Jenis Kelinci Pedaging Yang Cepat Besar

 Di Indonesia banyak sekali jenis kelinci yang bisa kita temukan, secara umum pemeliharaan kelinci dibedakan 2 macam yang berdasarkan tujuan pemeliharan, diantaranya yaitu kelinci hias dan kelinci pedaging. Kalau memelihara kelinci dengan tujuan hias biasanya tidak mementingkan ukuran dan bentuk tubuh, sesuai namanya sebagai hiasan harus memiliki penampilan yang menarik dengan bulu halus tebal dengan corak warna yang bagus. Untuk anda yang memelihara kelinci hias harus mengeluarkan uang yang lebih dalam untuk melakukan perawatan bulu-bulu dan pemberian pakan yang tidak sembarangan,namun ternak kelinci hias pun juga sangat menguntungkan apabila mengerti cara pemasaran yang baik bisa secara online atau masuk komunitas serta mengikutkan kontes. Tapi kali ini kita akan membahas tentang kelinci pedaging dengan prospek bisnis yang menguntungkan. Untuk menunjang peternakan yang bagus kita harus mengetahui jenis kelinci pedaging mana yang mampu tumbuh besar dengan cepat sehingga efisien untuk diternak menghemat waktu dan biaya modal pakan.
Baca Juga : Membuat kandang kelinci dari bambu

Jenis Kelinci Pedaging Yang Cepat Besar

Jenis Kelinci Pedaging Yang Berukuran Tubuh Besar


Jenis kelinci pedaging berikut dibawah ini merupakan beberapa jenis kelinci yang populer digunakan untuk ternak kelinci pedaging karena memiliki keunggulan masa pertumbuhan tubuh yang cepat serta mudah pemeliharaanya dengan tahan berbagai serangan penyakit. Kelebihan tersebut merupakan keuntungan bagi petani sehingga mampu memproduksi daging kelinci yang stabil dan dalam jumalah banyak.

1. Jenis Kelinci Flamish Giant

Gambar Jenis Kelinci Pedaging

Kelinci flamish giant merupakan kelinci pedaging yang berasal dari negara Belgia tepatnya di daerah Flander, Di negara aslinya kelinci jenis ini memang sudah dibudidayakan juga sebagai kelinci pedaging karena ukuran tubuhnya ini yang memang besar sangat potensial kalau dimanfaatkan dagingnya. Namun tidak jarang kelinci flamish giant juga diikutsertakan dalam kontes kelinci hias. Kelebihan kelinci ini yaitu berukuran besar serta sangat jinak sehingga banyak anak-anak sangat menyukai tipe kelinci ini.

Ciri Kelinci Flamish Giant  Yang Cepat Besar

a. Pada kelinci dewasa ukuran tubuh mencapai 50cm

b. Pada bagian kepala kelinci berukuran besar dan lebar, memiliki telinga dengan panjang sekitar 15cm dan dengan kontur tebal berdiri tegak.

c. Pada kaki berukuran besar dan panjang

d. Secara umum warna bulu kelinci Flamish giant yaitu cuma satu warna ngeblok satu tubuh. Warna yang sering ditemui yaitu coklat, kuning keemasan, abu-abu, abu-abu, dan warna putih.

e. Berat badan yang sering ditemukan saat kelinci dewasa mencapai 6,3 sampai 12 kg. Dengan berat mencapai 12kg ini merupakan sangat potensial kalua diternak dengan tujuan sumber pedaging.

2. Kelinci Jenis New Zealand 


Tidak seperti namanya New Zealand, ternyata kalau kita pelajari asal muasal jenis kelinci ini yaitu dari negara Amerika Serikat yang oleh peternak di negara Amerika yang melakukan persilangan antara jenis kelinci flamish giant dengan kelinci belgian hare sejak tahun 1900-an, dan berkembang banyak menyebutnya dengan sebutan new zealand. Secara bentuk ukuran tubuh memang jenis new zealand sangat cocok dijadikan ternak tipe pedaging, namun lambat laun kelinci new zealan juga sering ditemui dalam kontes dan juga banyak yang dipelihara sebagai kelinci hias.

Ternak Jenis Kelinci Pedaging dan Hias


Ciri Kelinci Pedaging New Zealand ini adalah :


a. Bentuk kepala yang sedikit bundar dengan ukuran besar

b. Ukuran badan yang sedang namun bentuk badan yang menggempal dan bulat gemuk

c. Memiliki kaki depan yang berukuran pendek

d. Warna bulu yang sering ditemui yaitu putih, hitam , abu-abu, Coklat kemerahan

e. Memiliki bulu yang tebal serta sangat halus bila disentuh

f. Pada kelinci dewasa bobot tubuh bisa mencapai 3,6 sampai dengan 5,4kg yang sangat potensial di ambil dagingnya.

3. Kelinci Pedaging Jenis Rex 


Kelinci rex asal muasal ditemukan di perancis pada tahun 1919, pada waktu itu kelinci rex merupakan kelinci liar dan diseleksi kualitasnya oleh peternak prancis untuk dikembangbiakkan. waktu dulu kelinci rex diikut sertakan dalam kontes kelinci hias internasional dan mencuri perhatian para pengunjung kontes, semakain kesini kelinci rex sangat banyak diminati karena kelinci ini berukuran besar dan memiliki corak kombinasi warna bulu yang cantik. Bulu dari kelinci rex ini sangat halus dan tidak terlalu panjang sehingga tidak ribet dalam melakukan perawatan. Di negara kita Indonesia kelinci rex ini mulai dikenal sejak tahun sekitar 2000-an, Oleh peternak Indonesia sering dilakukan lagi persilangan dengan berbagai jenis kelinci lokal maupun jenis lain, sehingga sulit sekali menemukan kelinci jenis rex yang benar-benar masih keturunan asli dari rex pure Prancis.
Baca juga : Kelinci rex pure dan karpet yang sangat bagus

Ciri Kelinci Rex Pedaging:

a. Pada bagian kepala kelinci rex memiliki ukuran besar dibandingkan dengan jenis kelinci yang lain

b. bagian telinganya bertekstur lebar dan berdiri tegak dengan bulu yang tipis halus

c. Ciri khusus yang dimiliki kelici rex yaitu memiliki kumis yang unik yaitu keriting sehingga memudahkan untuk dikenali dan membedakanan dengan jenis kelinci lain.

d. Berbulu tipis yang sangat halus dan rapat, serta tidak mudah rontok. Kalau kita amati bulunya mirip dengan kain bludru.

e. Warna bulu yang kombinasi dengan trorol (papilon) tricolor dengan dasar ptuih atau lainnya yang sangat cantik

f. Pada kelinci rex dewasa bobotnya mencapai 3,6 sampai dengan 5 kg.

Baca juga : Cara memberi pakan yang tepat agar kelinci tetap sehat

Dari ketiga jenis kelinci pedaging di atas merupakan jenis yang potensial kalau kitaternak dengan tujuan dimanfaatkan dagingnya. Untuk memeliara kelinci jenis pedaging sangat mudah yang terpenting harus memperhatikan cara pemberian pakan dan pengelolaan kandang yang sehat dan aman. Apabila ingin menghendaki hasil ternak yang maksimal perlu menambahkan beberapa vitamin tambahan untuk menjaga kesehatan kelinci dan mampu bereproduksi maksimal.