Pakan Ayam Bangkok Biar Cepat Bertelur

Pakan ayam bangkok biar cepat bertelur - Supaya hobi kita bisa berkembang dan menghasilkan uang, maka kita harus memulai sedini mungkin untuk mensiasati potensi yang ada dari beternak ayam bangkok kita dengan cara mengembangkan anakan turunan asli, tentunya berharap meningkatkan kualitas mutu dari ayam bangkok yang dikembangkan. Biasanya untuk memulainya kita bisa memilih indukan yang bermutu dan berkualitas bagus biasanya bangkok jenis saigon,birma dan lainnya. Dari jenis-jenis ayam bangkok tadi kalau kita lihat harganya sangat bagus dan pasarannya stabil karena ayam bangkok memiliki banyak penggemar fanatik dan rela menggelontorkan uang yang besar.

Bagi anda yang posisinya sebagai peternak anda bisa melakukan pemeliharan secara peternakan besar maupun kecil tentunya tergantung dengan kondisi anda masing-masing. Di zaman se modern ini apasih yang tidak mungkin .. soal ilmu,informasi atau cara beternak ayam bangkok banyak tersebar dan mudah di peroleh dari berbagai sumber.

Kita pasti berharap nantinya yang akan kita kembangkan dapat berkembangbiak dengan banyak dan sehat-sehat. Oleh karena itu kita bisa siasati dengan inovasi tata cara pemberian pakan dan variasi jenih bahan pakan yang kita tingkatkan kualitasnya , sehingga induk ayam bangkok mampu cepat bertelur banyak dengan kualitas baik.

Pakan Ayam Bangkok Berkualitas Supaya Cepat Bertelur


Untuk  cara mendapatkan keturunan ayam bangkok secara bagus dan banyak ada hal-hal yang harus kita perhatikan, yaitu. :

1. Memilih Indukan

Indukan merupakan salah satu faktor penting kunci keberhasilnya pengembangan ternak ayam bangkok. Cara memilih indukan bisa dengan cara membandingkan ayam bangkok yang se umuran, dan bisa kita lihat mana yang berukuran paling besar dan sehat, kalau dilakukan penimbangan bobotnya berat, secara visual juga kita perhatikan bulu-bulunya yang bagus dan pilih yang tidak rontok. Terkecuali kalau kita pilih ayam bangkok saigon yang sudah gundul dari sejak menetas.
Baca juga : Ciri kaki ayam bangkok yang kuat

2. Pakan Ayam Yang Bernutrisi

Faktor kesalahan terbesar orang gagal menciptakan kualitas bagus ayam turunan bangkok bisa bersumber dari tata cara pemberian pakan, Pemberian pakan ayam bangkok tidak hanya bertujuan untuk mengenyangkan perut si ayam saja, namun kita harus berfokus dengan kandungan nutrisi yang seimbang dan tentunya ayam-ayam yang kita pelihara menyukainya.
Komposisi yang baik bisa saya contohkan semisal kita memiliki pakan yang dibeli dari pabikan sebanyak 100gr maka kita campur dengan bekatul sebanyak 200 gr dan bisa kita tambahkan dengan nasi aking dengan jumlah 100 gr, Lakukan pengadukan hingga merata komposisi di atas tadi, dan kita tuang dengan air bersih secar bertahap sedikit demi sedikit.

Baca juga : Ayam bangkok SAIGON super

Macam-macam bahan pakan ayam yang baik supaya cepat bertelur diantaranya :

A. Tauge : Memiliki kandungan yang bisa memicu hormon pada ayam bangkok untuk mempengaruhi keberhasilan kualitas telur yang akan dihasilkan. Sebelum menyajikan tauge pastiknakebersihannya karena tauge yang identik dengan lembab sering memicu pertumbuhan kuman yang cepat.
Pakan Ayam Bangkok biar cepat bertelur


B. Kuaci : Memiliki kandungan protein tinggi  dengan fungsi meningkatkan kesehatan reproduksi ayam, Beragam senyawa yang ada di dalam kuaci bisa meningkatkan kualitas telur dan kesehatan indukan.
Pakan Ayam Bangkok ganas bertelur



C. Sayur kangkung : Vitamin yang ada didalam sayur kangkung bisa merangsang hormon untuk bisa ayam menghasilkan telur lebih banyak.

Pakan Ayam Bangkok Bernutrisi


D. Biji Kenari : Biji kenari kandungannya bisa membantu meningkatkan kualitas sel telur sehingga telur yang dihasilkan bisa meningkat.

E. Suplemen Jenis Ebod Breeding : Bahan pakan ini memang bukan dari hasil alami namun hasil dari pabrikan yang diciptakan untuk memaksimalkan jumlah telur ayam dan cepat temponya, maka sangat efektif kalau kita bertujuan untuk memproduksi dalam jumlah besar

Baca juga : Cara agar pukulan ayam bangkok mematikan lawan

3. Memberikan Suplemen Indukan

Apabila kita ingin memacu supaya ayam indukan bisa cepat bertelur kita siasati dengan pemberian suplemen khusus yang dijual di pasaran yang kalau tidak salah harganya Rp.1000,- per satu sasetnya. Kita campur suplemen tadi dengan air bersih sebanyak 7 liter,setelah tercampur dengan sempurna kita taruh dimana ayam indukan bisa mudah menjangkaunya dan tempat yang sering dilewati indukan, dengan ini suplemen akan efektif bekerja.

4. Tarangan Atau Tempat Wadah Telur

Tarangan telur ayam kita usahakan dengan kondisi bersih dan dikondisikan supaya ayam indukan merasa sangat nyaman menempatinya, sehingga faktor stress saat menginjak waktu bertelur tidak ada, dan telur yang dihasilkan jumlahnya maksimal. Tarangan jangan sampai ditaruh dibawah atap yang bocor dan bahkan tidak beratap, sehingga pengeramannya kurang bagus.


5. Manipulasi Siklus Bertelur

Cara terakhir ini sangat dinanti bagi para peternak ayam bangkok. Karena hasil ternaknya bisa maksimal menggunakan strategi ini. Misalanya kita mempunyai 3 ekor ayam betina kita bikin ketiganya siap bertelur serentak dengan catatan pejantan hanya 1 yang terjamin kualitasnya dan ke 3 indukanini juga bagus dengan kondisi sehat-sehat. Setelah ketiganya bertelur serentak maka kemungkinan menetasnya juga hamir serentak secara alamiah, ketika semuanya sudah menetas kita lakukan manipulasi dengan mengandangkan anakan ayam dari salah satu indukan yang kita siapkan tadi. Kita biarkan kedua indukan tadi mengasuh anak-anaknya sehingga berumur agak besar. Baru setelah anakan ayam dari indukan tadi besar maka kita seting indukan yang ke 2 yang anakannya dikandangkan dan berlanjut seterusnya di ayam indukan berikutnya.

Maksud dan tujuan di atas adalh supaya menghindarkan terjadinya kelahiran tidak normal dari masing-masing indukan. Maksud dan tujuan yang lain ialah  untuk mengindari serangan dari virus penyakit yang biasanya cepat banget menular. Ketika hal tadi kita sudah lakukan akan ada bedanya antara peranakan secara asal-asalan dengan metode yang kita pelajari ini yang membuat turunan ayam bangkok tetap berkualitas dan berkuantitas seperti yang kita harapkan.



Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya