Mesin Frais Cnc Milling Dan Drilling

 Mesin frais cnc - Mesin frais secara konvensional tentunya sangat berbeda dengan mesin frais dengan sistem CNC atau computer Numerical Control, yang sesuai dengan namanya keluaran mesin frais teknologi canggih ini memiliki berbagai keunggulan dalam mengerjakan benda-benda kerja yang biasanya di produksi masal. Dengan kemampuan seperti robotik kesalahan ukuran yang biasaya dijumpai pada mesin frais jenis konvensional bisa ditekan. Tingkat kepresisian hasil frais juga sangat tinggi tergantung input program perintah pemakanan benda kerja.
 Dibandingkan dengan mesin frais konvensional yang mengerjakan pengerfrisan benda kerja dengan cara operator menggerakkan poros engkol ke arah yang dibutuhkan untuk melakukan pemakanan ,yang semua itu dikerjakan secara manual maka apabila memperoleh pengerjaan yang sifatnya masal pasti sangat kualahan.

Namun demikian kelebihan mesin frais konvensional juga masih ada di bandingkan dengan mesin frais cnc, yaitu ketika mengerjakan benda kerja berukuran besar dan memiliki karakteristik bahan benda kerja yang membutuhkan perlakuan khusus mensin konvensional sangat dibutuhkan, dikarenakan mesin dengan jenis cnc ini memiliki ruang kerja pergerakan sumbu pahat dan cekam yang relatif lebih kecil tentunya tidak bisa memaksakan untuk menggunakan mesin jenis cnc.

Mesin frais cnc milling


Mengenal Mesin Frais CNC 


Pengertian dari CNC ( Computer Numerical Control ) yaitu pengoprasian mesin frais yang dilakukan dengan memasukkan perintah yang diprogram secara abstrak dengan menyimpan program perintah tersebut dalam media penyimpanan sesuai sistem computerisasi. Kata NC tersebut merupakan singkatan dari bahasa inggris yang berarti numerical kontrol atau kontrol numerik. Sejarah penemuan mesin NC ini bermula pada tahun 40an sampai 50an, secara bertahap ke arah modern ini dimodifikasi sedemikian rupa dengan menyediakan motor dengan fungsi menggerakan titik-titik pergerakan pahat pemotong yang dimasukkan kedalam sistem perekam kertas. Motor dengan paduan antara servo motor dengan mekanis ini perlahan berumah dan diperbaiki menjadi sistem analog dan terus berubah menjadi lebih modern dengan sistem komputer digital. Dengan sistem komputer digital ini maka ketelitian pemotongan atau akurasi hasil pemekanan pahat terhadap benda kerja dengan ketelitian hingga 1/1000 mm yang mampu mengerjakan benda kerja secara continue berulang/produksi masal dengan kualitas hampir tidak menurun.

Baca juga : Jenis pisau mesin frais dan fungsinya

Mesin frais cnc drilling dan millling


Bagian Utama Mesin Frais NC/CNC :

A. Program
B. Processor / Control unit
C. Motor listrik servo yang berguna sebagai penggerak kontrol pahat pada mesin
D. Motor mesin , MOtor mesin ini bertugas sebagai penggerak atau pemutar pahat dalam melakukan feeding atau pemakanan
E. Pahat
F. Dudukan / Ragum / Pemegang benda kerja di dalam mesin

Prinsip dasar kinerja mesin cnc ini yaitu operator melihat gambar kerja yang seperti apa dan bagian mana saja yang akan mendapatkan pemotongan pahat mesin frais, yang kemudian realisasi arah pergerakan pemakanan terhadap benda kerja di input menggunakan pengetikan langsung computer yang ada di bagian mesin frais tersebut atau juga menggunakan komputer dengan software program cnc dan di input.

Sistem program komputer cnc biasanya disebut dengan G-CODE dan diteruskan oleh processor pada mesin cnc yang menghasilkan pergerakan pengaturan motor servo dan berlanjut terjadinya pergerakan piranti perkakas dengan prinsip kerja permesinan hingga produk dengan bentuk yang diinginkan tercipta sesuai program.

Pengerjaan mesin frais dimanapun sama, yaitu alat potong pahat ( cuuting tools) berputar pada rotasi, sedangkan yang bergerak adalah benda kerjanya dengan sumbu X,Y dan Z mendekati cutting tools.
Berbeda dengan mesin bubut yang pergerakanya berlawanan dengan mesin frais yaitu pahat yang bergeraka melakukan pemakanan terhadap benda kerja yang berputar sesuai rotasinya.
Baca juga : Mesin frais horizontal, vertical
                   Fungsi Arbore pada mesin frais

Pahat Mesin Frais

Jenis pahat atau alat pemotong benda kerja biasanya terbuat dari bahan sebagai berikut ;

1. Cemented Carbide

Bahan ini tersusun dari tungsten / molybdenum , cobalt dan carbon. Kelebihan pahat dengan jenis ini yaitu memiliki kemampuan pemotongan yang bagus walaupun sudah mengerjakan benda kerja dengan kadar panas hingga mencapai 900 derajat celcius, dan mampu mengerjakan dengan pemotongan dengan kecepatan putaran yang tinggi. Dengan kelebihan tadi , pahat ini cocok dipakai untuk pengerjaan benda kerja dalam jumlah banyak.

2. Alloy Steel

Bahan pahat yang tersusun dari baja perkakas yang mengandung karbon cromium,vanadium juga molybdenum. Baja yang ada dalam komposisi pahat ini dengan paduan tinggi jenis baja HSS (high speed steel) yang karakteristiknya mampu memotong benda kerja dengan kadar panas mencapai 600 derajat celcius.

3. Unalloyed Tool Steel

Bahan pahat yang dibuat tana mengguakan paduan, kadar karbon yang ada yaitu 0,5 - 1,5% , Karakteristiknya yaitu kualitas kekerasan pahat saat melakukan pemotongan benda kerja yang mencapai suhu 250 derajat celcius. Sehingga jenis pahat ini kurang cocok digunakan untuk pengerjaan benda kerja yang banyak ataupun pengerjaan benda kerja yang membutuhkan proses pemotongan yang lama.

Sekian sedikit bahasan tentang mesin frais cnc yang saya ketahui semoga bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, terimakasih.

Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen