Ayam Birma Ori Asli Berkualitas Bagus

Ayam birma ori asli - Salah satu jenis ayam yang merupakan tipe aduan dengan skill khusus tidak dimiliki oleh ayam aduan jenis lain dan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang penggemarnya. Banyak orang memburu ayam birma yang asli digunakan sebagai aduan ataupun dikoleksi saja. Ada juga orang mencari ayam birma untuk di silangkan dengan jenis ayam bangkok supaya memperoleh skill tarung yang sempurna.

Secara postur ayam ini berukuran seperti pada ayam kampung umumnya , namun saat diadu ayam birma memiliki kemampuan saat di serang dan mendapat kuncian dari lawan mampu melepaskan kuncian tersebut dengan gesit , serta kemampuan menyerangnya dengan gaya serangan pukulan gerakan cepat dari arah depan, sehingga lawan akan kualahan untuk menangkis serangan tersebut. Ayam birma pada umumnya berbobot sekitar 2,8 sampai 3 kg.

Baca juga : Ayam bangkok ekor lidi super

Ayam Birma Ori Asli bagus


Ciri Khas Ayam Birma Ori Asli Turunannya


1. Secara dilihat dari bentuk ukuran fisik hampir tidak jauh beda dengan ayam kampung biasa.

2. Berat badannya rata-rata kurang dari 3 kg, yang merupakan salah satu faktor gesitnya saat tarung.

3. Bentuk pada jari kaki yang relatif kecil memanjang

4. Sistem pertulangan yang relatif tipis dan kecil, Saat ayam birma berumur 12 - 15 bulan maka saat itu kekuatan tulang ayam menguat dan lebih keras.

5. Warna bulu yang spesial berbeda yaitu campuran dari merah , widu serta abu-abu, dari ayam bangkok pada umumnya yang dominasinya berwarna merah,kuning , hitam , dan lainnya.

Baca juga : Pakan untuk ayam bangkok yang bagus 

6. Memiliki gaya tarung yang khas seperti kelihaian menghindar dengan cara mengolong dan memutar-mutar, Kategori tarung ayam ini cerdik yaitu menjaga jarak kepada lawan sehingga bisa membuat lawan putus asa , dan kalau ada kesempatan memukul ayam ini secara gencar dan akurat melakukan pukulan kepada lawan dari arah depan tepat mengenai kepala. Namun secara keseluruhan ayam birma ini memiliki kelemahan yaitu memiliki pertulangan yang tipis dan kecil sehingga kalau berhadapan dengan ayam berfisik kuat dan memiliki pertulangan yang kuat dan besar maka ayam birma rawan kalah.

7. Bentuk wajah ayam birma kalau kita amati seksama nampak lebih kecil dibandingkan dengan ayam vietnam ,bentuk wajahnya yang tajam dan membentuk garis lurus. Paruh ayam birma lebih berukuran kecil dibanding dengan ayam lainnya. Sedangkan ukuran telinganya lebih besar daripada ayam jenis lain, Gelambir ayam ini agak lebar terletak dibawah paruh.

8. Mata ayam birma menyorot tajam seperti melotot sehingga nampak garang daripada ayam jenis bangkok sekalipun.

9. Tipe jengger ayam birma cenderung berbentuk tegak dan mirip sekali tanduk ular , namun akhir-akhir ini sudah jarang ditemukan bentuk jengger ayang seperti itu karena sudah sering ayam birma di kombinasi disilangkan dengan jenis ayam bangkok.

Ayam Birma Ori Asli berkualitas

Baca juga : Inovasi pakan ayam petelur yang hemat murah dan berkualitas

Biasanya para penggemar ayam petarun melakukan persilangan dengan ayam bangkok sehingga memperoleh keturunan yang lebih bagus dan mendapatkan gaya tarung ayam birma serta memperoleh pertulangan yang kuat dari ayam bangkok.
Jika praktek persilangan yang dilakukan lebih banyak 75% ayam bangkoknya maka hasil turunannya bisa berbobot lebih dari 3 kg dan pertulangan bisa lebih besar dan kuat. Jika persilangan yang dilakukan 75% lebih banyak ayam birmanya maka biasanya turunan ayam bisa berbobot kurang dari 3kg,namun ukurannya bisa mendapatkan lebih besar daripada ayam birma yang ori asli.
Jika pengawinannya presentasi perbandingan 50% dan 50% maka bisa mendapatkan turunan berbobot 3 kg dengan pertulangan besar dan kuat. Nah demikian bisa menjadi acuan metode mana yang akan anda pilih supaya ayam birma ori asli anda bisa memiliki skill tarung yang sempurna,silahkan mencoba.


Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen