Kucing Persia Asli - Mengenali Karakteristik dan Cirinya

Pada kali ini kita akan bersama mempelajari tentang cara mengenali jenis dan ciri-ciri kucing persia asli. Kucing persia merupakan salah satu hewan populer yang bisa di pelihara oleh manusia, hal ini mendorong seseorang untuk memelihara salah satu jenis yang tergolong kucing lucu ini di rumah. Untuk anda yang baru mengenal dan ingin membeli jenis kucing persia, mungkin anda perlu memahami ciri kucing persia ini agar tidak salah juga tertipu dengan kucing jenis lain

Meskipun masih banyak penjual kucing yang jujur, anda lebih baik membekali sedikit pengetahuan tentang karakteristik dari kucing jenis ini agar tidak salah beli.Saat ini harga kucing peliharaan termasuk kucing persia sangatlah tinggi, sehingga apabila anda salah memilihnya bakal kecewa dikemudian harinya.

Kucing Persia Asli cirinya

Nah berikut ada beberapa ciri kucing persia asli menurut pengalaman saya


1. Karakteristik Kepala kucing persia

Ciri khas dari kepala kucing persia bisa dikatakan bentuknya khas dan unik mudah diingat. bentuk dari kepalanya yaitu bulat dengan wajah yang rata dan ukuran diameter kepalanya lebih besar dibandingkan dengan kucing jenis lainnya. Site mata yang lebar dan ekspresi wajahnya yang manis. Bentuk pipi kucing ini berisi dan bulat, kalau dalam istilah kita bisa dibilang tembem atau chuby. Bagian hidungnya merupakan salah satu bagian yang unik, karena bentuknya yang pesek terletak pada wajah yang bulat. Pada bagian telinganya yaitu berukuran kecil dan bertekstur tipis cenderung maju ke depan.

Baca juga : Merawat Anak kucing yang baru lahir


2. Karakteristik dari kaki kucing persia

Kaki kucing persia bisa dibilang berukuran cukup pendek namun kuat, karena didukung dengan ukuran tulang kaki yang cukup besar. Kaki depan dan belakang lurus dan diselimuti bulu yang berwarna berbeda. Anda juga bisa mengenali ciri-ciri kaki kucing persia jenis himalaya. Warna bulu kaki dari kucing persia himalaya ini tergolong berbeda dengan kucing persia jenis lainnya.

3. Karakteristik Cakar dari kucing persia asli

Bila anda ingin mengidentifikasi apakah kucing yang ingin anda beli itu benar kucing persia asli, anda bisa mengeceknya pada bagian cakar kucing tersebut. Cakar milik kucing persia cukup besar, agak bulat dan terlihat kokoh. Hal tersebut dilengkapi dengan lima jari pada bagian kiki depan dan hanya empat jari pada bagian kaki belakang. Ciri pada bagian cakar ini bisa anda cata atau hanya anda ingat-ingat saja sebelum anda memutuskan untuk membelinya.

4. Bulu pada kucing persia

Semua kucing tentu memiliki bulu, namun pada bulu kucing persia sangatlah menawan. Bullu kucing persia identik dengan kata panjang, tebal juga mengkilat. Bulu tesebut menjadi jubah yang elegan menutupi seluruh bagian badannya.

5. Karakteristik Pada ekor kucing persia

Kemungkinan kalau kita membedakan dan mengenali dari bentuk ekor kucing persia, kita akan mengalami kesulitan. Tapi hal ini bisa dipertimbangkan saat anda ragu memilih kucing. Ekor kucing persia memang hampir sama dengan ekor kucing yang lain, namun ekor milik kucing persia lebih lurus dan memiliki bulu tebal. Untuk panjang ekornya sendiri biasanya mengikuti proporsi ukuran badan, jadi mungkin akan medapati ekor pendek pada anak kucing persia.

6. Bentuk Tubuh Kucing Persia

Kucing persia memeliki perawakan yang kekar dengan bulu tubuh yang lebat, hampir sebagian besar bentuk tubuhnya bulat sehingga mirip dengan boneka. Kebanyakan orang menyukai kucing persia asli dikarenakan memiliki bulu yang sangat lebat di seluruh tubuh yang kekar. Kucing persia juga akan sangat menyukai apabila kita melakukan perawatan terhadap bulu yang dimilikinya.

Baca juga : Ciri dan jenis kucing persia medium

7. Kepribadian Kucing Persia

Kucing persia tergolong kucing yang tenang, tidak neko-neko dan kalem. Mereka lebih suka dengan situasi yang damai tenang dan lembut. Banyak yang mengatakan bahwa kucing persia sangat senang berada di dalam ruangan(indoor) dibanding dia bermain-main ke luar ruangan( out door). Namun apabila anda mendapati kucing persia ynag senang ke luar ruangan, anda harus rajin-rajin
membersihkan bulunya.

Baca juga : Cara mengobati kucing yang sedang sakit mencret

8. Warna kucing persia

Mungkin pada ciri yang kali ini adalah bagian yang sulit diingat, anda bisa mencatatnya... Warna kucing persia dibedakan menjadi 8 warna yaitu :

- Solid colour
- Gold
- Silver
- Smoke
- Himalaya
- Shaded
- Particolor
- Bicolor
- Tabbies

Mengenali Karakteristik dan Cirinya kucing persia asli


Nah seperti itulah tips apabila kita ingin mengenali kucing persia asli agar tidak keliru dalam rencana anda ingin membelinya