Tips Jitu Belajar Matematika Mudah

Secara umum belajar matematika diartikan sebagai ilmu berhitung. Namun menurut Cambridge Dictionary definisi matematika yaitu ilmu tentang logika yang berhubungan dengan angka, bentuk, dan ruang. Sedangkan secara filosofis matematika ini sulit untuk didefinisikan. Karena matematika merupakan sebuah konstruksi pemikiran yang independen dari pengamatan empiris terhadap dunia nyata. Sangat berbeda dengan sains yang dilihat dari sudut pandang secara esensinya adalah upaya manusia memahami alam semesta yang nyata dan real secara empiris. Sering kali orang menganggap matematika sangat berkaitan erat dengan hitung-menghitung dan angka. Padahal nyatanya banyak sekali cabang dari matematika, misalnya ilmu gepmetri, topologi, logika, dan lainnya yang tidak menggunakan angka. Dan sebagai gantinya menggunakan simbol atau notasi. Banyak pula orang yang mempersepsikan bahwa apabila kita jago matematika pasti jago ilmu hitung lainnya seperti kimia, fisika dan ilmu eksak lainnya. Maka dari itu kita harus mengetahui tips jitu belajar matematika mudah.
tips belajar matematika





Pada dasarnya untuk bisa tips jago belajar matematika tidak harus mempunyai IQ yang tinggi. Semua itu berdasarkan kemauan yang keras untuk bisa dan rajin mempelajarinya. Simpelnya seperti barang yang terlihat jadi kita pasti bisa. Orang yang jenius pun akan kalah dengan orang yang rajin belajar matematika.

tips mudah belajar matematika


Beberapa Tips Jitu Jago Matematika :


1. Ubah persepsi kalau matematika sulit

   Sadarilah bahwa kita dikaruniai otak dengan bentuk dan ukuran yang sama. Jadi kalau dia Si Jago Matematika bisa past kita bisa. Belum tentu kalau di jenjang SMP nilainya 90 di SMA nanti akan juga sama. Banyak sekali pengalaman orang sekitar kita demikian itu. Jadi kita harus selalu optimis dan berfikir yang positif bahwa kita pasti bisa dan mudah. Karena kemampuan matematika bisa dipelajari. dan dipahami dengan cara mengetahui tips belajar matematika yang mudah.

2. Ganti cara belajar menggunakan metode yang tepat

   Pelajari dulu konsep dasar matematika supaya kita tidak terdoktrin dengan istilah matematika yang rumit. Kemudian jangan terpacu untuk selalu menghafalkan rumus. Iya memang pada matematika ada rumus paten. Yang dimaksud disini bahwa kalau kita sudah paham pada konsep dasar pasti kita bisa membuat turunan rumus sendiri. Kalau hanya menghafal dan hanya memasukkan angka pada rumus pasti kita hanya bisa begitu-begitu saja. Tips,Kala sudah bisa memahami rumus silahkan anda mencoba untuk mengerjakan soal yang variatif untuk lebih mengasah kemampuan kita. Pasti nanti ada rasa kepuasan tersendiri kalau kita benar mengerjakannya meskipun banyak langkahnya.

tips mudah belajar matematika

Baca juga : Teknik seni menanam bonsai 

3. Matematika merupakan ilmu mudah yang wajib kita pelajari

   Mengapa saya katakan demikian, karena di berbagai lingkup keseharian kita sangat berkaitan erat dengan matematika. Meskipun kelak kita tidak menjadi seorang guru matematika pasti kita juga sangat membutuhkan ilmunya. Misalnya orang jualan pun harus bisa teliti untuk menghitung atau menganalisa untung ruginya. Juga harus bisa menganalisa pendapatan per hari, bulan, dan tahun. Bahkan kelak kita pun juga akan menjadi seorang ibu atau ayah yang harus bisa mengatur keuangan rumah tangga, jangan sampai karena salah perhitungan keuangan rumah tangga menjadi minus. Begitu secara simpelnya supaya kita harus lebih jitu dan teliti memahami ilmu belajar matematika yang bisa dikerjakan secara mudah.

4. Hadir di kelas mengikuti pelajaran matematika 

   Usahakan untuk selalu mengikuti pelajaran kecuali sedang sakit. Siapkan buku mata pelajaran dan alat yang dibutuhkan. Jangan sampai ada yang tertinggal. Mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan hadir sebelum guru datang ke kelas. Buat catatan kecil sebagai ringkasan penjelas dari guru.

5. Bekerjasama belajar matematika dengan guru supaya mudah

   Apabila anda menemui kesulitan jangan sungkan untuk bertanya atau menemui guru saat luang. Saat belajar di kelas pun anda juga bisa aktif untuk mengerjakan soal di papan tulis.

6. Bekerjasama belajar matematika dengan teman 

   Belajar mudah matematika dengan teman juga bisa jadi solusi. Tidak harus teman satu sekolah, teman beda sekolah pun juga bisa anda ajak untuk tukar pikiran. Karena belajar dengan teman sendiri akan lebih santai dan tidak canggung atau malu untuk bertanya.

7. Jangan tunda mengerjakan PR

   Kerjakan PR sesegera mungkin, terutama saat setelah sampai rumah karena daya ingat masih segar usai pelajaran tadi. Hal ini mencegah supaya kita tidak lupa kalau dapat tugas karena murid yang baik harus disiplin.

Demikian tips jitu jago jitu belajar matematika yang mudah dan  bisa anda terapkan untuk tips meningkatkan nilai mata pelajaran di sekolah. Jangan malas belajar dan harus terus belajar untuk masa depan yang cerah dan cita-cita tercapai.

Post terbaru

Pengganti Rockwool Hidroponik Harga Murah