas / Lantai Kandang


Alas kandang yang baik yaitu memiliki kriteria diantaranya terbuat dari bahan material bambu atau kayu, kalau anda menggunakan kawat ram harus menabahkan beberapa papan kayu , karena apabila lantai kandang kelinci yang full dengan kawat ram, kaki kelinci menginjak kawat ram secara terus menerus membuat kaki kelinci akan kesakitan, dan kekurangan yang lain yaitu angin bisa langsung masuk kandang sehingga kelinci kedinginan. Sebainya gunakan alas kandang dari bahan papan dan bambu, namun dengan catatan apabila alas dari bambu anda halus menatanya agak rapat serta menghaluskan sisinya agar tidak tajam, sehingga apabila kelinci kakinya terjepit tidak terluka.
Utamakan tetap ada celah di alas kandang supaya air kotoran urine bisa langsung terbuang.

4. Penempatan Kandang Untuk Ternak


Penempatan kandang menjadi penting karena bisa mempengaruhi beberapa hal diantaranya kesehatan dan keamanan kelinci. Pastikan lokasi penempatan kandang dengan tempat yang teduh tidak bocor terkena air hujan, namun masih bisa terkena pancaran sinar matahari. Lokasikan kandang dengan temat jauh dari keramaian dan hewan pemangsa seperti anjing, kucing, tikus werok, dan koloni semut.

5. Jarak Kandang Dari Tanah


Jarak kandang dari tanah juga harus diperhatikan karena kalau kandang menempel di tanah akan terkontaminasi bakteri,kotoran serta hewan pemangsa seperti tikus yang sangat membuat kelinci ternak kita tidak nyaman menempatinya. Buatlah jarak kandang yang baik dengan jarak sekitar lebih 50 cm dari tanah.

Demikian di atas merupakan sedikit tips tentang desain model kandang kelinci untuk ternak bagi anda. Semoga menjadi inspirasi bagi anda yang ingin memulai usaha ternak kelinci.



Post terbaru

Pengganti Rockwool Hidroponik Harga Murah