Cara Cas Aki Mobil Yang Benar Tidak Merusak

Cara cas/carge aki mobil yang benar tidak membuat tambah rusak. Sebagai salah satu komponen mobil, aki memiliki peranan yang sangat penting sebagai sumber kelistrikan sehingga mobil yang kita gunakan dapat beroprasi dengan nyaman. Aki mobil juga seperti komponen spare part yang lain, ia juga membutuhkan perawatan, pemeliharaan serta perbaikan. Perawatan aki secara disiplin mengurangi resiko mobil anda macet/mogok dan sulit untuk di start ulang, bayangkan saja kalau kita mengendarai mobil sendiri tidak ada yang menemani lalu mobil kita mogok di tengah perjalanan dan aki kita tidak mampu melakukan starter ulang, pasti sangat merepotkan.

Lakukan perawatan / pengecekan kondisi aki mobil secara sederhana seperti membersihkan kerak yang ada di klem penjepit kepala terminal aki, Apabila jenis aki mobil anda aki basah, maka seringlah mengontrol cairan aki, apabila kurang segeralah di isi, dan perawatan yang lain yaitu pengecasan aki/ carge ulang aki mobil.

Cara cas aki mobil yang benar 1

Cas ulang aki ini sebaiknya sering kita lakukan walaupun selama ini mobil kita starternya lancar. Hal ini perlu dilakukan karena mengantisipasi faktor yang sulit kita ketahui secara manual bahwa alternator mobil kita bekerja atau tidak mengisi ulang aki secara otomatis langsung di mobil.
Baca juga : Tips aki basah anda selalu awet

Cas aki ini bisa kita lakukan dengan cara menggunakan jasa bengkel yang menyediakan layanan pengecasan ulang, dan bisa juga kita lakukan sendiri di rumah dengan catatan kita menyediakan alat cas aki. Alat cas ini bisa kita dapatkan di pasaran dengan mudah. Saat membeli alat cas aki sebaiknya perhatikan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Charger / Alat Cas Aki Mobil Spesifikasi Yang Benar 


Apabila andan ingin melanjutkan tahap perawatan aki mobil dengan cara mengecas ulang secara mandiri sebaiknya kita memperhatikan spesifikasi yang tepat dengan jenis aki yang kita miliki untuk menjaga pengecasan berjalan dengan baik,benar dan tidak merusak. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pengecasan aki secara mandiri :

-  Pahami nilai amper hour yang tertulis di badan aki kita. Pilih charger aki mobil yang memiliki nilai besaran ampere minimal 10% dari aki mobil yang kita miliki

- Memperhatikan nilai (+) dan (-) kabel yang ada pada Charger aki, bisanya kabel dengan warna merah (+) dan Kabel dengan warna hitam yaitu (-), pastikan lagi setelah anda memperhatikan kabelnya dan cek lagi (+)/(-) urutannya sesuai atau tidak dengan lambang (+)/(-) pada charger, jangan sampai terbalik. Apabila terbalik bisa merusak aki bahkan chargernya.

- Perhatikan tegangan yang akan digunakan, pada umumnya pengecasan aki mobil yang benar dengan tegangan sebesar 12 volt, maka dengan itu pilihlah tegangan yang dimiliki charger sebesar 12 volt.

- Satu hal lagi bacalah panduan penggunaan charger yang sesuai prosedur pabrikan sehingga menjamin pengecasan aki berjalan dengan baik dan benar.

Tahap Yang Dilakukan Untuk Cas Aki Mobil


Setelah mempelajari spesifikasi charger mana yang sesuai untuk mengecas aki anda maka lakukan langkah-langkah berikut dalam memulai pengecasan aki mobil

cara cas aki mobil sendiri


- Mempersiapkan alat charger yang spesifikasinya sudah kita sesuaikan tadi

- Lepaskan aki dari mobil anda ,jangan lakukan pengecasan tanpa melepas aki dari mobil, untuk mengurangi resiko konsleting pada mobil ataupun hal-hal yang tidak diinginkan sehingga berpotensi bahaya.

- Apabila jenis aki mobil yang anda gunakan merupakan aki jenis basah maka terlebih dahulu lepas penutup air aki, perhatikan apabila cairannya kurang maka kita harus menambahnya hingga mendekati batas atas. Saat di cas mendekati penuh maka ketinggian air aki juga akan  otomatis bertambah.

- Sebelum pengecasan dimulai pastikan saklar pada charger dalam kondisi OFF, dan berlanjut kita colokkan terhadap terminal PLN

- Penyambungan terminal kabel charger aki dilakukan dengan memperhatikan warna kabel dengan jenis (+) atau (-) sesuai terhadap katup (+)/(-) pada aki mobil, Pemasangan ini biasanya menggunakan klem kabel yang ada pada cahrger aki,pastikan menjepit dengan kuat tidak ngepong/kendor dan melanjutkan dengan menekan tombol ON yang ada pada saklar charger.

- Seting saklar cas aki dengan posisi yang pas, yaitu biasanya 12 volt dan saklar amper disesuaikan terhadap ampere pada aki mobil

- Menunggu beberapa jam hingga aki yang kita cas kondisinya sudah penuh

- Selesai melakukan pengecasan kita cabut kabel pada stop kontak listrik pln dan copot klem kabel charger yang mengikat aki, kemudian tutup kembali penutup air aki sperti semula

Baca juga : Cara memperbaiki aki kering yang ngedrop

Antisipasi Saat Melakukan Cas Aki Yang Benar


Kalau kita cermati bahwa pengerjaan cas aki mobil ini merupakan pengerjaan yang bisa digolongkan berbahaya, entah membahayakan operator, lingngkungan saat pengecasan, serta mobil anda sendiri. Untuk menunjang kelancaran proses pengecasan aki mobil anda secara mandiri sebaiknya melakukan beberapa antisipasi untuk mengurangi resiko dari hal-hal yang tidak diinginkan, diantaranya :

a. Aki yang akan di lakukan pengecasan sebaiknya dilepas dari mobil supaya menghindari terjadinya arus short / konslet, dan apabila mobil anda merupakan mobil keluaran terbaru dengan sistem komputerisasi, sebainya berkonsultasi pada ahlinya karena pelepasan aki pada beberapa jenis mobil keluaran terbaru bisa mereset setingan komputerisai mobil

b. Pemasangan rangkaian pengecasan sebelum kabel charger di tancapkan pada stop kontak pln untuk menghindari kecelakaan kerja dan tersengat listrik

c. Hindari lokasi pengecasan aki yang banyak anak, serta lokasi yang basah

d. Saat setelah pengecasan selesai sebelum melepas klem kabel charger sebaiknya matikan dahulu saklar pada charger.

e. Apabila penutup cairan aki sudah terbuka sebainya hati-hati untuk tidak terkena percikan air aki ke mata kita

f. Gantilah komponen aki atau komponen charger yang dirasa sudah tidak layak, continhnya klem tembaga kabel aki yang sudah mengapur atau sudah tidak bisa dibersihkan.


Demikian merupakan beberapa tahapan yang harus anda lakukan saat berniat untuk melakukan cas aki mobil anda sendiri dengan benar dan tidak berbahaya.



Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya