Cara Membuat Tahu Lembut Dan Enak Sendiri

Tahu merupakan jenis bahan masakan yang mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan yang sangat lezat dikonsumsi. Tahu juga merupakan makanan yang nilai kandungan gizinya sangat baik untuk tubuh manusia. Cara membuat tahu di kalagan masyarakat menengah bawah ataupun menengah atas rata-rata doyan memakan tahu dengan dijadikan olahan camilan ataupun lauk pauk. Tahu bisa dikatakan sebagai makanan favorit sebanding dengan tempe yang sama-sama terbuat dari bahan dasar kedelai. Tahu yang lembut dan enak bisa kita praktekkan sendiri dirumah,kenapa harus membuat sendiri dirumah? .. Nah ini dikarenakan kita semua sering pemberitaan di media televisi yang sering mengupas kecurangan produsen tahu dalam melakukan proses membuat tahu dengan pemberian bahan-bahan berbahaya seperti boraks,formalin dan pewarna yang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita,walaupun produksi tahu buatan mereka terasa lebih kenyal enak dan warna yang sangat bagus kita harus berhati-hati.

Cara membuat Tahu
kedelai bahan utama tahu

Untuk memberikan rasa tenang bagi anda ibu rumah tangga alangkah baiknya memberikan sajian masakan untuk keluarga tercinta dengan makanan bergizi tinggi dan sehat untuk dikonsumsi,bisa dengan cara membuat tahu yang lembut dan enak sendiri dirumah dengan mengawasi bahan-bahan untuk pembuatan yang terbaik serta dapat menjamin kebersihan tahu buatan kita. Setelah Kita membuat tahu sendiri kita bisa variasikan hasil tahu tersebut dengan contoh olahan tahu seperti ,tahu crispy,tahu bacem, tahu gejrot, tahu oseng dan masih banyak lagi variasi olahannya.

Hal-hal Yang Dipersiapkan Cara Membuat Tahu Sendiri


A. Persiapkan Alat Dan Bahan

Bahan yang utama dalam cara membuat tahu sendiri yaitu kacang kedelai,Untuk mempersiapkan kedelai yang bagus anda bisa baca cara memilih kualitas kedelai yang bagus , Proses persiapan bahan yang lainnya adaah cuka salad atau juga perasan air lemon ,blender,air, plastik mika, pisau , baskom, lain tipis, saringan , dan loyang sebagai wadah pencetakan tahu. Sebeluh pengelohan dimulai alangkah baiknya anda membersih kan alat- alat dan bahan tersebut supaya rasa dan kandungan gizinya tetap bagus.

Cara membuat tahu lembut enak sendiri
pembuatan tahu




B. Perendaman Kedelai 

Perendaman kedelai yang baik dilakukan selama sekitar 12 jam atau seharian, dengan mengguankan air hangat.Perendaman tersebuat bertujuan agar kedelai yang nantisa sebagai bahan utama tahu teksturnya menjadi lebih lunak,memngembang dan memutih. Sehingga proses cara membuat tahunya lebih mudah.

C. Pengahalusan Kacang Kedelai 

Proses perendaman yang sudah terpenuhi selama 12 jam,maka kita bisa lanjut ke proses selanjutnya yaitu penghalusan, caranya kita hilangkan air yang ada dalam wadah perendaman kemudian kita cuci ulang kedelai tersebut benar-benar bersih dan kita masukkan ke blander ditambahi air bersih yang dalam kondisi masih baru. Takaran pemberian air harus sebesar 2x lipat dari jumlah kedelai. Lakukan pemblanderan hingga kedela0 benar-benar halus.

D. Penyaringan Kedelai Setelah Di Blander

Ketika proses pemblanderan selesai maka kita lanjutkan pada proses penyaringan, proses penyaringan dilakukan bertujuan agar tahu yang kita buat nanti supaya bertekstur halus dan lembut serta kotoran dari kacang kedelai mampu dipisahkan, Proses penyaringan dilakukan sedikit demi sedikit hingga air yang terdap di dlam wadah benar-benar habis.

Baca Juga :  Membuat Ragi Tempe Alami

E. Pemasakan Hasil Saringan Sari kedelai

Proses masak ini harus kita amati sampai rebusan sari kedelai yang sudah kita peroleh hingga benar-benar mendidih. Setelah rebusan sampai mendidih kita matikan api. Tunggu sampai uap asap masakan sari rebusan kedelai tadi hilang. Setelah uapa asap tadi sudah hilang kita bisa menambahkan cuka salad atau alternatif lain kalau kesulitan memperoleh cuka salad bisa digantikan dengan perasan air lemon. Setelah anda campuri, aduklah hingga merata .

F. Proses Pencetakan 

Ketika kita lihat adukan campuran sari kedelai dengan cuka salad tadi sudah menunjukkan tanda-tanda penggumpalan, berlanjut dengan pencetakan yang sebelumnya wadah cetakan dasarnya sudah kita lapisi menggunakan kain yang tipis,tuangkan adonan tadi secara rata permukaannya dilanjutkan dengan menutup kembali menggunakan kain yang tipis. Setelah kira-kira 40 menitan adonan tahu tadi mulai mengeras anda bisa potong sesuai ukuran kehendak anda.

Cara membuat tahu
Aneka Olahan Makanan Dari Tahu


Secara penjelasan saya tadi diatas maka kita bisa lihat bahwa membuat tahu yang lembut halus dan enak bisa dipraktekkan sendiri dirumah dengan cita rasa yang enak.



Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya