Cara Dempul Mobil Sendiri Bagus Rapi

Cara dempul mobil sendiri - Kita pasti semua sudah merasakan berapa banyaknya ongkos yang dikeluarkan untuk memperbaiki mobil kita yang tergores dengan ukuran kecil maupun besar, saat itu pastinya anda merasa mahal banget...padahal hanya tergores kecil saja...nah disitu kadang kita merasa mampu apabila mobil kita kita dempul secara mandiri, dan berfikiran mungkin pekerjaan dempul saya lebih bagus daripada bengkel-bengkel yang ada dijalanan.

Faktor tergoresnya body mobil kita itu sangat banyak dan susah diprediksi, bayangkan kalau oprasional mobil kita sangat tinggi,pastinya potensi resiko body mobil kita lecet dan tergores sangat banyak. Untuk tarif perbaikan pendempulan dengan goresan kecil biasanya bengkel-bengkel meberikan tarif ongkos kisaran Rp.400.000,- dan untuk perbaikan full body bisa mencapai harga Rp.5.000.000,-

Tapi kadang kala kita temui kasus lecet body yang kecil tapi memerlukan perbaikan full body. Hal ini bisa dikarenakan warna utama mobil kita lupa kode nomer pengoplosannya sehingga bengkel kesulitan untuk memberikan pewarnaan yang sesuai dengan warna utama body mobil. Kalau dipaksakan pewarnaan dengan kode pengoplosan yang tidak sesuai pastinya akan nampak belang-belang. Bayangkan saja kalau itu terjadi pada mobil kita,sedangkan dompet kita lagi minim dan tidak diasuransikan... pastinya akan membuat pusing kepala.

Nah untuk kali ini kita bersama belajar untuk mempelajari cara mendempul mobil sendiri yang benar dan hasil yang bagus. Proses perbaikan atau reparasi bodi mobil itu pada dasarnya tentang bagus atau tidaknya pendempulan, Proses pendempulan ini bisa dikatakan proses yang tersulit dalam reparasi body,karena membutuhkan kesabaran dan ketlatenan sehingga memperoleh permukan body dempul yang benar-benar halus dan sesuai dengan bentuk awal body mobil. Proses dempul ini sangat penting dikarenakan bagus tidaknya hasil pengecatan sangat dipengaruhi dari hasil pendempulan. Apabila pendempulan tidak halus atau tidak rata sebagus apapun cat yang kita gunakan pasti akan terlihat jelek,kasar dan tidak tahan lama.

Menurut bahasan teori dari WIKIPEDIA, Pendempulan merupakan tujuan dari pendasaran cat , meratakan serta menghaluskan bidang kerja yang berlubang akibat goresan, korosi , bahkan penyok. Secara praktek pengerjaan assembling mobil, proses pendempulan merupakan kategori proses finishing. Proses pendempulan ada beberapa langkah diantaranya :

Proses Dempul Mobil Sendiri Yang Bagus


A. Mengamplas dengan amplas awalan yang kasar

B. Pendempulan filter , yaitu mendempul body mobil yang cacat ,tergores, atau berlubang dan membentuk kembali bentuk awal mobil.

C. Pendempulan dengan cara pembentukan bentuk mobil yang menggunakan alat kertas amplas kasar yang sebelumnya dipastikan dempulan tadi sudah kering.

D. Setlah pembentukan body mobil sudah diselesaikan berlanjut dengan proses finishing dempul, yaitu pengamplasan halus menggunakan alat amplas kertas yang halus bisa ukuran kekasaran amplas 300 ke atas . Proses finishing ini harus benar benar terselesaikan sepenuhnya dan kita pastikan body mobil benar-benar halus.

E. Pengecatan, Sebelum dilakukan pengecatan pastikan body mobil yang sudah didempul bersih dari serbuk debu atau kotoran lain yang menempel, sehingga cat dapat menempel di mobil dengan sempurna.
Baca Juga : Urutan teknik cat body mobil yang benar

Cara Dempul Mobil Sendiri Halus



Macam-macam Jenis Dempul 


1. Dempul PLastik 

Karakteristik dari jenis dempul ini yaitu bahanya cepat mengeras dan cepat kering, sehingga menuntut kita agar cepat dalam bekerja,saran saya dempul plastik dipergunakan hanya sekedarnya saja. Cara penggunaannya yaitu kita tuang dempul plastik pada wadah dan kita lakukan penyampuran menggunakan plastik dan pasta pengering yang campurannya harus pas.

2. Dempul Plamir

Karakteristik dari dempul plamir yaitu proses pengeringan yang agak lama, cara menggunakannya juga harus bertahap, yaitu pengolesan secara tipis dan berulang-ulang. Keuntungan dempul plamir ini kita tida kesulitan melakukan pencampuran karena sudah terjaul bebas dipasaran dan sudah dalam kemasan siap pakai.

3. Dempul Buatan

Bisa dikatan dempul jenis ini berkualitas rendah karena terbuat dari campuran-campuran bahan. Biasanya bahan penyampurnya adalah dempul plamir,bedak talk dan cat dasar. Bayangkan kalau mobil kita dikerjakan di bengkel menggunakan dempul jenis ini pastinya akan kecewa dikemudian hari.
Baca juga : Cara merawat aki mobil agar awet tidak ngadat di jalan

Alat Dan Bahan Yang Disiapkan Untuk Dempul Mobil


a. Dempul (disesuaikan dengan jenis keinginan kita)
b. Cat Basic atau cat dasar dengan tipe yang tersedia yaitu warna abu-abu atau merah.
c. Pengencer cat yaitu thinner (gunakan thinner yang berkualitas baik untuk pencampuran dan perekatan cat yang sempurna)
d. Bahan pengeras dempul
e. Lap kain
f. Papan atau tatakan yang rata untuk mempermudah pencampuran dempul dan yang mudah diambil dengan scrup.
g. Alat pelindung diri yaitu sarung tangan juga masker, kaca mata diperlukan apabila pengamplasan menggunakan mesin

Proses Langkah-langkah Pendempulan 


a. Mempersiapkan serat fiber atau body part sebelum dempul dioleskan

b. Pastikan body mobil yang tergores atau berlubang sudah benar-benar bersih dengan cara meniup dengan kompresor dan di cat menggunakan cat dasar dengan campuran thinner tadi dengan perbandingan 1:1, tujuan cat dasar ini juga bermaksut untuk menghindari terjadinya korosi , sehingga dempulan kita tidak retak atau pecah yang disebabkan korosi.

c. Tatakan yang suda dipersiapkan dipergunakan untuk mencampur bahan dempul tadi dengan bahan pengeras, baca komposisi campuran yang disarankan sesui yang tersedia pada kemasannya.

d. Ketika proses penyampuran berlangsung dempul yang siap pakai biasanya berubah warna menjadi kuning atau hijau tergantung dari merknya.

e. Bahan dempul yang sudah mengalami proses penyampuran pengeras, bisa digunakandalam tempo waktu kurang lebih 25 menit

f. Bersihkan hasil dempulan yang sudah dilakukan pengamplasan secara bertahap dari amplas kasar sampai amplas finishing atau amplas halus, dan bisa kita ulangi pendempulannya apabila masih menemui permukaan yag belum rata atau belum sesuai bentuk mobil

g. Setelah proses tadi berlangsung dengan baik maka kita bisa lakukan persiapan proses pengecatan mobil.

Cara Dempul Mobil Sendiri bagus


Proses pendempulan ini tidak hanya membutuhkan skill teoritis semata, kita bisa mengasah skill pengalaman untuk menghadapi proses posisi atau bagian pendempulan yang sulit sehingga membutuhkan perlakuan khusus, contohnya proses pendempulan yang terletak pada lekukan-lekukan yang rumit kita tidak bisa menggunakan campuran dempul dengan bahan yang cepat mengeras,karena sulit untuk membenarkan atau merevisi apabila terjadi kesalahan, kita mencampur dempul dengan pengeras yang sedikit dan lakukan pendempulan secara perlahan, dan berulang-ulang agar hasilnya bagus.

Post terbaru

Pengganti Rockwool Hidroponik Harga Murah