Pengertian Mesin Frais Vertikal dan Universal

Pengertian mesin frais (vertikal/horizontal) atau Milling Machine yaitu Suatu perkakas yang dipergunakan untuk memakan benda kerja yang biasanya  proses pemotongan secara menyayat menggunakan alat potong yang memiliki mata potong banyak dan secara berputar atau multi point cutter. Cara pemasangan pisau pemotong yaitu dengan cara memasukkan pisau cutternya sesuai sumbu arbor mesin yang sudang didukung dengan alat penyusun arbor, proses pergerakan percepatan putaran pisau frais sesuai dengan arbor yang digerakkan oleh operator mesin frais dengan menyetel spindel pengatur kecepatan mesin.

Pengertian mesin frais vertikal


Bentuk Pemakanan Benda Kerja Mesin Frais

Hasil bentuk yang berbeda pada pemakanan mesin frais sangat tergantung pada cara pengerjaannya. Berikut di bawah ini beberapa bentuk-bentuk pamakanan yang bisa dihasilkan oleh mesin frais, yaitu :

1. Bidang sejajar
2. Bidang siku
3. Bidang rata datar
4. Bidang rata miring menyudut
5. Segi beraturan atau tidak beraturan
6. Roda gigi lurus, helik, paying, cacing
7. Alur lurus melingkar
8. Pengeboran lubang atau memperbesar lubang
9. Nok/eksentrik, dan lain-lain.

Macam-macam Mesin Frais

Ada berbagai macam jenis mesin frais,yang masing-masing memiliki spesifikasi sendiri atau khusus diantaranya adalah :

- Mesin frais tiang dan lutut ( coloumn and knee )
- Mesin frais Hobbing
- Mesin Frais pengulir ( Threat machine)
- Mesin Frais Pengalur ( Spline machine)
- Mesin Frais pembuat pasak ( Key milling Machine)

Dan apabila dipergunakan untuk pengerjaan masal biasanya menggunakan mesin frais yang memiliki banyak sumbu Atau sering disebut multi spindle planer type yang mempunyai meja bekerja dengan cara berputar terus menerus, atau bisa menggunakan mesin frais jenis drum type milling machine.


Mesin Frais Horzontal

Pengertian mesin frais horizontal adalah mesin yang dipasang dengan cara pemasangan spindel secara horizontal,biasanya dipergunakan untuk penyayatan benda kerja dengan bentuk datar dan frais alur.
Mesin ini memiliki tipe knee dan yang umumnya memiliki bentuk yang meirip dengan mesin jenis Universal. Desain mesin ini dibentuk secar asedemikian rupa sehingga meja kerja dapak dipergerakkan longitudinal,maju atau mundur dan dapat digerakkan secra manual memutar spindel penggerak meja ataupun dipergerakkan secara otomatis yang kedudukan spindelnya kearah horizontal.
Alas mesin ini terbuat dari bahan besi cor kelabu pendukung seluruh komponen lain dan dibaut sebagai fondasi dan fungsi lain yaitu sebagai wadah penampung coolant yang mengalir kearah bawah
dan didalam kolom tersebut terdapat pompa yang berfungsi untuk memompa coolant tadi yang turun kebawah dinaikkan lagi ke meja table pemakanan benda kerja secra sirkulasi terus-menerus.

Baca juga : Cara las menggunakan gas lpg

Tentang Mesin Frais Universal 

Pengertian Mesin frais Universal yaitu memiliki kedudukan arbornya secara mendatar perubahannya kearah vertikal yang bisa kita lakukan dengan cara mengubah posisi arbor ,pergerakan meja mesin ini dapat diarahkan memanjang ,melintang ,naik atupun turun dan bisa juga diputar dsesuaikan membuat sudut tertentu yang berdasarkan pada body mesin.

Kekuatan Mesin Frais

Setiap mesin frais memiliki batas kemampuannya masing-masing dalam pemakanan maksimal benda kerja,faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut yaitu :

- Besar atau kecilnya putaran setingan mesin
- Tebal tipisnya penampang tatal yang dihasilkan
- Jenis benda kerja yang digarap
- Kecepatan operator melakukan pemakanan
- Ketebalan sayatan
- Kemampuan mesin sesuai atauran spesifikasi pabrikan
- Jenis isau yang digunakan

Berikut tabel kecepatan potong berdasarkan jenis benda kerja

Pengertian mesin frais vertikal dan horizontal
table kecepatan potong sesuai jenis benda kerja


Dua Cara Dasar Dalam Pengefrisan Benda kerja yaitu diantaranya :

1. Pengefrisan Muka
2. Pengefrisan Sisi

Pengertian mesin frais dan cara pengerjaan,Pengefrisan muka :  Sumbu pada Mata pisau cutter terletak tegak lurus terhadap sumbu permukaan benda kerja yang akan di lakukan pemakanan.
Pengefrisan Sisi : Sumbu pisau mesin frais sejajar dengan permukaan benda kerja yang digarap,Pemotongan terjadi menggunakan gigi-gigi bagian sisi pisau yang bentuknya silindris.





Post terbaru

Pengganti Rockwool Hidroponik Harga Murah