Desain Dan Ukuran Kandang Kelinci Ternak

Untuk mendapatkan hasil ternak kelinci maka kita harus memperhatikan beberapa hal penunjangnya dantaranya adalah faktor pakan,vitamin, perawatan juga ukuran kandang kelinci.  Untuk ongkos pembiayaan ternak kelinci tergolong lebih murah dibandingkan dengan ongkos ternak hewan jenis lain. Dengan pasaran yang mudah bisa dijual berapa jenis kelinci edaging juga bisa jenis kelinci hias, kadang pembeli juga mengharapkan kelinci yang masih berukuran kecil. Sehingga hal tersebut merupakan faktor potensial untuk kita memulai ternak kelinci.

Point penting sebelum kita memulai ternak kelinci yaitu mempersiapkan kandangnya terlebih dahulu, Kandang ini kita sesuaikan target kita beternak kelinci untuk seperti apa, mau dijual sebagai keinci hias/ pedaging / bahkan pembibitan. Untuk kandang kriteria yang baik ada beberapa tipe yang harus diperhatikan, misalnya untuk kelinci sebagai ternak pedagig berbeda dengan ternak kelinci pembibitan. Kandang ukurannya bisa kita sesuaikan dengan lokasi lahan yang anda miliki, apabila lokasi kandang yang anda miliki tergolong sempit bisa memilih model kandang dengan desain bersusun 2 atau lebih,dengan lebar kandang yang disesuaikan .

Tipe Ideal Ukuran Kandang Kelinci


Untuk ternak kelinci jenis indukan atau perkawinan kita sediakan kandang dengan ukuran yang lebih besar dan dipisahkan dari pejantan yang bukan pasangannya, karena bisa membahayakan anakan kelinci yang dilahirkan. Fasilitas kandang ini merupakan hal penting yang harus dipenuhi,tujuannya untuk pertumbuhan anakan, keamanan dan kesehatan kelinci terjamin, untuk kita pemelihara desainlah kandang dengan model yang mudah untuk melakukan perawatan, pembersihan , serta mudah dalam memasukkan pakan tanpa mengganggu kelinci. Ukuran kandang untuk kelinci yang sedang menyusui anakan sebaiknya berukuran panjang 60 cm , lebar 50 cm dengan tinggi sekitar 70 cm. Bahan yang bisa gunakan dari berbagai matrial ataupun bisa mengkombinasikannya, misalnya dari bahan galvanis, bahan kandang dari bambu, kawat ram dan bahan dari papan kayu.

Kandang ternak kelinci juga sering kita lihat dengan model bersusun, model bersusun juga memiliki fungsi utama yaitu menghemat tempat. Keunggulan lain yaitu menghemat ongkos biaya pembuatan kadang, mudah dalam memantau pertumbuhan kelinci-kelinci yang diternak. Kandang yang dikatakan baik harus memperhatikan beberapa hal diantaranya:

A. Bentuk Kandang


Bentuk kandang dengan model bersusun harus di utamakan jara antar susunannya yang tidak terlalu sempit, jarak susunan yang terlalu sempit membuat sulit kita memberi wadah atau membersihkan kotoran yang jatuh dari susunan kandang yang lebih tinggi. apabila kotoran dari kandang yang berasala dari susunan yang lebih tinggi membuat kandang dibawahnya nampak kotor dan basah sehingga berpotensi menimbulkan kelembapan serta kelembapan ini menimbulkan beberapa kuman penyakit yang membahayakan kelinci. Pastikan bentuk kandang dengan model pengelolaan kotoran kelinci yang mudah, misalnya berikan alas yang miring dan diberi wadah agar kotoran berupa urin atau yang lain bisa otomatis tersalur kepembuangan dan tanpa menunggu lama kotoran tersebut membasahi kandang. Kotoran yang bisa kita olah dan kita salurkan dengan mudah dapat memberikan nilai tambah yaitu bisa kita olah sebagai pupuk heawani. Sering kita dengar urin kelinci sangat banyak dicari karena sangat baik digunakan pupuk tanaman hias.

Baca juga : Kriteria kandang untuk ternak kelinci yang baik

B. Alas Kandang


Alas kandang yang baik yaitu alas yang tidak melukai kelinci serta tidak terlalu terbuka sehingga angin bisa menerpa tubuh kelinci secra terus menerus. Tubuh kelinci bagian bawah, perut merupakan bagian yang bulunya lebih sedikit sehingga kalau terkena hembusan angin dari bawah kandang secara terus menerus akan menyebabkan kelinci menjadi kembung dan mati. Alas yang disusun dengan rongga yang lebar juga sangat membahayakan kelinci dari ancaman tikus pemangsa.Tikus ini waktu malam hari bisa saja menggigit kaki atau bagian tubuh kelinci yang lain yang masuk di sela-sela alas kandang, Apabila alas kandang yang anda gunakan dari bahan bambu sebaiknya susun secara agak rapat yang terpenting diperkirakan urin dan kotoran bisa jatuh , haluskan sisi dari belahan bambu secara halus sehingga tidak melukai kaki kelinci apabila terjepit.


C. Ukuran Kandang


Bagi anda peternak kelinci yang memiliki lahan yang luas, sebaiknya mendesain kandang dengan ukuran yang luas bersekat secara horisontal. Kandang dengan ukuran luas berguna untuk mengurangi terjadinya kelembapan di dalam kandang, Ukuran ideal kandang kelinci yaitu volumnya berkisar 4 kali lebih besar dari kelinci tersebut. Dengan ukuran selebar itu kelinci dapat hidup sehat dan tidak setres.

Ukuran Kandang Kelinci 1
Ukuran kandang kelinci

Desain dan ukuran kandang untuk ternak kelinci 2


Baca juga : Kandang ternak kelinci model sederhana yang efektif

Model Ukuran Untuk  kandang Ternak Kelinci

Membuat Ukuran untuk kandang ternak kelinci 2

D. Jarak Antar Kandang Kelinci


Jarak kandang yang dimaksud merupakan jarak kandang kelinci dari tanah, Kandang kelinci yang menempel ke tanah membuat kelinci kedinginan dan mudah terserang berbagai penyakit. Kandang menempel tanah baik digunakan kalau kita memelihara sistem umbaran namun sangat tidak pas apabila digunakan sebgai ternak. Hal ini dikarenakan kotoran dan urin kelinci jatus dan meresap ke tanah membutuhkan waktu lama untuk kering, bahkan tidak mungkin kering karena kelinci kencing dalam sehari lebih dari 5 kali, bayangkan kalau didiamkan dalam tempo waktu yang lama, pastinya banyak penaykit yang diderita kelinci kita.

Post terbaru

Pengganti Rockwool Hidroponik Harga Murah