Bagian Mesin Bor Duduk Atau Drilling

bagian mesin bor duduk - Atau sering disebut dengan sebutan driling mesin merupakan suatu alat yang digunakan sebagai pengeboran atau pelubangan pada benda kerja berbentuk lembaran atau bentuk lain dengan menggunaka pemotong yang berputar. Kita bisa mengenal berbagai jenis mesin bor yang sering kita temui di bengkel atau lingkungan kerja industri diantaranya bor meja, mesin bor tegak  mesin bor radial , mesin bor lantai, mesin koordinat dan juga mesin bor berporos.
Dari berbagai macam jenis mesin bor tersebut di atas ada beberapa bagian utama penyusun dari mesin tersebut ,yaitu :
Baca Juga : Bagian utama mesin bubut dan fungsinya 

Bagian Mesin Bor Duduk 1



Bagian-Bagian Mesin Bor Duduk 


A. Bagian Dudukan Atau Base

Bagian base ini merupakan bagian penopang dari semua komponen yang ada di mesin bor duduk. Bagian base terletak pada bagian paling bawah dan ditempelkan pada lantai dengan lubang sebagai tempat baut atau dinabolt untuk mengikat supaya mesin bor saat dilakukan pengerjaan benda kerja berlangsung getaran yang terjadi dapat diredam oleh bagian base ini. Apabila pemasangan base dengan kekencangan baut tidak benar-benar kuat maka ketika mengerjakan benda kerja yang nilai presisinya tinggi , sulit untuk mencapainya. Maka dari itu saat melakukan perakitan kita harus memastikan faktor lantai dan tata cara pemasangan base ini benar-benar kuat.

B. Bagian Column Atau Tiang

Bagian column ini memiliki bentuk silinder memanjang secara vertikal ke atas, dengan fungsi sebagai penyangga bagian komponen mesin bor duduk yang lain untuk terangkai sempurna menjalankan proses pengerjaan pengeboran. Bagian tiang ini menempel rel alur gerigi yang berfungsi sebagai pergerakan secara vertikal naik atau turun meja kerja sehingga proses feeding atau pemakanan bisa kita stel sesuai kebutuhan dengan melihat eretan putaran engkol yang ada di meja. Atau memang kesulitan untuk melakukan kedalaman pengeboran atau jangkauan dari pergerakan Bagian Drill Feed Handle (yang akan kita jelaskan di bawah)  kita bisa melakukan setting dengan memberikan stopper yang ada pada bagian column atau tiang ini.
Baca Juga : Cekam atu chuck pada mesin bubut

C. Bagian Table atau Meja Mesin Bor

Bagian table ini merupakan alat sebagai peletak benda kerja yang akan di bor dan dijepit menggunakan ragum mesin yang terlebih dahulu sudah disetting diikat pada table dengan menggunakan baut alur T. Meja kerja ini memiliki fitur bisa dilakukan pemutaran sebesar 360 derajat mengelilingi porosnya yaitu bagian tengah meja. Meja bor ini dapat digerakkan dengan poros engkol utama yang menempel pada meja dengan putaran engkol searah jarum jam maka pergerakan meja menuju ke atas dan melakukan proses feeding selain menggunakan Drill Feed Handle . Dan sebaliknya apabila poros engkol kita putar berlawanan arah jarum jam maka pergerakan meja akan turun ke bawah menjauhi mata bor. Supaya menjaga tingkat ke presisian pengeboran benda kerja kita bisa melakukan klamp table atau pengunci meja sehingga saat pegeboran meja tidak akan bergerak bergeser-geser.
Baca juga : Cara menghitung rumus putaran mesin bubut

D. Bagian Mata Bor Atau Disebut Drill

Mata bor ini merupakan alat inti digunakan sebagai pemotong atau pelubangan benda kerja secara efisien , bentuk dari mata bor ini yaitu dengan alur spriral yang didesain baik untuk pengerjaan bor. Alur spiral ini bisa berguna saat pemakanan benda kerja akan tercipta tatal atau gram kotoran hasil pengeboran secara otomatis dapat naik kepermukaan benda kerja tanpa khawatir menggesek diameter hasil pelubangan. Apabila mata bor ini dirasa sudah aus atau tidak tajam lagi, kita dapat mengasah ulang sesuai dengan sudut yang kita inginkan tanpa mengurangi ukuran diameter mata bor itu sendiri. Dalam jenis bahan nya mata bor bisa bermacam macam disesuaikan dengan benda kerja yang akan di bor, misalnya mata bor untuk benda kerja kayu, benda kerja besi, dan benda kerja untuk stainless steel. Penggunaan jenis mata bor harus benar-benar disesuaikan dengan benda kerja yang digarap agar hasil pengeborannya bagus.

E. Bagian Spindle

Bagian spindle ini berguna untuk menjepit mata bor agar tidak mudah lepas saat putaran mesin bor dinyalakan dan melakukan pemakanan. Pada spindel biasanya terdapat lubang pengunci dan gerigi yang digunakan untuk mengunci mata bor dengan kunci khusus spindle. Pengunciannya yaitu kunci dimasukkan pada lubang dan diputar searah jarum jam dan untuk melepaskan mata bor lakukan pergerakan sebaliknya.

F. Bagian Spindle Head

Bagian ini merupakan rumah dari konstruksi bagian spindel mesin bor tadi.

G. Bagian Drill Feed Handle

Sesuai dengan namanya dril feed handle digunakan oleh operator mesin bor untuk melakukan pemakanan benda kerja. Cara kerjanya operator memegan drill feed handle dan di gerakkan menekan ke bawah , semakin ke bawah operator menekan maka semakin dalam pula terjadinya pengeboran. Biasanya juga pada bagian ini ada ukuran kedalaman atau pergerakan handle feed, sehingga kalau pengeboran bisa terukur.

H. Bagian Motor Listrik

Bagian ini bisa disebut jantungnya dari mesin karena kita tau kalau tidak ada motor ini proses pengeburan tidak bisa berlangsung. Motor bor berupa dinamo penggerak mesin bor yang putarannya dihubungkan oleh van belt di ikat pada pully. Pada puly ini ada beberapa besaran diameter yang dipergunakan untuk mengatur kecapatan putaran mata bor dan bisa disesuaikan jenis benda kerja dan diameter mata bor yang akan digunakan,biasanya sudah ada tabel hitungan percepatan sesuai dengan rumus.
Motor ini harus dilengkapi dengan saklar on/off, kabel power , sekring dan juga lampu indikator.


Bagian Mesin Bor Duduk drilling

Bagian Mesin Bor Duduk Tabel



Bagian- bagian mesin bor tadi merupakan komponen yang tersusun secara presisi dan kuat. Untuk menjaga tingkat akurasi ukuran pengeboran alangkah baiknya kita lakukan perawatan di seluruh komponen pengusung tadi, seperti contohnya berikan grease atau vaselin pada column supaya pergerakan naik turun meja mesinya lancar, lakukan pembersihan semua komponen dari geram atau sampah pengeboran , dan selalu mengecek lantai dudukan sebelum pengerjaan dimulai supaya menjaga keslamatan operator bor dan juga benda kerja.


Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen