Jenis Kelinci Rex : Pure Dan Karpet

Kelinci jenis rex pure dan rex karpet merupakan salah satu jenis kelinci yang banyak digemari di masyarakat Indonesia. Sejarah dari kelinci jenis rex ini adalah kelinci yang asalnya merupakan kelinci liar yang hidup di negara perancis yang dikenal pada tahun 1919 dan diseleksi kualitasnya oleh warga perancis untuk dibudidayakan. Pada tahun 1924 oleh warga prancis diikutkan dalam kontes show internasional, dari itu mulailah kelinci rex mendapatkan perhatian dari dunia international dan secara terus menerus banyak peminatnya dari seluruh dunia.

Pesona Kelinci Rex Pure Dan Karpet 


Pesona dari kelinci rex ini yaitu memiliki bulu yang halus dan corak yang indah,membius para penggemar kelinci dimanapun. Kelinci jenis ini sangat cocok dipelihara dan dibudidayakan sebagai kelinci hias. Di Indnesia juga sudah banyak para penggemarnya yang membudidayakan sehingga mudah ditemui untuk kita beli.

Baca juga : Tips ternak kelinci rex yang sehat 

Untuk pengetahuan kita bila ingin membeli kelinci jenis ini kita harus mengetahui ciri-cirinya supaya tidak salah dalam membeli. Ciri dari kelinci rex ini adalah :

1. Kelinci rex berbulu tipis pendek teksturnya halus mirip dengan kain bludru

2. Untuk postur tubuhnya berukuran lumayan besar namun ada juga jenis kelinci rex yang berukuran kecil atau mini.

3. Bentuk telinga kelinci ini tegak dengan kontur tebal berselimut bulu yang halus dan sangat cantik.

4. Pada kelinci rex yang berukuran lumayan besar berat badannya bisa mencapai 3,4 sampai dengan 4,7 kg. Dan untuk kelinci rex jenis mini berat tubuhnya berkisar 1,5 sampai dengan 2 kg saja.

5. Kelinci rex yang sehat mampu bertahan hidup dengan mencapai usia 5-6 tahun.

6. Warna unik yang dimiliki kelinci rex ini sebagai daya tarik orang yang melihat nya, dengan dasar warna putih dengan paduan bercak yang berkombinasi warna lain menyelimuti tubuhnya secara unik seperti warna hitam,coklat,abu-abu, kuning dan lainnya. Paduan warna ini membuat coraknya seperti
pada telur puyuh.


Kelinci Rex Pure Dan Karpet kontes

Kelinci Rex Pure Dan Karpet A


Jenis-jenis Kelinci REX


A. Rex Karpet

 Kelinci rex karpet merupakan jenis kelinci yang memiliki harga jual termahal dibandingkan dengan kelinci rex jenis lain. Postur rex karpet yang berukuran lumayan besar sangat cocok untuk dijadikan sebagai indukan.Tektur bulu yang sangat lembut mirip dengan kain bludru yang sangat halus sangat menarik untuk dimiliki.

B. Kelinci Rex Mini

Biasanya kelinci rex mini ini dipelihara sebagai kelinci hias karena tubuhnya yang berukuran kecil dengan tetap memiliki bulu halus yang mengagumkan keindahanya serta nampak mewah, membuat para pecintanya mengikutkan dalam kontes kelinci jenis rex mini. Berat yang dimiliki biasanya mencapai 1,5 - 2 kg. Cocok untuk di pelihara di dalam rumah sebagai hiasan.

C. Kelinci Rex Standar 

Kelinci ini merupakan kelinci yang dikembangkan di Indonesia yang biasanya perkawinannya sudah melakukan beberapa silangan yang silsilahnya hampir bukan murni kelinci rex. Harga jualanya tidak seperti jenis kelinci rex lain dan lebih murah karena nilai ke unikannya sudah menurun. Untuk bulu kelinci rex standar memang tetap masih halus teksturnya dan tubuh kelinci standar dengan bobot mirip kelinci lokal. Kelinci rex standar mudah sekali ditemukan di pasar hewan lokal, dan dipelihara untuk dimanfaatkan dagingnya.

Baca Juga : Tips membuat kandang kelinci dari bambu

Kelinci Rex Pure Dan Karpet Anakan

Kelinci Rex Pure Dan Karpet B




Tips Mengetahui Jenis Kelinci Rex Pure ,Cross dan Lokalan


Pada pemula pastinya kesulitan membedakan kelinci rex ini,supaya anda tidak keliru dalam membelinya alangkah baiknya simak tips dalam memilih jenis rex pure,lokalan dan cross di bawah :

1. Rex Pure 

Sesuai dengan penamaannya kelinci rex pure(asli) merupakan kelinci dari turunan dan silsilah asli dari jenis kelinci rex yang belum pernah mengalami persilangan dengan kelinci jenis lain. Perbedaan prinsip dan pandangan kalau di Indonesia itu menganggap kleinci rex pure merupakan kelinci dengan jenis yang sangat bagus yang dihasilkan dari luar negri dan merupakan kelinci dari kontes.
Padahal untuk kelinci jenis rex pure ini tidak selamanya dijadikan kelinci kontes dan keturunan berkualitas. Rex pure merupakan istilah silsilah turunan yang masih orisinil. Memang banyak yang menganggap ini kelinci kontes, Untuk kelinci rex yang dijadikan kontes itu merupakan rex pure dengan sebutan brood atau snow. Untuk mengetahui kualitasnya harus melihat dulu kualitas dari indukannya.

2. Kelinci Rex Lokal

Sesuai dengan namanya rex lokal merupakan  kelinci turunan rex yang dikombinasikan dengan silangan kelinci jenis lain. Dan anggapan orang kelinci rex lokal tidak bagus untuk dijadikan kontes, padahal kalau kita lihat tergantung silangannya terhadap kelinci jenis apa dulu rex ini. Dan bisa juga kelinci rex lokal memiliki tampilanyang cantik dan imut menggemaskan, dan apabila diikutkan kontes bisa menjuarai dengan kategori penilaian tertentu. Namun sisi lain dari rex lokal yaitu apabila memperoleh persilangan yang tidak baik atau asal-asalan biasanya kelincin rex lokal hanya dimanfaafkan sebagai kelinci pedaging saja.

3. Kelinci Rex Cross

Kelinci rex cross ini merupakan kelinci rex yang disilangkan dengan jenis kelinci lain, rex lokalan maupun rex pure.
Merawat kelinci rex merupakan tidak serumit kelinci anggora atau lain , karena bulunya dari kelinci rex yang tipis mudah untk disisir serta tidak memerlukan perlakuan khusus, serta bulu-bulunya tidak mudah rontok.