Pakan Ayam Petelur Hemat dan Murah

Pakan ayam petelur hemat dan murah - Secara matematis teori usaha ternak ayam khususnya ayam jenis petelur hampir 2/3 dari jumlah biaya modal produksi di dominasi dari pembelanjaan pakannya. Hal tersebut apabila para peternak yang antisipasi dan perhitungan secara asal-asalan bisa membuat usahanya gulung tikar dengan cepat. Faktor pembekakan biaya produksi pakan dipengaruhi banyak faktor diantaranya naiknya harga bahan pembuatan pakan, terlalu lama ayam tidak terjual, terlalu banyak persaingan pencari pakan yang lebih banyak dibandingkan yang memproduksi pakan, dan lain-lain.
Baca juga : Cara membuat kandang ayam petelur sederhana dan efektif

Di jaman modern ini kita dituntut keras harus berani berinovasi menciptakan penemuan dan cara baru supaya urusan usaha apapun kepemilikan kita dapat berjalan bagus dan sangat efektif efisien. Bahan pokok yang digunakan para peternak biasanya membeli jadi pakan tersebut yang sudah berbentuk voer dengan campuran dedak maupun konsentrat, pakan jenis ini memang sudah bagus untuk diterapkan, namun saja butuh ongkos tambahan lagi kalau kita ingin mendapatkannya.

Trobosan-trobosan baru memang sangat kita perlukan untuk menekan ongkos produsi pakan ayam petelur, untuk memahami sebenarnya pakan yang baik untuk jenis petelur yaitu mengandung unsur mineral, protein , karbhidrat ,lemak, dan juga vitamin. Cara kita memberikan akan kita juga sangat berpengaruh terhadap ongkos pakan serta efeknya berdampak pada ayam-ayam kita, semisal kita memberikan pakan terlalu banyak yang pasti nambah biaya dan berakibat pada ayam yaitu kurang produktif karena pertumbuhan daging dan lemak ayam tidak sebanding dengan pembentukan telur pada tubuh ayam.

Resep yang bagus dan efektif yaitu kita bisa menambahkan kandungan probiotik yang bertujuan untuk sebagai penambahan nutrisi dan berfungsi baik untuk memudahkan ayam meresap dan mencerna makanan dengan baik kandungan pakannya. Dengan metode pemberian prebiotik tadi bisa efektif meningkatkan produksi telur pada ayam.

Pakan Ayam Petelur Dengan Campuran Prebiotik

Pakan Ayam Petelur Hemat

Prebiotik merupakan mikro organisme yang terdapat dalam tubuh hewan ternak, dengan fungsi sebagai memperbaiki keseimbangan mikroflora pada usus ayam. Bakteri yang terdapat pada prebiotik ini merupakan kandungan bakteri yang positif menguntungkan untuk menekan tumbuhnya panthogen yang terdapat pada pencernaan ayam, sehingga secara otomatis ayam akan lebih kuat dan tahan penyakit.
Baca juga : Teknik ternak ayam petelur rumahan yang menguntungkan

Sistem Kerja Prebiotik Di Dalam Pencernaan Ayam

1. Funsi pertama yaitu sebagai penekan mikroba jahat yang bersaing dalam peresapan nutrisi makanan. Secara otomatis produksi antimikroba membuat pakan ayam petelur dapat terserap dengan sempurna.

2. Kandungan prebiotik mengandung imun yang mampu menstimulasi meningkatkan kadar antibodi yang mempermudah dalam pencernaan sisa-sisa sel dalam jumlah besar atau makrofag , yang berakibat kekebalan tubuh menguat dan tahan terhadap serangan penyakit.

3. Sistem prebiotik sebagai meningkatkan dan menurunkan aktivitas enzim di pencernaan membuat metabolisme pada mikrobial secara cepat tumbuh meningkat.


Secara penelitian dengan cara pemebrian prebiotik pada ayam dan dibandingkan dengan ayam yang tidak diberi kandukan prebiotik yaitu Ayam yang sudah diberi prebiotik memiliki antibody lebih kuat apabila kita perbandingkan dengan ayam yang tidak. sehingga lebih kuat terhadap serangan bakteri jenis panthogen yang menyerang sistem imun pada ayam petelur.

Cara Membuat Pakan Ayam Petelur Prebiotik

Sebenarnya bahan pakan ayam prebiotik ini bisa gunakan untuk sister ternak ayam kita sebagai petelur maupun pedaging, karena tujuan prebiotik ini untuk memaksimalkan pencernaan pada ayam sehingga mudah menyerap nutrisi dan sari makanan, sehingga pakan ayam yang kita berikan tidak terlalu banyak dan sudah mampu terserap dengan baik. Cara pembuatannya adalah

a. Sediakan bahan seperti dedak padi, kedelai , jagung, dengan jumlah kurang lebih 20 kg

b. Setelah bahan di atas tadi tersedia maka kita tuang cairan prebiotik sebanyak 0,25 liter, ditambah 0,25 liter tetes air tebu juga menambahkan air bersih sebanyak 10 liter

c. Setelah pencampuran tadi di atas sudah dilakukan maka kita diamkan dengan tempo kurang lebih selama 24 jam agar proses fermentasinya berjalan dengan baik.

d. Ketika sudah terfermentasi dengan baik maka kita berlanjut pada proses menyimpan adonan tadi pada tong yang sebelumnya sudah kita persiapkan , yaitu tong dengan lapisan plastik dan berikan penutup hingga rapat tanpa tersinar oleh cahaya matahari.

e. Setelah mengalami penyimpanan selama lebih dari 4 hari makanan ayam dengan campura prebiotik ini sudah layak dan bisa disajikan.

Baca juga : Tenak ayam bangkok ekor lidi yang sangat menjanjikan

Pakan Ayam Petelur Hemat dan murah


Fungsi utama dan inti prebiotik ini adalah meningkatkan kualitas mutu kandungan yang ada dari pakan dedak,bekatul,kedelai,jagung dan lainnya sehingga efektifitas dalam pemberian pakan tidak percuma terbuang hingga menjadi kotoran saja, dan efektif terserap oleh tubuh ayam ataupun telurnya. Inovasi ini bisa kita kembangkan lagi dengan penambahan beberapa vitamin untuk menjaga kesehatan ayam. Dengan cara ini kita sebagai peternak bisa di untungkan dengan penghematan biaya pakan sebesar 1/3 dari anggaran utama pembelanjaan pakan.


Bisa ditambahkan lagi sebagai pengehematan bisa kita antisipasi dengan cara pemasaran yang baik , hal ini penting mengingat kalau keterlambatan menjual ayam dalam waktu seminggu saja bisa kita hitung misalkan ternak ayam kita dalam jumlah besar di kalikan pemberian pakannya selama seminggu tersebut nahh sangatlah tidak bagus untuk sistem hitungan bisnis. Maka perhitungan dari semua aspek untuk ternak ayam petelur bisa kita perhatikan dirinci sebaik mungkin supaya usaha kita lancar.

Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya