Teknik Membuat Telur Asin Tidak Bau Amis

Telur asin mempunyai kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita. banyak sebagian orang menjadikan telur bebek menjadi berbagai olahan makanan. seperti yang sering kita ketahui telur bebek digunakan untuk pembuatan martabak telor. namun tidak hanya itu saja, banyak juga orang yang mengolahnya menjadi telur asin. pada zaman sekarang ini banyak sekali makanan modern yang menggunakan telur asin atau salted egg. biasanya dikombinasikan pada menu-menu olahan ayam, misalnya ayam geprek salted egg yang telur bebeknya diolah menjadi saus.

Namun telur asin bisa dikatakan berkualitas bagus apabila rasa asinnya tidak menyengat, tidak berbau amis, kuning telurnya agak kemerahan, dan teksturnya agak berminyak. Untuk saya pribadi, saya juga tidak terlalu suka terlalu asin dan amis. Untuk menelannya saja pun susah dan membuat enek di perut. Banyak orang masih menggunakan cara tradisional menggunakan adonan abu dan batu bata untuk menghasilkan telur asin yang berkualitas. Tetapi cara ini dinilai tidak praktis lagi. Jangan khawatir, berikut adalah cara yang lebih praktis membuat telur asin sendiri yang tentunya lebih fresh, sehat, dan tangan tidak perlu kotor terkena abu.

cara buat telur asin tidak bau amis

Baca Juga : Pakan bebek pedaging agar cepat besar

Bahan-bahan Yang Diperlukan:

- 12 butir telur bebek mentah
- 500 gram garam
- 3 siung bawang putih
- 4 buah bunga lawang
- 2 batang kayu manis
- 1,5 liter air

Cara Membuat :

1. Sikat dan bersihkan telur bebek menggunakan sabut alumunium

2. Rebus air, garam, bunga lawang, kayu manis, dan bawang putih hingga mendidih.

3. Letakkan telur dan air garam yang sudah dingin ke dalam wadah. Pastikan telur benar-benar terendam dengan menambahkan pemberat di atasnya seperti botol bekas selai atau semacamnya yang  penting telur benar-benar terendam, tidak terlalu berat dan membuat telur pecah. Tutup dan biarkan selama 14 hari.

4. Untuk mengetes setelah 14 hari, ambil 1 buah telur lalu rebus selama 20 menit dengan air mendidih. Setelah dirasa pas, baru rebus semua telur sampai matang selama 20 menit. Namun, bila dirasa kurang asin anda bisa merendam telurnya selama beberapa hari lagi.

5. Telur asin siap untuk disantap bersama nasi hangat, sambal atau sesuai selera.

Catatan : Penggunaan bunga lawang, kayu manis, dan bawang putih berfungsi sebagai penghilang bau amis pada telur. Apabila tidak ada bisa juga diganti menggunakan kulit bawang merah atau jahe.

Apabila menginginkan rasa yang berbeda ada dapat mencoba dengan mengubah cara akhir yaitu bukan dengan dikukus,ada dapat variasikan menggunakan teknik telur asin asap.
Teknik memasak ini menggunakan pengasapan secara terus-menerus sampai benar-benar telur tersebut matang sempurna. Waktu yang diperlukan dalam pengasapan telur relatif lebih lama.
Dan apabila anda menginginkan telur asin yang beraroma wangi serta rasa yang gurih,bisa menggunakan teknik masak dengan dipanggang.

Baca juga :
Cara menetaskan telur bebek dengan sekam
Cara ternak bebek peking pedaging

Demikian adalah teknik membuat telur asin tidak bau amis. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi peluang bisnis usaha rumahan.

Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen