Teknik Mesin Sekrap

Mesin Sekrap (shapper machine) Adalah sebuah perkakas mesin yang dipergunakan untuk membentuk suatu benda kerja dengan cara melakukan penyayatan terhadap benda kerja menggunakan alat pisau atau pahat yang pergerakannya lurus bolak-balik.Pekerjaan yang dilakukan oleh mesin ini misalnya membuat benda kerja alur pasak,menyekrap cekung, menyekrap cembung,menyekrap bentuk miring,menyekrap bertingkat,menyekrap bidang siku dan lain-lain sesuai gambar dibawah ini :

Teknik Mesin Sekrap


1. Sekrap bidang miring
2. Sekrap bidang cekung
3. Sekrap Alur-V
4. Sekrap alur dalam
5. Sekrap Sekrap bidang datar
6. Bidang Tegak
7. Sekrap bidang bertingkat

Pergerakan pahat pada mesin sekrap yaitu menyayat benda kerja secara selapis demi selapis,sayatan ini satu arah yang saat pahat bergerak maju menyayat benda kerja biasanya disebut dengan gerak kerja,dan saat pergerakan pahat kembali kebelakang pada posisi yang semula tanpa melakukan penyayatan gerakan ini disebut gerak bebas.
Pahat yang dipakai untuk mesin sekrap yaitu hampir sama pahat yang dipakai mesin bubut dimana pahat tersebut hanya memiliki satu mata potong benda kerja. Pengoprasian mesin sekrap yaitu benda kerja diletakkan pada meja mesin kemudian dijepit menggunakan ragum ataupun klem, cara penyayatannya yaitu kita gerakkan meja  mesin menggunakan tuas penggerak kearah samping,melintang,naik atau turun menuju pergerakan pahat yang maju mundur pada posisi yang tidak berubah sehingga terjadi proses penyayatan antara pahat terhadap benda kerja.

Bagian Mesin Sekrap


Proses Pergerakan Mesin Sekrap


Pada saat mengoprasikan mesin sekrap kita harus mengetahui istilah tentang berbagai macam pergerakan misalnya: gerakan pemotongan,gerakan pengikatan,dan gerakan  pemakanan.

1. Pergerakan Pengikatan


Gerakan pengikatan merupakan pergerakan meja mesin ke arah atas ataupun ke arah bawah dari pahat sehingga membuat hasil ukuran kedalaman pemotongan benda kerja oleh pahat.

2. Pergerakan Utama Atau Gerak Potong


Gerakan utama atau pemotongan merupakan gerakan pahat maju ataupun mundur,saat bergerak maju pahat melakukan penyayatan atau gerak kerja menghasilkan beram atau disebut tatal,dan gerakan pahat kebelakang tanpa penyayatan yang disebut dengan gerakn bebas.

3. Pergerakan Pemakanan 


Pergerakan pemakanan merupakan gerak ke samping atau melintang meja mesin juga benda kerja secara mendatar terhadap  pahat mesin.Gerakan pemakanan ini menentukan ketebalan hasil sayatan pemakanan benda kerja dan tatal yang tersayat.


Mesin sekrap hampir memiliki kesamaan dengan mesin slotter atau mesin tusuk,perbedaannya yaitu pada mesin sekrap yang digerakkan oleh operator adalah meja mesin dan benda kerja yang terikat mendekati pahat mesin untuk melakukan penyayatan,seangkan pada mesin slotter kebalikannya yaitu operator menggerakkan pahat naik turun,secra vertikal /mendekati benda kerja untuk proses pemakanan.

Baca juga artikel : Permesinan Teknik Mesin Frais

Bagian Utama Mesin Sekrap


Secara umum bagian utama mesin sekrap dibagi menjadi 8 yaitu :Rangka mesin (column),Meja (table),Lengan (ram),Rumah pahat (tool post),Pelat rumah pahat (clapper block), Kotak ayun (clapper box), eretan (slide tool) , tuas kedudukan langkah lengan (ram positioning lock).Kesemua bagian utama itu kita harus memahami bentuk ,letak dan fungsinya supaya saat pengoprasian mesin tidak kebingungan.

A. Meja (table) Mesin Sekrap


Meja mesin merupakan tempat ragum berada,ragum ini berfungsi sebagai penjepit benda kerja yang akan disekrap. Meja mesin dapat digerakkan naik turun dan gerak mendatar dengan cara memutar tuas engkol.Putaran engkol untuk searah jarum jam maka benda kerja atau meja mesin bergerak mendekat operator sedangkan pemutaran tuas engkol berlawanan arah jarum jam maka meja akan menjauhi operator.Pergerakan secara mendatar bisa kita seting secara otomatis oleh mesin sehingga penyayatan benda kerja bisa secara teratur ketebalannya.

B. Rangka Mesin 


Pada badan mesin bagian atas terdapat lengan yang bisa bergerak lurus bolak-balik dan pada bagian dalamnya mesin terdapat mekanisme penggerak lengan mesin seperti batang ayun dan roda gigi penggerak. Posisi depanmesin terdapat alur berbentuk tegak yang berguna untuk menopang meja mesin supaya bisa digerakkan naik turun secara vertikal sesuai panjang alur tersebut.

C. Tool Post (Rumah pahat mesin sekrap)


Seperti namanya tool post merupakan tempat dimana pahat sekrap ditempatkan atau dipasang,cara pemasangannya yaitu batang pahat ke lubang rumah pahat,kemudian baut pengencang rumah pahat diketatkan .

D. Ram (lengan )


Lengan mesin terpasang di bagian atas mesin yang di dalam mesin sudah ada mekanisme penggerak lengan sehingga pergerakan lengan maju mundur secara lurus.Selain pergerakan lengan mesin sekrap yang secara mekanis ada juga mesin sekrap yang lengannya digerakkan secara hidrolis.

E. Slide Tool (eretan pahat)


Eretan pahat merupakan tempat dimana terpasang rumah ayun,tool post, dan plat rumah pahat.Fungsi eretan pahat yaitu mengatur pahat bergerak dalam arah vertikal,apabila eretan pahat kita gerakkabn naik atau turun maka,pahat yang terpasang ikut naik turun pula sesuai mengikuti gerakan eretan pahat.

F. Clapper Box (pelat rumah pahat)


Clapper box ini dipasang pada di dalam kotak ayun dengan menggunakan engsel.


G. Clapper Box (Kotak Ayun)


Clapper box merupakan tempat dimana plat rumah pahat dipasang  menggunakan engsel.Kotak ayun dipasng pada bagian badan eretan atau tool head.Kotak ayun bisa disetel miring ke kanan atau miring ke kiri dengan mengendorkan baut pengikatnya .

H. Ram Positioning Lock (Tuas kedudukan langkah lengan sekrap)


Fungsi bagian ini yaitu untuk mengatur posisi langkah pahat dengan menyesuaikan pada panjang benda kerja yang akan kita sekrap.Caranya yaitu kendorkan tuas pengunci lengan,baut atau roda
tangan pemindah lengan kita putar sesuaikan dengan kedudukan awal ataupun akhir gerakan pahat sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Hal diatas sedikit uraian tentang materi pembelajaran mesin sekrap yang biasa di pelajari anak smk pemesinan semoga bermanfaat.

Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya