Cara Las Besi Cor Tidak Retak

Cara Las Besi Cor Tidak Retak - Proses pengerjaan las yang sulit dikerjakan yaitu salah satunya pengerjaan benda kerja yang terbuat dari besi tuang atau cor. Karakter yang dimiliki besi cor kelabu yaitu memiliki kandungan grafit dengah bentuk serpih.Dengan adanya kandungan grafit ini membuat karakteristik besi cor kelabu sangat sensitif timbulnya retakan apabila terkena beban tumpuan ataupun beban tarikan.Dengan kondisi tersebut membuat besi cor kelabu sangat sulit dilakukan pengelasan dan membeku dengan cepat,pendingan yang cepat ini menimbulkan besi cor putih yang bersifatsangat keras.Ketika proses pendingan cepat yang beriringan penyusutan ini timbul gejala retakan disebelah kiri ataupun kanan pada bekas las.Untuk mengantisipasi kesulitan yang ditimbulkan akibat pendinginan yang cepat,maka las besi cor kelabu diterapkan prehead yang relatif lebih tinggi untuk memperlambat pembekuan.
Teknik pengelasan besi cor saat ini menggunakan proses SMAW dengan menggunakan logam pengisi dengan kandungan SI yang tinggi atau super silicon cast iron,dengan flux ,soda ash,borat,
sedikit amonium sulfat dan oksida besi.

Metode Yang Digunakan Las Besi Cor Kelabu :

- Metode Powder filling
- Metode Pouring
- Metode Draoplet Spray
- Metode Turbulence Flow Casting

Pada hakekatnya metode diatas bertujuan untuk mengurangi resiko retakan diarea pengelasan ataupun di bagian logam utama, serta berupaya menciptakan kesamaan kandungan matrial dalam logam cor secara homogen agar tidak tercipta sifat kegetasan pada benda kerja besi cor.

Cara Las Besi Cor Dan Jenis Besi Cor


Masyarakat umumnya menganggap besi cor/cast iron/ancuran itu adalah sama dan tidak ada jenis-jenisnya,padahal besi cor itu memiliki empat jenis ,diantaranya adalah:

1. Besi Cor kelabu /Grey coast iron : biasanya 70% warnanya adalah abu-abu.dengan graphite dengan bentuk flake dengan sifat karakteristik kekuatan tarik yang tidak terlalu kuat  dan tingkat ke uletan yang rendah atau disebut nil ductility.

2. Besi Cor putih/whith coast iron : besi cor jenis ini memiliki mikro struktur terdiri dari karbida yang menyebabkan warna besi cor ini menjadi putih.Sifat nya sangat   keras dan sangat getas dikarenakan kandungan sementit nya.

3. Besi Cor Malleable Cast Iron atau disebut Besi cor yang mampu ditempa : Sifat dari besi cor jenis ini mirip dengan baja,Kandungannya yaitu besi tuang putih dengan melakukan heat treatment kembali yang berfungki untuk penguraian gumpalan graphit/fe3c.

4. Besi Cor Nodular Cast iron : ciri khas besi ini yaitu bentuk graphite flake  dengan ujung berbentuk takik-an dengan kelebihan yaitu bersifat lebih ulet,lebih kuat dan tangguh.

Cara Las Besi Cor Kuat Tidak Retak

Baca Juga : Cara Las Besi Pipa Yang Kuat Tidak Bocor

Elekroda Untuk Cara Las Besi Cor Yang Kuat Tidak Retak


Teknik melakukan pengelasan yang harus dilakukan menggunakan kawat las yang tidak sembarangan ,yang lebih baik menggunakan tipe EDZONA 60 yang memiliki spesifikasi:

AWS A5.6.E.NiCu
AC/DC +/-
Diameter : 2,5 . 3,20 - 4,00
Hardness : 165 HB
C 1.8 - Mn 0.35 - Si ).62 - Cu 30,5 Ni rest-Fe 0.004 Al 0.009

Karakteristik kawat las ini sangat baik dipergunakan pengerjaan besi cor,bila dilakukan tanpa proses pemanasan dulu yang biasanya mencapai 200 derajat celcius,keunggulan yang lain yaitu kawat las ini bisa dipergunakan untuk pengelasan benda kerja penyambungan besi cor dengan stainless,besi dan baja  ataupun tembaga.Kawat las ini sangat cocok dipergunakan untuk mereparasi filler ataupun cover pass.

Tip diatas merupakan sedikit cara untuk teknik pengelasan besi cor supaya mengurangi keretakan,dan memahami karakteristik jenis besi cor yang akan dikerjakan agar tidak
sembarangan dalam proses cara las besi cor tidak retak.


Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen