Cara Bikin Las Listrik Trafo Bekas Microwave

cara bikin las listrik trafo bekas microwave - Kali ini kita akan memulai dan berkarya membuat las listrik dari trafo bekas, Sebelum anda ingin memulai pastinya anda sudah mempersiapkan terlebih dahulu trafo bekas tersebut. Dengan membuat mesin las sendiri menggunakan trafo tentunya bagi kita yang mempunyai badged rendah ataupun bagi yang suka berkreasi membuat mesin las dari  bahan trafo bekas sangatlah menghemat biaya.

Memang untuk saat ini banyak terjual dipasaran las listrik dengan daya spesifikasi 900 w sangat mudah kita jumpai dan sangat simpel untuk dipakai, namun bagi anak muda yang ingin mengembangkan bakatnya dibidang listrik ataupun skill yang lain ,pasti lebih keren kalau mampu menggunakan alat hasil ciptaan tangan sendiri.


Cara Bikin Las Listrik Trafo Bekas Microwave Sederhana



Cara Bikin Las Listrik Trafo Bekas Microwave

Apabila kita membeli mesin las dipasaran tentunya barang tinggal memilih kualitasnya seperti apa, merk apa dan kemampuan apa yang kita ingini. Namun biasanya spek yang kita inginkan secara personal biasanya mesin las yang ada dipasaran tidak kita temui , semisal kabel kurang panjang, kurang lues untuk penempatan di bengkel ataupun lain-lain..

Apabila kita ingin membuat mesin las dari trafo microwave yang sudah memiliki core cukup baik dengan spek garde M3, Matrial ini sudah layak dan bagus dengan Core H20 maupun H30.

BAHAN-BAHAN YANG HARUS DIPERSIAPKAN

1. Trafo bekas microwave dengan kondisi yang baik
2. Kabel las yang memiliki jenis serabut atau fleksible dengan panjang disesuaikan dengan kebutuhan
3. Batang tembaga dengan lebar diameter 10mm dan panjangnya skitar 10 cm atau bisa lebih.
4. Klem kabel dengan diameter lubang klem sebesar 10mm
5. Kabel untuk power (saklar colokan)
6. Bahan untuk pembuatan stang tangkai sesuai selera yang di inginkan 
7. Kabel listrik jenis NYA ukurannya 1,5 ataupun 2,5 mm dengan panjangnya 5 m boleh lebih

PERALATAN YANG WAJIB ADA 

A. Palu karet atau sering disebut mallet
B. Obeng (-)
C. Gergaji besi
D. Pahat 
E. Tang kombinasi juga cutter


PENGGULUNGAN TRAFO LAS 

Untuk memulainya kita harus membuka terlebih dahulu bagian sekunder dari microwave dan mengganti lilitannya dengan kabel dengan jenis ukuran lebih besar dan bertujuan untuk menghasilkan amper yang lebih besar pula. Ukuran kabel yang baik kita gunakan yaitu berukuran sekitar 2,5 mm. 

Cara memperoleh voltase ideal yang kita ingini yaitu dengan cara melilit sedikit kabel terlebih dahulu dan kita ukur voltase yang dihasilkan , baru kemudian kita lanjutkan dengan 5 gulungan pada step awal pengukuran dan berlanjut ke step berikutnya dengan menambah secara perlahan sambil dilakukan pengukuran hingga menghendaki voltase berapa yang kita harapkan.

Baca Juga : Teknik sipil dan umum yang ada di sekitar 

Sebagai saran apabila anda ingin menciptakan las titik alangkah baiknya tidak usah menggunakan setelan voltase yang besar yang mengakibatkan terjadinya percikan api dan berpotensi membahayakan. Voltase yang baik pada umumnya di antara 5 sampai dengan 10 volt. Untuk mengurangi jumlah voltase kita mudah hanya dengan cara sebaliknya yaitu dengan mengurangi jumlah lilitan pada trafo.

PEMASANGAN MATA LAS LISTRIK

Pembuatan mata las ini sendiri kita juga akan menggunakan bahan sederhana yang dijual bebas di pasaran yaitu dari bahan tembaga. Caranya ujung tip mata las kita sesuaikan dengan ukuran yang diperlukan .Kita pasang dengan cara pemasangan tidak longgar dengan tentu aliran listrik yang dihasilkan akan maksimal.

Baca juga : Teknik las karbit dasar yang bagus dan kuat



Cara Bikin Las Listrik Trafo Bekas Microwave Yang Mudah



PEMASANGAN POWER LAS LISTRIK

Untuk memasang kabel power yang dicolokkan ke sumber listrik, kita harus memperhatikan gulungan primer yang nantinya sebagai input sumber listri AC 1 fasa ,sedangkan gulungan yang dihubungkan dengan kabel las yang terdapat 2 batangan tembaga merupakan sebagai titik gulungan sekunder. 
Untuk menjaga kelangsungan umur mesin las buatan kita , bisa modifikasi menambahkan kipas pendingin sebelumnya.

Baca juga : Obat yang ampuh mengobati sakit mata karena pengelasan

Untuk diperhatikan spesifikasi mesin las dari bahan trafo bekas microwave biasanya berkapasitas kecil , dengan demikian kemampuan lasnya hanya bagus apabila dipergunakan untuk benda kerja dengan ketebalan yang tipis, dan apabila anda menginginkan hasil yang maksimal dengan las rakitan sendiri alangkah baiknya menggunakan trafo khusus yang memiliki daya sesuai, sehingga benda kerja pengelasan dapat menempel sempurna dan kuat.

Lakukan pembuatan mesin las bahan trafo bekas ini sesuai tahapan yang benar , apabila kita membuatnya asal-asalan maka voltase yang dihasilkan apabila terlalu besar bisa sangat membahayakan ..

Post terbaru

Pengganti Rockwool Hidroponik Harga Murah