Fungsi Mesin Frais Horizontal Universal

Fungsi mesin frais horizontal - Pada pembelajaran teknik permesinan selain mempelajari dari mesin bubut , mesin scrab, pengelasan dan pengeboran bahkan teknik jenis pemesinan lainnya di luar sana,  kurang lengkap dan dikatakan belum ahli ketika belum menguasai teknik mesin frais. Mesin frais ini jenisnya sendiri ada bermacam-macam, yaitu mesin frais horizontal, mesin frais vertical dan mesin frais universal, Bahkan modern ini sering kita jumpai mesin frais canggih yang dioperasikan secara computerisasi yaitu mesin frais jenis CNC.

Baca juga : Perbedaan mesin frais horizontal dan vertical 

Bagian Mesin Frais Dan Fungsinya 


Sebelum melakukan pengerjaan menggunakan mesin frais sebaiknya kita mengenal dan fungsi dari bagian mesin frais supaya saat pengoprasiannya dapat berjalan dengan lancar dan baik menghasilkan benda kerja yang berualitas.

Fungsi Mesin Frais Horizontal vertical


Bagian-bagian mesin frais diantaranya :

1. Alas (Bed)
2. Lutut (Knee)
3. Sadel
4. Meja (table)
5. Lengan (Over Arm)
6. Arbor
7. Spindel
8. Kolom


KOLOM 

Merupakan salah satu bagian dari mesin frais yang berfungsi untuk dudukan bagian pendukung lain seperti spindel,lengan, tuas-tuas,lutut dan juga merupakan rumah dari roda gigi transmisi dari motor penggerak yang di kaitkan dengan vanbelt pada pully-pully nya.

Baca juga : Mesin Frais CNC

SPINDEL 

 Funsi utama spindel yaitu bagian poros utama yang memutar arbor yang sudah dipasangi pisau frais (cutter ) untuk melakukan proses pemakanan atau penyayatan benda kerja.

ARBOR 

Merupakan suatu alat sebagai kedudukan pisau-pisau frais , arbor ini sendiri dipasang pada spindel dan memegang erat pisau sehingga saat spindel mesin berputar pahat atau pisau ini terpegang kuat oleh arbor. Pada jenis mesin frais horizontar, arbor dilengkapi dengan cincin-cincin (spacer) dengan fungsi penjepit cutter agar tidak bergeser-geser.  Saat dipasang arbor mesin frais horizontal ditopang dengan alat penopang arbor.

LENGAN/OVER ARM  

Pada jenis horizontal difungsikan sebagai penopang arbor ,lengan terletak di bagian kolom dan badan mesin. Pada bagian bawah lengan ini memiliki alur ekor burung yang berguna untuk mengaitkan penyokong arbor agar tetap sejajar dan tidak jatuh.

MEJA / TABLE  

Seperti namanya meja ini berfungsi sebagai peletak benda kerja yang didikat dengan cekam/ragum, kepala pembagi ,klem serta kepala lepas. Pada meja mesin ini memiliki alur T tang tidak berujung dengan tujuan alur T ini dibuat untuk mengikat klem atau penjepit benda kerja lainnya terhadap meja mesin dengan kuat tidak bergeser ketika pengefrisan berlangsung.
Baca juga : Mesin bubut CNC

SADEL 

Merupakan suatu bagian dari frais yang dipergunakan untuk dudukan meja. Dengan alur ekor burung yang ada pada sedel ini membuat sadel dapat digerakkan secara arah melintang dengan halus. Pergerakan sadel merupakan juga pergerakan meja mesin sehingga untuk mengurangi kerusakan setingan,sadel dilengkapi dengan pengunci agar posisi setingan tidak berubah-rubah.

LUTUT 

Merupakan suatu tempat dudukan sadel, Lutut sendiri di topang oleh kolom mesin, juga batang pengankat. Bagian lutut ini bisa digerakkan dengan cara memutar engkolnya searah jarum jam dan berlawanan jarum jam, apabila searah jarum jam pergerakan lutut ini secara vertikal naik ke atas. Dan sebaliknya apabila engkol diputar berlawanan jarum jam pergerakan lutunya searah vertical ke bawah menjauhi mata pisau mesin frais.

BED ALAS 

Bagian ini merupakan bagian yang posisinya terletak pada bagian paling bawah struktur mesin frais dimana bagian ini berfungsi sebagai penyokong semua bagian komponen mesin frais. Di dalam bed terdapat rongga ruangan yang berguna untuk menyimpan dan mensirkulasi cairan pendingin cutter dan benda kerja dengan cara memompanya ke atas lagi dengan instalasi selang.

Dari bagian-bagian di atas secar umum mesin frais horizontal ini memiliki fungsi megerjakan penyayatan benda kerja secara merata horizontal, dan mampu membuat alur, roda gigi serta bisa melakukan pembuatan benda kerja dengan jumlah sisi yang banyak dengan cara sangat beraturan.

Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen