Mesin Bubut Cnc Mini Training Unit

Mesin Bubut CNC - Seperti artikel saya sebelumnya mesin bubut cnc ini prinsip kerjanya seperti pada mesin frais cnc yang proses pengerjaannya menggunakan bahasa pemrograman. Mesin ini teknologi cnc ini merupakan suatu paduan antara sistem mekanis dan servo, yang berlanjut denga nsistem analog dan disempurnakan lagi menjadi sistem komputer digital, secara waktu ke waktu mesini ini didesain sedemikian rupa dengan tampilan simple dan mudah dioprasikan dengan kemampuan yang luar biasa mampu mengerjakan pembubutan dengan ketelitian hasil ukuran pemakanan benda kerja mencapai 1/100 mm lebih. Alat potong atau pahat yang digunakan bubut cnc yaitu pahat mata potong tunggal atau single point tool. Cara kerjanya mesin ini hampir sama dengan mesin konvensional yaitu pahat yang diletakkan pada posisi tertentu dengan pergerakan secara lurus maupun melintang terhadap meja pada mesin dan melakukan pemakanan benda kerja yang berputar sesuai rotasi putaran pada ragum mesin. Proses pekerjaan model pembubutan memanjang, pembubutan muka, membubut profil,pembuatan alur/ulir atau pengeboran benda kerja.

 Pergerakan pahat potong benda kerja ini secara nuerikal kontrol dari bahasa komputer dengan prinsip titik sumbu X,Z. Sumbu X dapat diartikan sebagai besaran diameter yang akan dicapai proses penyayatan, sedangkan sumbu Z bisa diartikan panjangnya benda kerja atau panjangnya pergerakan pahat yang akan diinginkan.
Proses pemrograman CNC atau pembubutan selalu diperlukan untuk menentukan titik 0 dan pengkordinatan atau MCS ( Machine Coordinate System) yang bisa kita seting secara berpindah-pindah sesuai dengan pengaturan yang diinginkan. Titik Nol pengerjaan mesin bubut CNC ada dua yaitu titik NOL benda kerja (W) dan titik NOL pada mesin (M).

 Sumbu koordinat X pada mesin cnc merupakan sumbu yang tegak lurus terhadap spindel. Nominal positif sumbu X merupakan pergerakan pahat yang menjauhi spindel. Dan nominal positif pada sumbu Z merupakan pergerakan menjauhi kepala tetap mesin bubut bisa diartikan sebagai panjangnya benda kerja. Sumbu Z ini terletak sejajar dengan spindel. Sebelum memulai program pembubutan maka kita buat dulu titik nol benda kerja yang terletak di ujung paling kanan benda kerja . Sistem kordinat ini sering disebut WCS (Workpiece Coordinate System).

Baca juga : Perlengkapan mesin bubut standar

Pemrograman yang digunakan pengerjaan mesin bubut bisa menggunakan sistem absolute maupun inkremental. Sistem absolute yaitu nama sumbu yang digunakan adalah X,Z . Dan harus diperhatikan sumbu X merupakan besaran diameter.  Sehingga titik referensi tetap berada pada titik tertentu yang tidak berpindah. Sisten pengkoordinatan inkremental dengan sumbu (U.W) yang dimana ttik referensi yang digunakan titik koordinat terakhir pergerakan pahat. Ada juga sistem pengkoordinatan campuran yaitu antara absolute dengan inkremental dengan sumbu (X/U, U/Z).

Komponen Bagian Mesin Bubut CNC



Untuk memulai pengerjaan bubut cnc seharusnya kita tau dan memahami bagian dari mesin. Bagian ini antaranya:

1. Magazine tools

 Biasanya juga disebut Tool Turret dengan fungsi penyimpanan alat potong dan berfungsi sebagai alat tukar cutter saat proses pemakan benda kerja berlangsung . Magazine tool ini dapat menyimpan berbagai jenis cutter dengan macam-macam fungsinya bisa menapai slot sebanyak 24 slot tergantung jenis mesin tersebut.

Baca Juga : Mesin Frais CNC

2. Spindle Mesin

 Spindel mesin merupakan alat yang berperan sebagai pengatur perputaran pergerakan alat potong di sumbu Z , dalam koneksinya terhadap arbor menggunakan bantuan dari udara bertekanan.

3. Panel Control

 Panel kontrol ini memiliki fungsi sebagai pusat pengendali pengoprasian mesin bubut cnc. Perananya sebagai pemberi perintah pada mesin seperti pergerakan meja mesin, perubahan setingan dan bahkan memutar spindel.

4. Monitor

 Dipergunakan sebagai pembantu memantau aktivtas pembubutan seperti koordinat pergerakan posisi benda, parameter penggunaan mesin cnc juga sebagai warning apabila terjadi program eror.

5. Coolent House atau Rumah Pendingin

Seperti namanya bagian ini berfungsi sebagai sistem pendininan terhadap alat potong ketika melakukan penyayatan benda kerja. Karena saat proses penyayatan, benda kerja bergesekan dengan pahat dengan kecepatan putaran tinggi maka timbul suhu yang panas, dan apabila cutter tidak dinginkan maka cutter akan pecah atau cepat tumpul. Coolent house ini terpasang pada blok spindel yang diberi selang.

Baca juga : Bagian mesin bor duduk

Mesin Bubut Cnc Mini Training


Teknik Menzerokan Bubut

A. Kita tekan tombol MPG
B. Geser sumbu Z ke arah negatif
C. Geser juga sumbu X ke arah negatif
D. Lakukan tekan tombol Machine Zero pada sumbu Z sehingga secara otomatis terpenuhi sumbu Zero mesin
E. Sama dengan Proses D Tekan tombol Machine Zero pada subu X secara otomatis juga terpenuhi sumbu zero mesin
F. Dan Tekan tombol reset mesin . dan mesin bubut cnc siap dioprasikan.

Tata cara mematikan mesin bubut cnc

untuk menjaga agar keamanan mesin bubut terjadi maka kita perlu melakukan proses pematian mesin cnc sdengan urutan yang benar, yaitu :

a. Zerokan atau nol kan kordinat aman pahat mesin cnc
b. Tekan tombol emergency stop yang ada pada mesin
c. Tekan tombol Switch off controller cnc
d. Switch off yang terletak pada panel belakan kita tekan kebawah yang menunjukkan off.

Dari uraian di atas sebenarnya kurang spesifik pembahasan tentang mesin bubut cnc, padahal kita harus memahami banyak kode dan bahasa input pemrograman yang akan kita bahas di artikel berikutnya. Semoga bermanfaat .




Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya