Pakan Untuk Burung Perkutut Lokal

Pakan Burung Perkutut memang sangat banyak jenis dan macamnya dari yang sudah jadi terjual di pasaran sampai racikan sendiri. Secara pengalaman para pecinta burung makanan yang sangat disukai burung merupakan pakan sumber alami bahan biji-bijian dibandingkan dengan membeli pakan yang sudah dikemasi jadi di pasaran. Dari pengalaman tersebut banyak orang senang mengkombinasikan pakan perkutut dari bahan kemasan dengan memakai pakan jenis bijian diantaranya adalah, biji ketan hitam, kacang hijau, beras merah, milet, gabah, dan bijian jenis lain yang dirasa kandungan gizinya baik.

Pakan bijian yang tadi kita sudah peroleh bisa kita campur aduk sehingga menjadi satu dengan tujuan dapat mencapai gizi yang baik dan juga burung perkutut tidak mengalami kebosanan dengan menu makanan yang sudah kita sajikan.

Baca juga : Pakan burung lovebird yang bagus

Pakan Untuk Burung Perkutut Lokal gacor





Biji-bijian Yang Bagus untuk Pakan Burung Perkutut


1. Biji Jewawut 

Pakan Burung Perkutut Lokal dan Anakan

Pakan dari jewawut merupakan pakan yang sangat disukai burung perkutut, bentuknya hampir sama dengan milet namun warnanya agak oren dan konturnya lebih kasar. Kandungan dari juwawut yaitu memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik apabila diberikan saat burung perkutut mengerami telur. Juga sangat baik diberikan saat perkutut yang masih anakan karena sangat membantu pertumbuhan.

2. Biji Ketan Hitam

Fungsi utama pemberian pakan berjenis biji ketan hitam yaitu mempunyai kelebihan dan fungsi mampu menghangatkan badan perkutut saat musim penghujan tiba, sehingga kesehatan perkutut dapat terjaga. Kelemahan dari makanan dari biji hitam yaitu burung perkutut tidak terlalu menyukainya sehingga rawan apabila kita berikan ketan hitam terus menerus perkutut tidak mau memakannya.

3. Biji Milet

Pakan Bijian Untuk Burung Perkutut

Pakan dari jenis biji yang satu ini tergolong makanan yang sangat disukai burung perkutut, apabila kita terlalu banyak memberikan biji milet dikhawatirkan akan bisa membuat burung menjasdi obesitas dan tentunya kurang baikk bagi kesehatannya. Kandungan nutrisi , protein dan vitamin di dalam biji milet sangat bagus sehingga perkutut terlihat ber energi dan sering gacor merdu. KOmposisi yang baik dipergunakan ketika memilih biji milet yaitu memilih milet warna putih dengan tambahan sedikit milet warna merah.

4. Biji Beras Merah

Secara pengalaman beras merah mampu meningkatkan keinginan hasrat birahi dari burung perkutut itu sendiri, sehingga apabila burung perkutut anda sangat sulit melakukan perkembangbiakan atau hasrat birahinya sulit muncul bisa memberikannya makanan biji beras merah, beras merah ini sendiri mengandung Vitamin E yang tinggi dan bagus,juga mengandung vitamin B kompleks yang sangat baik untuk tubuh perkutut.

5. Biji Kacang Hijau 

Biji kacang hijau sangat baik kandungannya untuk kesehatan tubuh kita bahkan hampir sama baiknya apabila dikonsumsi burung perkutut. Kelemahan dari biji kacang hijau adalah ukurannya yang besar membuat kesulitan untuk memakannya, kadang membutuhkan bantuan untuk melolohnya satu persatu bijian nya, untuk memudahkan memakan dan mencernanya baiknya pula biji kacang hijau dilakukan perebusan terlebih dahulu untuk bertujuan melunakkan teksturnya.

6. Kencur 

Kencur memang berupa pakan bijian dan bukan makanan yang diberikan setiap hari, ini hanya digunakan untuk makanan tambahan yang bisa membuat tenggorkan burung perkutut lega sehingga pita suaranya dapat terus terjaga. Selain itu kencur juga berfungsi untuk melancarkan pencernaannya. Pemberian kencur bisa kita hidangkan dengan cara memotong dengan ukuran kecil-kecil dan bisa juga kita bantu dengan cara melolohnya satu persatu. Takaran yang baik untuk burung perkutut ini yaitu diberikan dalam tempo 3 kali sehari dan setiap pemberiannya jangan terlalu banyak.

7. Pakan Dari Enceng-Enceng 

Enceng-enceng ini merupakan salah satu jenis tanaman yang nama lainnya disebut dengan orok-orok / kartok. Kalau dijadikan makanan burung perkutut hanya bisa diambil bijiannya saja. Manfaat biji enceng-enceng ini yaitu membantu melancarkan pernafasan burung perkutut dan menghangatkan tubuhnya.

8. Biji Sorgum

Makanan dari biji sorgum sangat berfungsi baik menjaga tenaga perkutut sehingga bisa lebih aktif dan gacor/ manggung. Namun apabila kita berikan secara berlebihan biji sorgum bisa membuat perkutut mengalami obesitas dan tentu saja merusak kualitas suaranya.

9. Biji Gabah

Pakan dari biji gabah ini kita berikan sebagai pakan tambahan atau sebagai pakan selingan saja sehingga perkutut tidak mengalami kebosanan. Pakan gabah ini apabila kita berikan dengan jumlah banyak tidak terlalu berakibat perkutut menjadi obesitas karena biji gabah kaya akan serat. Gabah ini juga sangat mudah didapat sehingga bisa dijadikan alternatif kalau pakan yang lain belum ada.

10. Biji Gondem 

Biji gondem ini juga sangat disukai perkutut, bentuk bijinya seperti juwawut, namun biji gondem berwarna hitam mengkilat dan konturnya halus. Fungsinya baik untuk perkutut rajin manggung atau gacor karena kondisi tubuhnya lebih hangat saat setelah memakan biji gondem. Sekedar saran jangan terlalu banyak memberikan biji gondem karena biasanya dapat merusak kualitas suara dari burung perkutut itu sendiri.

11. Biji Kenari

Biji Kenari atau CANARY SEED merupakan bijian yang sangat banyak mengandung protein , lemak dan juga karbohidrat yangbisa berfungsi untuk menyegarkan kembali stamina dari burung perkutut, menyegarkan suara manggungnya terhindar dari suara serak.

12. Biji Sawi

Kandungan dari biji sawi diantaranya protein, lemak, karbohidrat, Vitamin E, Vitamin A, Vitamin K , Kalsium, dan lain-lain. yang sangat bagus bagi pertumbuhan burung perkutut. Sangat cocok diberikan saat perkutut masih anakan.

13. Pakan Burung Perkutut Dari Tulang Sotong

Tulang sotong mengandung banyak kalsium tinggi, garam magnesium, sodium klorida, kalsium karbonat, dan kalsium fosfat. Pakan dari tulang sotong merupakan jenis pakan tambahan saja karena memang sulit dicari, dan cara penyajiannya mudah yaitu tinggal kita gantungkan di dinding kandang dan kita tali biar tidak mudah terjatuh menjadi kotor.

14. Pakan Perkutut Berasal dari Pabrikan

Berbagai merek yang terjual bebas di pasaran sehingga anda tidak kesulitan kalau tidak menginginkan variasi pembuatan pakan sendiri yang mengetahui kandungan nutrisi di dalam pakannya. Berbagai contoh merk pakan yang dijual yaitu:

- Sae kong
- Fancy bird food 
- Fancy love & care perkutut
- Golld coint perkutut royal
- Platonic
- Madura koung
- Alam sakti perkutut plus

Dari berbagai jenis pakan di atas bisa anda pilih dan cermati pakan mana saja yang sangat eektif untuk membuat burung perkutut kesayangan anda bisa manggung atau gacor secara berkualitas bagus. Dan sebagai saran kalau ingin perkutut anda tetap berkualitas gunakan pakan bijian alami sehingga mengerti benar kandungan nuutrisi yang akan diberikan ke perkutut, seperti biji milet, beras merah dan lain-lain.
Tujuan dari pemberian pakan burung perkutut tambahan yaitu untuk mendongkrak supaya perkutut cepat gacor dan tumbuh tetap sehat bugar sehingga kelangsungan hidupnya dapat terjamin