9 Airbrush Motor Yang Benar

Airbrush Motor - Para anak motor hal tampil beda dikalangan pergaulan merupakan suatu pamor hargadiri dan seni cerminan si pemiik nya.Biasanya variasi motor dilakukan dengan memodifikasi komponen atau menambah componen yang sudah ada,untuk kali ini kita akan membahas variasi tampilan motor dengan cara memberikan tampilan motor dengan gaya yang berbeda dari yang biasa yaitu dengan memberi pewarnaan pada body atau komponen tertentu dengan motif sesuai imajinasi si pemilik.Pewarnaan ini bisa dengan cara Airbrush lukis yang bisa kita pelajari tekniknya secara otodidak.
Keahlian untuk airbrush ini memanglah tidak segampang pada teori,kita harus melatihnya terus menerus,bukan hanya membutuhkan tenaga ataupun kemauan saja teknik airbrush membutuhkan jiwa seni dan imajinasi yang lebih.Namun hal ini bukan berati seni airbrush tidak bisa dipelajari,selama kita mau belajar pasti kita bisa karena yang kita pelajari adalah hal yang terlihat dan nyata bisa kita cermati.Sebelum memulainya sebaiknya kita mempersiapkan terlebih dulu berbagai alat.

Hal Yang Dibtuhkan Dalam Seni Airbrush Motor

airbrush motor motif

 

- Amplas halus untuk pengerjaan finishing
- Kompresor
- Spraygun
- Material yang dibutuhkan (cat,thinner,dan lain-lain)
- Alat pelindung diri (APD) seperti,sarung tangan,masker,kaca mata dan lain-lain

Cara Airbrush Motor


1. Untuk memulai proses airbrush sebaiknya kita persiapkan terlebih dahulu motif yang akan kita gunakan untuk di terapkan pada motor.Untuk anda yang memiliki jiwa seni anda bisa berangan-angan dan melukis sketsanya terlebih dahulu pada kertas.Bagi anda yang ingin meniru atau mencari referensi yang lebih,bisa mencarinya gambar yang tersedia di internet disana sangat banyak dan update di setiap waktu tinggal kita mau memilih tema apa.

2. Ketika motif tema yang kita kehendaki sudah ada maka printlah motif tersebut sebagai pedoman nanti untuk membuat sketsa di media motor anda.

3. Pelajari motif yang sudah anda pilih untuk apa saja warna yang dibutuhkan ,serta kesulitan dibagian mana yang nantinya akan dihadapi,Proses ini jangan dianggap remeh,misalnya ketika pemilihan warna tanpa persiapan ketika pengerjaan pas kehabisan matrial warna atau tidak ada warna yang sesuai maka tidak akan tercipta airbrush yang sempurna seperti yang kita harapkan.Sebagai saran saat kita mengoplos warna pastikan jumlahnya mencukupi jangan sampai kurang.Akibatnya kalau kurang kita pasti akan membuat oplosan warna lagi,hal ini sangat sulit untuk memperoleh kesamaan warna pada oplosan yang pertama,sehingga belang-belang hasilnya.

4. Copotlah terlebih dahulu komponen yang ingin di airbrush satu persatu.Amplaslah media tadi dengan amplas halus yang sudah kita persiapkan dan amplas hingga merata.Pengamplasan ini bertujuan untuk membersihkan media dari kotoran  dan untuk melekatkan cat airbrush pada media lebih kuat.Bersihkan media yang sudah diamplas dengan mencucinya atau semprot dengan kompresor dengan tekanan angin yang kuat supaya debu dan kotoran bekas pengamplasan hilang,Apabila saat pengecatan masih ada debu dan kotoran masih ada maka akan mempengaruhi hasil akhir yang kasar dan mudah terkelupas.

5. Kemudian kita cat media airbrush dengan warna latar belakang sesuai yang kita inginkan pada motor secara merata,hal yang perlu diingat pengecatan motor sebaiknya dengan alat spraygun jangan pakai kuas ataupun yang lainnya.Pastikan pengecatan sudah rata dan tertutup semuanya dengan sempurna.Kemudian keringkanlah terlebih dahulu.

6. Setelah pengecatan dasar tadi sudah benar-benar kering maka mulailah membuat sketsa dengan melukisnya menggunakan pensil.Apabila anda yankin dengan lukisan anda bagus lakukan langsung saja dengan meniru motif yang sudah kita persiapkan tadi pada media,dan apabila anda ragu dan tidak mau mengambil resiko potonglah gambar motif tadi yang sudah kita print dan kita jiplak maka hasil sketsanya mendekati sama dengan aslinya.Ketika membuat sketsa janganlah menekan pensil terlalua kuat sehingga membuat bekas yang susah dihilangkan.

7. Motif yang sudah anda buat tadi sudah terselesaikan maka tutuplah bagian lain yang tidak diinginkan terkena airbrush dengan lakban atau maxing tape juga dengan alat lainnya buatlah sesuai motif sketsa tadi.

8. Setelah penutupan terselesaikan maka mulailah mengoplos warna yang akan digunakan,pastikan jumlahnya memenuhi kebutuhan supaya bisa mendapatkan hasil yang terbaik.Sebagai saran lakukan cat airbrush motor anda di dalam ruangan tertutup yang tidak terkena pengaruh hembusan angin dari alam sekitar sehingga semburan cat dari spraygun dapat fokus dan sesuai tekanan yang kita harapkan,Apabila saat melakukan pergantian warna pada bagian motif yang lain-lain cucilah spraygun terlebih dahulu dengan thinner supaya warna baru yang diterapkan tidak terpengaruh pada warna yang sebelumnya.
Pada seni airbrush kita dalam pengoplosan warna jangan terlalu kental karena seni lukis ini membutukan tebal dan tipis sesuai kebutuhan tidak seperti pengecatan latar belakang tadi yang hanya membutuhkan kerataan saja.

9. Langkah terakhir yaitu finishing,Kita tau proses akhir adalah yang menentukan bagus tidaknya suatu hasil karya.Finishing yang akan kita lakukan yaitu dengan penyemprotan pernish atau bisa disebut clear coat,yang bertujuan untuk mengkilapkan warna sebelumnya.Sebaiknya penyemprotan pernish ini dilakukan ketika pengecatan motif tadi selesai dan sudah benar-benar kering.Kalau kita tidak berhati-hati Clear coat ini akan merusak cat sebelumnya yaitu bisa meler dan terlihat jelek.Lakukan proses ini hingga merata seperti pengecatan latar tadi hingga selesai dan keringkan.

Demikian beberapa langkah yang dilaukan cat airbrush motor pada componen body,untuk menjaga keawetan cat air brus ada beberapa tips yang perlu kita ketahui dan jangan kita lakukan sembarangan yang berakibat cat akan mudah memudar dan usianya tidak akan lama.






Airbrush motor motif terbaru
Airbrush Motor

Baca Juga : Cara Cat Mobil yang Benar

Tips Merawat Cat Airbrush Motor


1. Hindarkan cat airbrush terkena paparan sinar matahari langsung
2. Jangan sering memoles pada media yang di airbrush karena sering mengikis pernis yang telah dilakukan secara perlahan-lahan.Biasanya pemolesan yang bagus menggunakan pemolesan dengan bahan yang mahal dengan merk seperti 3m atau zymol atau bahan yang serupa kira-kira dengan harga setara.
3. Saat mencuci sebaiknya hanya disiram dengan air dan di lap dengan kanebo saja.Apabila kita cuci dengan sabun maka pengaruhnya adalah memudarkan warna cat.
4. Jangan menggunakan sabun yang berbahan kimia yang bisa bereaksi cepat apabila terkena panas matahari dan merusak lapisan cat,apabila kita berhati-hati airbrush motor bisa bertahan lama sekitar 10 taun.
5. Material cat yang digunakan sebaiknya menggunakan material yang berkiualitas bagus,material yang jelek terbukti mudah rusak dan pudar
6. Gunakan body motor yang untuk dijadikan media airbrush sebaiknya dari bahan yang baru tidak bekas atau sudah pernah di cat ulang sebelumnya.Bertujuan untuk mengurangi resiko cat yang memudar dan tidak cerah seperti yang diharapkan.

Hal diatas adalah bebarapa taknik airbrush motor yang berkualitas dan bagaimana cara perawatannya yang benar,untuk anda pecinta motor semoga sharing saya ini bermanfaat dan silahkan mencoba supaya berhasil dengan sempurna.

Post terbaru

Pengganti Rockwool Hidroponik Harga Murah