Teknik Las Overhead Atau Di Atas Kepala.

Teknik Las Overhead - Pada kali ini kita bersama akan mempelajari suatu teknik las yang membutuhkan skill dan pengetahuan khusus apabila menemui benda kerja matrial pengelasan yang berada di atas kepala atau over head yang tidak bisa kita tawar atau kita ubah posisi benda kerjanya yang mau tidak mau harus dikerjakan dengan cara dilas posisi di atas kepala. Banyaknya orang yang melakukan pekerjaan pengelasan biasanya mempelajari teknik las overhead ini secara atodidak dan berdasarkan pengalaman yang telah mereka hadapi berulangkali. Namun hal ini perlu kita tambahkan beberapa pengalaman yang bagus dan pembelajaran secara otodidak yang sudah mereka dapatkan dengan teori aturan teknik las secara uuper head supaya keamanan dari obyek benda kerja pengelasan serta pekerja las dapat terjamin.

Teknik las overhead di atas kepala yang kuat dan rapi

Baca juga : Teknik Las Alumunium Yang Benar

PERSIAPAN SEBELUM PENGELASAN OVER HEAD 

A. Mesin las yang dalam kondisi prima

B. Klem dan lead

C. Kaca mata pengaman  ( dibutuhkan karena saat topeng las terbuka potensi runtuhan kerak panas masih berseiko terjatuh)

D. Topeng las

E. Benda kerja yang sudah kita pastikan keamanannya tidak meruntuhi tubuh operatorlas

F. Palu

G. Sarung tangan las

H. Rompi atau celemek dari bahan kulit hewan yang tahan terhadap percikan bunga api

I. Sarung tangan las sesuai standard pengelasan

J. Sikat las

K. Arus listrik yang besarnya sudah diperhitungkan untuk proses pengerjaan pengelasan

L. Selalu sediakan APAR ( alat pemadam kebakaran ) dimanapun dan dengan metode apapun pengelasan yang diterapkan.

M. Sepatu safety untuk menghindari cidera tertimpa alat atau bahan benda kerja.

Ketika alat dan bahan benda kerja teknik las overhead tadi sudah tersiapkan maka kita perlu melanjutkan dengan menyetel arus dan teganan listrik dari mesin las yang akan kita gunakan, cara nya kita sesuaikan dengan ketebalan benda kerja yang akan dilas.Semakin tebal benda kerja yang akan dilas maka semakin besar pula tegangannya. Faktor lain kelancaran teknik las overhead yaitu dengan memilih jenis elektroda apa yang akan kita gunakan.

Elektroda yang dipergunakan untuk pengelasan benda kerja berbahan besi dan benda kerja berbahan stainless stell tentunya berbeda pula, hal ini tidak bisa dipaksakan. Kalau ketidaksesuaian elektroda yang kita kenakan tentu saja berpengaruh terhadap hasil pengelasan itu sendiri, misalnya sambungan kurang matang, kalaupun mantang bisa berlebihan sehingga terlalu keras saat dingin dan mudah patah. Ukuran diameter elektrodapun berbeda-beda disesuaikan pula dengan ketebalan benda kerja yang akan dilas, semakin tebal benda kerjanya maka semakin besar pula diameter elektroda yang akan kita pilih.
Baca juga : Teknik dasar las karbit yang aman dan hasil yang bagus

PENGERJAAN TEKNIK LAS OVERHEAD ATAU DI ATAS KEPALA

Teknik las overhead di atas kepala yang benar

A. Saat memulai kita pastikan kebersihan benda kerjanya dengan cara menyikatnya dengan sikat baja, dan mengetuknya dengan palu supaya kotoranya berjatuhan yang sudah menempel pada benda kerja.

B. Memastikan benda kerja yang berada di atas kepala kita dengan posisi aman, apabila terindikasi ada potensi jatuh sebaiknya kita klem atau tali kan dengan benda yang aman untuk menyangganya, serta sekalian kita ataur kerenggangan jarak benda kerja yang akan di las.

C. Ketika kita menemui benda kerja yang berukuran sangat tebal ada teknik lagi untuk mempermudah penyambungannya , dengan cara membuat coakan bisa di satu bidang benda kerja maupun kedua bidang benda kerja yang akan di las. Sehingga saat di las cairan lelehan elekroda bisa mapan menempati coakan yang sudah kita persiapkan sebelumnya dan hasilnya akan benar-benar matang sempurna.

D. Jarak antara ujung busur terhadap benda kerja saat dilas ini sangat berpengaruh besar dengan hasil pengelasan . Ketika kita meletakkan ujung busur terlalu menempel benda kerja maka potensi bunga api yang dihasilkan elektroda tidak menyala sempurna dan sehingga terjadi cairan elektroda sangat sedikit ruang untuk meleleh rapi. Sedangkan apabila kita meletakkan ujung busur terlalu jauh dari benda kerja maka yang terjadi adalah muncul bintik-bintik api disekitaran benda kerja sehingga tidak rapi dan tidak sempurna penyambungannya. Jarak busur yang baik untuk teknik las overhead adalah seperdelapan dari ketebalan elektroda yang dipakai.

E. Saat melakukan pengerjaan las kita sudah memakai topeng kaca mata las bisa memantau dan mengarahkan pergerakan cairan lelehan untuk menyatukan kepingan benda kerja. Lakukan pergerakan tangan secara perlahan dan hati-hati ke sepanjang area yang di las.

Baca juga : Cara bikin las listrik dari trafo bekas

F. Pergerakan tangan untuk pengelasan overhead kita bisa pakai dengan cara menggoyangkan atau memutar tangan secara pelan sehingga cairan elektroda menutup rapat bagian yang di las. Hasil pengelasan yang baik yaitu ketika kerak las elektroda tadi kita bersihkan dengan palu dan sikat baja, nampak dengan permukaan gelombang yang tersusun rapat dan rapi. Sebagai tips tambahan kita bisa memeriksa ulang hasil mengelasn dengan teliti mengingat benda kita yang kita kerjakan berada di atas kepala, sehingga membahayakan apabila suatu saat kontruksi pengelasan yang tidak kuat akan rubuh dan sangat berbahaya bagi pekerja ataupun lingkungan kerja. Apabila menemukan sambungan las yang kurang kokoh sebaiknya jangan ragu untuk menggerinda dan mengelas ulang.

Teknik las overhead di atas kepala baik dan aman
Teknik las overhead di atas kepala


Baca juga : Berbagai teknik yang bermanfaat bagi kita sehari-hari

Semoga sedikit tips dan saran tersebut diatas bermanfaat bagi kita semua, supaya saat pegerjaan teknik las over head atau di atas kepala dapat mengahsilkan pekerjaan berkualitas dan aman bagi semua. Dan ada beberapa teknik las lain yang sangat menarik kita pelajari misalnya pengelasan datar, pengelasan horizontal, pengelasan vertikal, dan pengelasan under water. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya