Kandang Kelinci Sederhana (Murah) Efektif

Kandang Kelinci  merupakan salah satu tahap penting dalam persiapan untuk memulai ternak kelinci, berhasil atau tidaknya suatu ternak kelinci juga dipengaruhi dari kandang yang dipakai,sederhana tidak masalah. Kandang ini bukan berarti kandang dengan kualitas mewah saja, namun kandang yang dimaksud merupakan kandang yang bisa menjamin kesehatan, keamanan serta kenyamanan kelinci untuk hidup serta berkembangbiak. Faktor kriteria kandang yang tersebut tadi ,bisa kita penuhi atau kita buat secara mandiri tanpa mengeluarkan biaya yang banyak.

Desain kandang dengan model sederhana yang menghemat biaya dan ruang penempatannya yaitu dengan model bersusun 2 lantai atau lebih, secara memanjang atau melebar disesuaikan lahan yang ada. Kandang berlantai 2 atau lebih ini kita buat dari bahan matrial yang murah , diantaranya bambu, kayu reng atau usuk, galvalum, bahkan tipe kandang umbaran.

Tips dan Cara Membuat Kandang Kelinci Sederhana


Cara membuat kandang  ini merupakan pekerjaan yang mudah namun tidak bisa dianggap remeh, kita harus memperhatikan beberapa aspek penting untuk menunjang berlangsungnya ternak kelinci anda.

Ketentuan Yang Harus Diperhatikan Dari Desain Kandang  


a. Kebersihan
b. Lantai kandang
c. Tidak bocor
d. Hangat pada saat malam hari
e. Jauh dari lingkungan yang sangat ramai
f. Aman dari hewan pemangsa
g. Penempatan wadah pakan yang tidak bisa di injak-injak dan terkena kotoran kelinci
h. Saluran pembuangan urin kelinci yang baik.
i. Ukuran yang sesuai

Dari kriteria di atas merupakan syarat minimum untuk kandang yang sederna namun memenuhi untuk dihuni kelinci kita. Kesehatan kelinci- kelinci kita merupakan tolak ukur keberhasilan ternak kelinci yang kita lakukan.


Kandang Buat Kelinci papan dan ram sederhana

Kandang Buat Kelinci kayu usuk sederhana

 Baca juga : Tips cara pemberian pakan kelinci yang benar


Kandang Untuk Kelinci Bambu Sederhana

Kandang Kelinci Sederhana

Kandang Untuk Kelinci  Bertingkat Sederhana

Baca Juga : Tips memilih jenis kelinci pedaging yang cepat tumbuh besar


Kandang Untuk Kelinci Model Sederhana

Kandang Isi Kelinci Desain Sederhana


Interior Kandang  Buat Kelinci Sederhana

 Baca Juga : Manfaat memelihara kelinci 

Kandang Untuk Kelinci Alas Sederhana

Kandang Kelinci Bahan Kombinasi Sederhana

Kandang Buat Kelinci Mewah Sederhana




Kandang Buat Kelinci anggaran bahan Sederhana



Baca juga : Ternak kelinci Bligon pedaging


Untuk menghemat biaya dalam tipe kandang kategori sederhana, anda bisa memilih material dari bambu dengan kombinasi kawat ram dan papan bekas yang harga dan bahanya terjangkau bagi kita yang memiliki modal tipis.

Pembuatan lantai kandang merupakan hal yang penting harus diperhatikan karena lantai kandang yang tidak diberikan celah sedikitpun untuk resapan air urin kelinci akan mengakibatkan kandang sangat kotor dan selalu dalam keadaan basah, kandang yang basah merupakan sumber kuman bakteri yang membuat kelinci kita mudah sakit-sakitan. Catatan bagi kita yang membuat kandang dari bahan bambu , maka perhatikan saat proses pembuatan alas, sebaiknya kasih jarak yang tidak terlalu lebar antara belahan bambu yang satu dengan yang lain, kupas atau haluskan sisi-sisi bambu hingga tidak terasa tajam, hal tersebut diperlukan karena apabila terjadai kaki kelinci terjepit di alas kandang tidak mengalami luka gores antara belahan bambu-bambu.

Kandang yang sehat biasanya terbuat dari bahan alami yang bagi kelinci sendiri merasa tidak asing adaptasi seperti di alam liar, bahan tersebut diantaranya bambu dan kayu, akan tetapi apabila anda sudah terlanjur menggunakan bahan ram kawat alangkah baiknya tidak digunakan sebagai alas pijakan kaki kelinci. Kaki kelinci yang secara terus menerus menginjak kawat ram biasanya kan merasa lelah dan sakit, berikanlah papan satu atau 2 lembar sebagai pijakan ubtuk istirahat tidak terus menerus mencengkram kawat ram.

Rawatlah kandang dari berbagai ancaman seperti hewan semut pemangsa yang apabila saat kelinci berkembang biak anakan potensi untuk dkerumuni semut-semut yang gatal. Berikan kaki kaki kandang atau sisi kandang dengan kapur ajaib.

Pembersihan kandang, hal ini wajib dilakukan secara rutin, tempoya lebih pendek lebih baik , sehingga kandang bebas kotoran yang diproduksi kelinci, usahakan kandang selalu dalam kondisi kering . Jaga dan amati atap kandang, pastikan atap yang kita buat tidak bocor dan langsung mengenai kelinci.


Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen