Kelinci New Zealand (NZ) White

Secara histori kelinci New Zealand merupakan kelinci yang bukan berasal asli dari daerah australi dan tidak ada hubungan sama sekali dengan namanya, namun banyak warga Indonesia yang meyakini bahwa kelinci ini memang benar-benar berasal dari australia. Sebenarnya kelinci ini secara histori berasal dari Amerika, yang sudah dilakukan beberapa persilangan.

Jenis Kelinci New Zealan White


Mengenal Kelinci New Zealand 


Kelinci jenis New Zealand secara sejarah membuktikan bahwa berasal dari persilangan dengan dua jenis kelinci yang ada di Amerika,yaitu jenis kelinci Flemish Giant dan kelinci jenis Belgian Hare pada tahu sekitar 1900-an . Bobot kelinci jenis New Zealand yang mencapai 5,44 kg sangat potensial dijadikan sebagai sumber protein dan daging yang bagus. Untuk para peternak di Indonesia sudah sangat populer dalam menggunakan jenis new zealand sebagai faforit dalam mengembangkan peternakannya, hal ini disebabkan kelinci jenis new zealand merupakan kelinci yang tahan terhadap cuaca dingin, tahan terhadap berbagai penyakit dibandingkan dengan kelinci jenis yang lain. Selain keunggulan di bidang daging kelinci ini sangat mudah dijual karena daya tariknya juga bagus sebagai kelinci hias.

Baca juga : Kelinci jenis bligon untuk ternak pedaging

Kelinci jenis New Zealand pada era jaman dahulu mulai dikembangkan secara sistem industri pada awal tahun 1917, dan semakin berkembang menyebar ke daratan Inggris pada perang dunia ke 2. Untuk anda yang berniat akan memeilihara kelinci jenis ini sebaiknya mempelajari jenis dan ciri-ciri yang dimiliki.

Kelinci pedaging tipe new zealand


 Baca juga : Kandang kelinci sederhana berkualitas dan efektif

kelinci jenis new zealand A



Usaha kelinci Ternak new zealand


 Baca juga : Kelinci hias jenis Rex  yang sangat bagus

Gambar kelinci jenis new zealand lucu



Ciri-ciri Jenis Kelinci New Zealand White 


A. Memiliki dada yang penuh, Terlihat badannya berukuran mediun akan tetapi berbentuk bundar menggempal.

B. Memiliki kaki depan yang berukuran lebih pendek dibandingkan dengan kaki yang belakang

C. Kepalanya berukuran besar sedikit nampak bundar

D. Telinga yang berukuran besar dan tebal, dengan ujungnya berbentuk membulat terdapat bulu tebal dan sangat halus

E. Warna yang diakui dan sering ditemui yaitu putih, merah, hitam, dan biru.

F. Dengan umur maksimal biasanya mencapai 10 tahun apabila kita rawat dengan baik dan hati-hati. Kelinci ini bisa mencapai bobot 5,44kg, namun berbeda dengan jenis New Zealand tipe Red yang memiliki bobot rata-rata 3,62kg

Memelihara Kelinci New Zealand


Baca juga : Tips memilih jenis kelinci pedaging yang cepat tumbuh besar

Untuk menjaga kualitas dari jenis kelinci ini apabila anda memelihara sebaiknya jangan dilakukan persilangan dengan kelinci lokal atau jenis hias, hal ini bisa berakibat turunan dari kelinci jenis New Zealand semakin jelek, biasanya bobot tubuh kalau berumur dewasa kurang maksimal dan bulu-bulu nya tidak selembut dan halus seperti turunan yang masih orisinil.

Berikan pakan yang benar dengan cara memilih rumput yang bersih dan bukan dalam keadaan segar, layukan dahulu setelah merumput sekitar 2 atau 3 jam baru di berikan ke kelinci. Hal ini dilakukan bertujuan supaya kadar getah dan air pada rumput atau sayuran yang kita berikan menjadi hilang, Kelinci yang memakan makanan rumput basah seringkali akan terserang penyakit kembung dan diare, apabila berlangsung secara terus menerus maka kelinci kita cepat mati.

Sediakan kandang dengan ukuran yang agak besar dan lebar mengingat kelinci jenis ini berukuran tubuh yang besar. Kandang yang baik juga berpotensi untuk menjaga kualitas kesehatan kelinci kita. Kandang dengan kualitas baik bukanberarti kandang yang terbuat dari material mahal dan mewah serta harganya yang selangit, Dasar kita dalam pembutan kandang yang benar adalah memperhatikan dari segi ,kesehatan, kenyamanan, kebersihan, keamanan dan cocok apabila untuk tempat berkembang biak. Biasanya bahan yang cocok adalah material yang terbuat dari bahan alami seperti bambu,kayu dan papan.