Cara merawat anak kucing yang baru lahir agar tidak mati

Kali ini saya akan memberikan tips tentang cara merawat anak kucing yang baru di lahirkan. Kenapa saya share tentang anak kucing yang baru lahir? ternyata banyak pengadopsi atau pemelihara kucing sering kali gagal dan membuat anak kucing yang baru lahir tersebut menjadi mati. Mungkin meraka kurang paham dan setengah hati memperhatikan indukan kucing. Padahal perawatan induk  kucing secara maksimal, itu juga berarti merawat anak kucing juga dengan maksimal.


Cara merawat anak kucing yang baru lahir



Tips Cara merawat anak kucing yang baru lahir agar tidak mati (masih ada induk)


Kalau kita memeihara dan merawat anak kucing masih ada indukannya, itu kita bisa merawatnya dengan mudah. ada beberapa cara yang baik digunakan apabila merawat anak kucing yang baru lahir masih ada induknya :

- Sediakan tempat yang sejuk

Tempat yang sejuk ini artinya bukan tempat yang dingin ya seperti ruangan ber Ac. Suhu yang panas tidak baik untuk si Induk kucing dan apabila suhu terlalu dingin tidak baik untuk anak kucing itu sendiri. Suhu ruangan yang bagus untuk anak kucing baru lahir berkisar 26 derajat celcius. Cara memenuhi suhu ruangan terebut bisa dengan membuat box yang terbuat dari kardus, kita beri alas kain handuk atau lainnya seperti keset yang masih bersih. Atau juga biarkan induk kucing memilih tempat yang nyaman menurut induk kucing itu sendiri, seperti laci, balik kursi atau dibawah lemari dan lain-lain ini jauh lebih efektif kita hanya berikan alas dari kain yang bersih.

Baca juga : Jenis anak kucing persia medium

- Sediakan makanan untuk induk kucing

Sediakan makanan seperti biskuit kesukaan induk kucing kalian ataupun berikan tambahan makanan jenis wet food seperti daging ayam yang berguna sebagai tambahan protein dan nutrisi untuk induk juga anak kucing. Kenapa kita berikan makanan tambahan? Karena induk kucing yang sedang dalam proses menyusui segala makanan apabila kita berikan dalam jumlah seperti biasa akan dirasa sangat kurang. Makanan dengan porsi biasa hanya terserap untuk induk kucing saja, sedangkan ketika dalam kondisi menyusui ia sangat banyak membutuhkan nutrisi dan protein untuk pembentukan susu yang berkualitas. Apalagi kalau anak kucing yang dilahirkan dalam jumlah yang banyak ya teman-teman, kita harus memberikan tambahan esktra untuk makanan induk kucing.

Baca juga : Kucing jenis Munchkin / ras kucing pendek yang lucu

- Jangan pernah memegang anak kucing yang baru lahir dengan sengaja


Dengan kita menyentuhnya dengan sengaja, ini berakibat induk kucing mengira bahwa anak kucing yang baru dilahirkan merasa tidak aman, dan induk kucing akan berinisiatif memindahkan semua anak kucing yang kita pelihara. Dikhawatirkan pemindahan anak kucing itu keluar rumah kita atau pada tempat yang tidak kita ketahui sehingga pengawasan terhadap kondisi kebersihan dan kesehatan anak kucing tidak bisa kita monitor.
Pada suatu kasus sering terjadi induk meninggalkan satu atau beberapa anak kucing yang dilahirkan dan tidak imbang merawatnya. Keadaan ini berbeda ya teman, kita harus menyentuhnya dan membawa anak kucing tersebut kembali kebada induknya agar mendapatkan susu.

Baca juga : Cara mengobati kucing mencret

- Memberikan Vitamin

Kita bisa memberikan vitamin dengan brand / merk NUTRIPLUSGELL yang  bisa kita peroleh dengan kisaran harga 105.000 sampai 115.000. Harga tersebut bisa berbeda-beda ya kawan tergantung dari petshop yang kita datangi. Kegunaan kita menggunakan vitamin ini adalah untuk memaksimalkan nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh sikucing. Juga berguna banget untuk menambah nafsu makan induk kucing.Induk kucing harus memperoleh makanan yang banyak sehingga kita harus beri vitamin ini agar berjaga-jaga apabila induk kucing mengalami kehilangan nafsu makannya.

merawat anak kucing yang baru lahir cara agar tidak mati


Sebenarnya Cara merawat anak kucing yang baru lahir agar tidak mati sangat mudah, kita harus mengoptimalkan perawatan pada induknya sehingga induk juga bisa merawat anak-anaknya secara maksimal. Bisa kita jadikan contoh, ketika induk kucing kita kasih makan dengan jumlah yang kurang, maka induk kucing sering pergi meninggalkan anaknya untuk pemenuhan kebutuhan makannya sendiri karena dia merasa sangat lapar dan produsi susunya sangat kurang. Bahkan kalau induk kucing merasa tidak mendapatkan perawatan dari kita, dia bisa sering memindahkan anak kucing ke mana pun yang dirasa lebih nyaman.