Cara Merawat Mesin Las Trafo Inverter

Mesin Las Listrik atau Trafo Las Inverter adalah alat yang digunakan untuk mengubah dari energi listrik menjadi energi panas dengan perantara elektroda. Elektroda adalah konduktor yang dilalui arus listrik dari satu media ke yang lain. Elektroda yang digunakan dalam pengelasan untuk proses yang melibatkan elektrolisis atau penguraian suatu elektrolit oleh arus listrik.
Mengingat bahwa perawatan mesin las listrik sangat penting sekali untuk dilakukan karena akan mempengaruhi hasil pengerjaan kita , maka berikut ini akan kami bagikan tips-tips cara merawat mesin las supaya awet.

Mesin Las Trafo Inferter

Baca Juga : Alat-alat  pengelasan sesuai SOP

Hal Utama Diperhatikan Merawat Mesin Las Trafo Inverter 


1. Mesin las inverter biasanya sudah dilengkapi dengan sensor thermostat untuk mengamankan ketika terjadi overheat atau terlalu panas. Akan tetapi kelebihan panas yang dialami oleh mesin tetap masih memerlukan suplay pendinginan yang lebih maksimal dari kipas pendinginnya. Maka dari itu, sirkulasi udara yang dihasilkan oleh kipas pendingin harus tetap diperhatikan apakah masih berfungsi dengan baik.

2. Selalu usahakan mesin bersih dari debu dan kotoran karena penumpukan debu atau serbuk besi yang biasanya masuk ke dalam mesin bisa menyebabkan hubungan arus pendek anatara sirkuit elektronikanya. Apalagi jika debu yang dihasilkan dari serbuk besi pada saat proses menggerinda atau memotong.

3. Jauhkan mesin dari berbagai macam cairan. Rangkaian elektronika pada mesin las inverter sangat rentan terhadap segala bentuk cairan karena akan mengakibatkan hubungan pendek pada sirkuit maupun pada konektor lainnya. Oleh sebab itu maka perlu dijaga peletakan setiap unit mesin ketika melakukan proses kerja maupun pada saat proses penyimpanannya supaya dipastikan jauh dari material yang bersifat cair.

4. Gunakan daya listrik yang stabil untuk menyalakan mesin las inverter. Dengan sumber daya listrik yang stabil akan membuat kerja mesin menjadi lebih statis dan mampu memperpanjang usia regulatornya.

5. Hindari pemakaian sumber listrik yang berasal dari generator atau genset yang tidak dilengkapi dengan penyetabil tegangan. Karena jika arus listrik yang dihasilkan generator tersebut masih naik turun maka selain hasil pengelasan yang kurang baik, juga akan menyebabkan regulator unit mesin las inverter menjadi cepat rusak.

6. Sesuaikan kawat atau elektroda las dengan kemampuan yang diijinkan oleh spesifikasi pada mesin. Hal ini sangat penting supaya dapat menghasilkan pekerjaan yang sempurna dan juga membuat kondisi mesin menjadi tetap prima.

Cara Merawat Mesin Las



Demikian cara-cara singkat mengenai perawatan mesin las listrik  atau trafo las inverter ,Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita dalam mesin las dan bisa menghasilkan karya - karya yang terbaik untuk kepuasan hasil kerja keras kita dan yang terpenting untuk para customer kita.

Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya