Cekam Atau Chuck Mesin Bubut

Pengertian cekam pada mesin bubut adalah suatu alat yang dipergunakan pada proses pengerjaan mesin bubut yang memiliki fungsi sebagai penjepit atau mengikat benda kerja pada saat proses pembubutan dilakukan.Tanpa alat bantu cekam mustahil pengerjaan pembubutan berjalan lancar dengan mencapai ukuran atau bentuk yang dikehendaki sesuai gambar kerja yang direncanakan.Alat ini termasuk perlengkapan yang pasti dipakai dan sangat pokok keberadaannya. Menurut pergerakan rahangnya cekam dibagi menjadi dua jenis yaitu :


 Jenis - Jenis Cekam Mesin Bubut 



1. Self Centering Chuck atau Cekam Sepusat 

Pengertiannya yaitu cekam yang memiliki pergerakan rahang pada cekam selaras dan searah menjauhi ataupun mendekati garis sumbu apabila salah satu lubang kunci cekam  diputar. Pemakaian Self centering chuck ini sebaiknya dipergunakan menjepit benda kerja yang memiliki bentuk yang benar-benar sudah berbentuk silindris.Biasanya cekam sepusat variasi rahangnya berjumlah tiga, empat dan enam.

kunci cekam mesin bubut

Cekam sepusat mesin bubut

2. Independent Chuck Atau cekam Tidak Sepusat

Pengertiannya yaitu cekam yang masing-masing rahangnya dapat digerakkan secara independent satu lubang satu rahang pergerakannya mendekati atau menjauhi garis sumbu dan rahang yang lainnya diam tidak mengikuti pergerakan rahang yang sedang diputar. Pemakaian self independent chuck sangat cocok untuk menjepit benda kerja yang berbentuk tidak silindris serata yang tidak beraturan,dengan cekam jenis ini benda kerja yang tidak beraturan bisa dijepit secara kuat dengan menyetel setiap rahang yang terkena benda kerja dan bisa melakukan pembubutan secara eksentrik (pembubutan yang sumbu centernya tidak sepusat).Secara umum yang dipergunakan mesin bubut standar cekam independent yang dipakai berahang empat. Untuk jenis yang lain rahang nya ada yang diikatkan pada satu rahang dengan rahang yang lainnya dengan tujuan rahang yang lain dapat dirubah posisinya  supaya mampu mencekam benda kerja yang berdiameter relatif besar .
Cara menggunakannya yaitu kita bisa melepas rahangnya dengan melepas baut pengikatnya terlebih dulu kemudian kita pasang kembali dengan posisi rahang dibalik dan dikencangkan kembali sesuai alur posisi rahang yang semula. Pada waktu memasang kembali kita harus memperhatikan kebersihan alur rahang yang akan dimasukkan,kebersihan ini sangat diperlukan karena mempengaruhi kekuatan nya dalam menjepit benda kerja.Apabila rotasi kecepatan putaran yang dipilih sangat cepat dengan cekam rahang yang tidak kuat tentu saja bisa menyebabkan kecelakaan kerja. Jenis cekam lain yaitu cekam yang rahangnya berbentuk khusus ,sesuai bentuk khususnya ini berguna untuk mencekam benda kerja yang memiliki bentuk khusus .Pengerjaan benda berbentuk khusus ini dengan cara pemasangan cekam yaitu dipasang pada spindel mesi,pemasangannya tergantung dari bentuk dudukan pengarah spindel mesin dan cekam, keduanya seharusnya memiliki kesamaan bentuk karena dalam pemasangan supaya bisa stabil dan presisi kedudukannya ,bentuk dudukan spindel biasanya berbentuk ulir atau tirus.
Cekam independent mesin bubut

 Baca juga : Perlengkapan yang digunakan mesin bubut

cekam rahang empat mesin bubut

3. Collet Chuck Atau Cekam Kolet 

Pengertian Cekam kolet yaitu Perlengkapan mesin bubut yang berguna untuk menjepit atau mencekam benda kerja yang memiliki bentuk permukaan silindris yang halus berdiameter kecil.
Chuck collet sendiri memiliki tiga bagian yaitu :
a. Collet/kolet
b. Rumah kolet/dudukan
c. Batang penarik Atau drawbar
kolet atau cekam collet bubut

Menurut bentuk lubangg penjepit pada kolet dibagi menjadi 3 macam yaitu ,bulat,segi empat dan segi enam. Cara memasang kolet dengan batang penarik terhadap spindel yaitu harus bertahap mulai dari pemasangan dudukan rumah kolet dengan spindel mesin,yang kedua yaitu pemasangan kolet pada rumah kolet dan perhatikan kebersihan antara rumah kolet dengan koletnya dan urutan terakhir yaitu pasanglah batang penarik pada spindel belakang dan pengencangan dilakukan secara perlahan-lahan dengan memutar roda kearah putaran jarum jam atau kekanan sampai kolet siap dipergunakan untuk penjepitan .

Cara Merawat Cekam Mesin


Biasanya para pekerja mesin bubut menguras konsenterasi dan tenaga untuk mengiginkan hasil bubutan secara presisi,hal ini biasanya dipengaruhi juga dari cekam yang diergunakan.Untuk mencapai hasil bubut terbaiknya sebainya kita merawat cekam dengan cara membersihkan permukaan dan alur yang digunakan rahang cekam bergerak.Pemberian pelumas sangat perlu karena namanya logam dengan kondisi sering terjadi korosi.Dengan cekam yang bagus dan bersih penjepitannya akan maksimal dan tingkat senter sumbunya lebih presisi dengan sumbu mesin.

Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen